|

Bentuk "Koalisi Sembada" PAN Gaet Partai Kecil

SLEMAN - DPD PAN Sleman mulai ancang-ancang untuk mengajukan calon bupati dalam bursa pemilu kepala daerah 2010. Seperti diduga sebelumnya, partai berlambang matahari terbit itu memilih partai kecil untuk berkoalisi. Hal itu menguatkan dugaan, PAN ingin menjagokan kadernya sebagai calon bupati. Bukan wakil bupati.

Sebelumnya, PAN disebut-sebut telah melakukan pendekatan dengan PKS dan Partai Demokrat. Hal itu diakui Anggota Badan Pemenangan Pemilu DPD PAN Sleman Nurcahyo Probo.

Nurcahyo mengatakan Pan telah membuat platform khusus yang ditujukan kepada partai koalisi. "Kami ingin berdiri sejajar. Platform bisa saja dibuat bersama dan digodhog bareng," katanya. Soal siapa yang akan diajukan sebagai bupati atau wakil bupati, imbuh Nurcahyo, diserahkan pada mekanisme pembahasan koalisi partai. Menurutnya, partainya tetap membuka peluang bagi siapa saja yang berminat maju sebagai bupati atau wakil bupati periode 2010.

Dari kebutuhan 8 kursi di DPRD Sleman, sebagai syarat mengajukan calon, PAN hanya butuh 2 kursi lagi. Kekurangan itu ditutup oleh Gerindra, Hanura, dan PDP, yang masing-masing memperoleh satu kursi di DPRD Sleman. Keempat partai itu akan membentuk koalisi "Sembada". "Ada satu nama calon yang bakal kami usung. Tapi nanti dulu, tunggu saja," ujar Wakil Ketua DPD PAN Sleman Arif Kurniawan, kemarin (4/12).

Kendati begitu, kader PAN asal kecamatan Minggir itu mengakui ada dua nama lain yang bakal diusung. Mereka adalah Sadar Narimo dan Rohman Agus Sukamta. Deklarasi koalisi Sembada akan digelar Senin (7/12) di kampus MMTC, Jl Magelang pada pukul 14.00 sampai selesai. Ditanya soal calon kuat yang akan dicalonkan, Arif hanya menggambarkan parameternya. Yakni tokoh yang amanah, agamis, pruralis, visioner, mempunyai komitmen yang kuat untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat Sleman.

Nama ketua DPD PAN Sleman Asiah Rais pernah disebut-sebut akan diajukan sebagai salah satu calon. Seiring bergulirnya waktu, nama adik mantan Ketua MPR Amien Rais itu mulai surut dalam bursa pemilu kada. Pengurus PDP Shodiqul Qiyar mengatakan soal syarat pemilu kada, koalisi Sembada sudah bisa mengajukan calon. namun, pihaknya tidak akan menunjuk secara personal siapa calon yang akan diusung. "Semua akan dikembalikan dalam mekanisme koalisi ini," katanya.Anggota komisi D DPRD Sleman itu juga masih merahasiakan siapa tokoh yang bakal diusung oleh koalisi. Sementara Rohman Agus Sukamta masih enggan berkomentar soal rencana pencalonan atas dirinya. (yog)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.38. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented