|

Menteri Negara LH Bertemu Sultan Bahas Eco Pesantren

YOGYA (KRjogja.com) - Menteri Negara Lingkungan Hidup Kabinet Indonesia Bersatu II, Prof Dr Ir Gusti Muhammad Hatta beserta jajarannya hari ini, Rabu (4/11) bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta. Pertemuan ini terkait pembahasan program yang kini sedang digalakkan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup (KNLH), yakni mewujudkan lingkungan yang hijau dan bersih.

"Kunjungan kami kesini adalah hanya untuk menggalakkan program eco pesantren, yang sekarang kembali digiatkan KNLH. Yakni pelibatan pesantren dalam rangka pelestarian lingkungan atau mewujudkan pesantren yang berwawasan lingkungan," terang Gusti Muhammad Hatta.

Dipilihnya pesantren, lanjut Gusti Muhammad, karena pesantren memiliki potensi yang tinggi dalam pembelajaran kapada masyarakat. Meskipun demikian, program green and clean ini tidak hanya dititikkan pada pesantren saja, melainkan pada tempat lain seperti sekolah dan kampus. "Pesantren hanya salah satu saja. Namun kebetulan seluruh pesantren yang ada di DIY ini akan kami ikutkan sebagai pembinaan eco pesantren. Jadi, untuk pesantren, selama ini sudah ada dua wilayah, yakni Kalimantan dan DIY ini," tambahnya.

Program green and clean ini terus digalakkan oleh KNLH sebagai komitmen bangsa Indonesia dalam mengurangi gas emisi karbon. Meskipun Indonesia termasuk sebagai negara dengan penyumbang gas emisi yang rendah dibanding dengan negara-negara industri seperti Amerika, namun dengan program lingkungan hijau diharapkan mampu mendorong negara-negara industri tersebut untuk peduli terhadap lingkungan. (Dhi)

Posted by Wawan Kurniawan on 08.08. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented