|

Dana Jaminan Pendidikan `Disunat`

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Anggaran jaminan pendidikan bagi siswa-siswa SD-SMA di Sleman jumlahnya sangat memprihatinkan dan jauh dari biaya standar operasional pendidikan (BSOP) seperti yang digariskan oleh pemerintah. Wakil ketua DPRD Sleman Rohman Agus Sukamta mengatakan seharusnya jika sesuai dengan standar BSOP, anggaran pendidikan bagi para siswa jumlahnya bisa mencapai Rp28miliar.

Namun dalam APBD 2010, yang teranggarkan hanya sebesar Rp16 miliar, itu pun baru setengahnya saja yang teranggarkan. “Jaminan pendidikan di Sleman masih jauh dari batas BSOP. Yang dianggarkan juga baru untuk setengah tahun saja. Untuk kekurangan itu, menurut rencana akan dimasukkan ke dalam anggaran perubahan,” ungkap Agus di Gedung Dewan, kemarin.

Menurut dia, minimnya anggaran jaminan pendidikan tersebut diakibatkan karena tidak maksimalnya asupan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang disuplai serta membengkaknya pos anggaran lain seperti pengadaan mobil dinas. Hal itu menyebabkan, anggaran terpaksa diambil dari Bosda. “Total kekurangan masih ada sekitar Rp12 miliar. Dikhawatirkan nantinya jika anggaran jaminan pendidikan jumlahnya hanya segitu maka kualitas pendidikan di Sleman akan menurun,” ungkap Agus.

Sesuai dengan BSOP, kata dia, seharusnya masing-masing siswa SD mendapat jaminan sebesar Rp740.000 per orang dari sebanyak 18.869 siswa SD swasta dan 66.062 siswa SD negeri. Namun anggaran di APBD 2010 jumlahnya hanya sebesar Rp500.000 per siswa.

Begitu juga dengan jaminan siswa-siswa SMP, seharusnya besarnya mencapai Rp1,140 juta per siswa dengan asumsi siswa SMP swasta jumlahnya sebanyak 9.117 orang dan siswa SMP negeri sebanyak 23.787 orang. Sementara yang dianggarkan dalam APBD hanya Rp800.000 per orang. Sedangkan besaran beasiswa untuk SMK/SMA seharusnya per tahun mencapai Rp2,165 juta dengan asumsi jumlah siswa mencapai 29.029 orang. Namun realisasi APBD hanya sanggup sebesar Rp1,160 juta per orang.

Oleh Esdras Idialfero Ginting
HARIAN JOGJA

Posted by Wawan Kurniawan on 16.43. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels