|

Tugu Yogyakarta Akan Bersinar Malam Hari

YOGYA (KRjogja.com) - Tugu yang menjadi salah satu ikon terpopuler dari kota Yogyakarta akan semakin cantik dengan sinarnya di malam hari. Renovasi Tugu yang tengah berlangsung saat ini akan memberikan tambahan penyinaran serta pembubuhan lapisan emas pada puncak dan tulisan yang ada disana.

Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono mengungkapkan, renovasi bangunan Tugu diperkirakan akan selesai pada akhir bulan ini. Tujuannya adalah untuk lebih mempercantik bangunan tanpa mengubah bentuk aslinya.

"Pada bagian utama kami tidak akan melakukan perubahan atau penambahan. Dulu sebelum direnovasi, penyinaran Tugu hanya dari dasar bangunan saja. Nantinya setelah selesai, penyinaran Tugu akan diberikan juga dari sisi tengah atas. Selain itu, kami juga akan membubuhkan lapisan emas (Prada) pada puncak dan tulisan yang ada disana," terang Eko di kantornya, Rabu (16/12).

Ditambahkannya, renovasi yang dilakukan pada bangunan tersebut termasuk dengan memberikan penghias pada persimpangan jalan tempat Tugu berdiri. Nantinya, permukaan simpang jalan AM. Sangaji dan jalan Mangkubumi arah utara-selatan akan dihiasi dengan batu kali yang dipasang sepanjang 20 meter dan lebar 14 meter. "Ini hanya untuk mempercantik saja dan di lain hal juga untuk memperkuat filosofi utara-selatan pada Tugu," ujarnya.

Biaya renovasi Tugu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2009 sebesar Rp 300 juta. Selain merenovasi Tugu, Dinas Kimpraswil kota Yogyakarta juga menambah penyinaran tugu adipura di timur taman parkir Abu Bakar Ali serta merenovasi trotoar di Jalan Malioboro. Kedua renovasi tersebut menelan anggaran sekitar Rp 800 juta. (Ran)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.42. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented