|

Polres Gunungkidul Siagakan Dua Pertiga Pasukan Amankan Malam Tahun Baru

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Polres Gunungkidul, menerjunkan dua pertiga kekuatan atau sekitar 420 personel untuk pengamanan perayaan malam tahun baru. Kesiagaan ini menjadi salah satu prioritas pengamanan yang dilakukan jajaran Polres Gunungkidul untuk menciptakan suasana kondusif dan menjaga keamanan wilayah saat perayaan malam tahun baru.

"Polisi akan bersiaga di sejumlah kawasan rawan tindak kejahatan dan bersiaga mengatur kelancaran arus lalu lintas sejumlah ruas jalan di pusat kota Wonosari dan jalan utama menuju kawasan wisata pantai selatan," Kapolres Gunungkidul, AKBP Irwan Ramaini di Wonosari, Rabu (30/12).

Menurut dia, fokus pengamanan juga akan dikonsentrasikan di jalan utama menuju kawasan pantai selatan, tepatnya di depan pos tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Baron. "TPR Pantai Baron merupakan salah satu jalur yang selalu terjadi penumpukan pengunjung pada saat perayaan malam tahun baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu lintas Polres Gunungkidul AKP Suryati mengatakan akan melakukan pengamanan dengan sistem pengamanan buka tutup arus lalu lintas yang diberlakukan pada jam-jam padat pengunjung.

"Pada saat arus lalu lintas padat, petugas akan mengalihkan jalur lalu lintas dari pertigaan sebelum masuk pintu masuk TPR Pantai Baron dialihkan ke arah timur, menuju pintu gerbang wisata pantai selatan melalui sisi timur. Langkah tersebut untuk menghindari kemacetan dari dua jalur berlawanan, baik menuju pantai maupun dari arah pantai Baron," katanya.

Suryati mengatakan beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian bagi pengguna jalan, adalah medan jalan yang masih sempit, berkelok tajam, serta adanya tanjakan di sebagian besar ruas jalan di Gunungkidul, sehingga membutuhkan kehati-hatian para pengguna jalan.

"Operasi Lilin Progo 2009 mengedepankan operasi pengamanan kemanusiaan, meskipun demikian bukan berarti berbagai kemungkinan pemberantasan penyakit masyarakat (pekat) dan akan bertindak tegas kepada pelanggar hukum pada malam tahun baru," katanya. (Ant/Van)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.21. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented