MANAJEMEN BISNIS : Budaya Inovatif

INOVASI dalam bisnis terus terjadi seiring dengan meningkatnya persaingan dalam lingkungan bisnis modern. Perusahaan di antaranya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk merealisasikan kreativitas yang muncul dari sumber daya manusianya.

Produk komputer, handphone, sepeda motor, ataupun mobil dapat menjadi contoh adanya inovasi produk yang terjadi secara kontinyu. Budaya inovasi yaitu kesadaran, keyakinan kuat dan norma-norma yang ada pada seluruh komponen perusahaan untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai aspek kini harus ditumbuhkembangkan dalam perusahaan karena telah menjadi keharusan yang tidak dapat ditolak lagi.

Adapun manfaat budaya inovasi yang sudah dapat tumbuh dan berkembang secara baik dalam internal perusahaan akan membuat bisnis semakin kokoh karena perusahaan memiliki produk-produk inovatif yang dibutuhkan pelanggan sehingga terjadi kenaikan penjualan dan keuntungan serta bisnis dapat berkembang dengan lebih pesat.

Untuk menjaga tumbuh dan berkembangnya budaya inovasi dalam perusahaan maka manajemen bisnis dapat melakukan edukasi dan pemahaman kepada seluruh komponen perusahaan agar muncul komitmen kuat untuk menghasilkan kinerja terbaiknya, di antaranya adalah bahwa:
(1) Persaingan bisnis terus terjadi dan makin lama semakin ketat, hanya perusahaan-perusahaan yang inovatif yang akan dapat bertahan, dan tumbuh berkembang dalam lingkungan bisnis ini;
(2) Memenuhi kebutuhan konsumen dan mendorong arah pasar dapat dilakukan melalui inovasi.
(3) Membangun budaya inovatif dalam perusahaan juga akan membuat semakin hidup kreativitas sumber daya manusia yang ada dan menjadi tantangan yang menarik untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan karyawan serta kemajuan perusahaan;
(4) Inovasi akan dapat menjadi keunggulan perusahaan dalam jangka panjang berdasarkan keunggulan nilai, keunikan, tidak mudah ditiru, atau karena tidak ada produk pengganti.
(5) Kesadaran untuk selalu melakukan inovasi akan mendorong peningkatan peran departemen penelitian dan pengembangan serta menjalin kerja sama dengan institusi litbang lain.

Aspek yang memungkinkan dilakukan inovasi dalam bisnis di antaranya adalah:
(1) Produk. Inovasi produk akan dapat meningkatkan kualitas, fungsi, menambah menariknya desain produk,serta menekan biaya operasional produk yang sesuai dengan keinginan konsumen;
(2) Pemasaran. Inovasi dalam pemasaran produk akan mendorong berkembangnya marketing mix sehinga dapat memperluas pasar yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.
(3) Penjualan. Inovasi dalam teknik-teknik penjualan yang baru akan meningkatkan efektivitas penjualan, market share serta meningkatkan keuntungan;
(4) Mengelola konsumen. Inovasi pada pengelolaan konsumen misalnya melalui Customer Relationship Management (CRM) akan meningkatkan loyalitas konsumen yang tinggi pada perusahaan.
(5) Pelayanan. Inovasi dalam teknis pelayanan seperti pelayanan after sales akan membuat kepuasan konsumen tinggi dan akan mendorong pembelian ulang. q - m

Drs Nur Feriyanto, MSi adalah staf pengajar Pascasarjana Ekonomi UII Yogyakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor