Pelantikan Pengurus Kabupaten IPSI Kab. Sleman

JOGJA INFO - Pelantikan Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia Kabupaten Sleman periode 2008-2012 terselenggara pada tanggal 27 Februari 2009 bertempat di Aula Lantai III Kantor BPKKD Sleman oleh Pengururus Provisi IPSI DIY, yang diwakili Sekretaris Pengprov IPSI DIY Kanjeng Gondo. Dalam sambutannya beliau memberikan ucapan selamat atas terbentuknya pengurus baru dan mengingatkan kembali akan tugas pengurus yang lebih berat untuk membina prestasi atlit pencak silat khususnya wilayah sleman. Lebih membina lagi generasi muda lewat pembinaan pencak silat yang dewasa ini generasi muda sudah mulai melupakan akar budaya.

16.50 | Posted in , , , | Read More »

PENDAPATAN TIKET PMPS DI BAWAH TARGET; Senin, ’Miyos Gongso’ Sekaten

YOGYA(KR) - Penarikan tiket pengunjung Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) akan berakhir pada 2 Maret mendatang. Bersamaan dengan dimulainya upacara Sekaten yang ditandai dengan Miyos Gongso Kyai Guntur Madu dan Kyai Nogo Wilogo yang diusung dari Bangsal Ponconiti menuju Pagongan Masjid Gede, dengan kawalan Abdi Dalem Reh Keprajan. “Jadi mulai 2 Maret nanti, seiring dengan keluarnya gongso, pengunjung Sekaten tidak lagi dipungut tiket masuk,” ujar Ketua Umum PMPS Hadi Muhtar di Balaikota, Jumat (27/2).

16.12 | Posted in , , , , | Read More »

Kepala Dinas Pendidikan Janji Minggu Depan Cair: DIY Lamban Salurkan BOS

(KR) - Pemerintah pusat, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memberikan teguran keras kepada beberapa pemerintah daerah, di antaranya DIY dan DKI Jakarta, karena lamban dalam penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke unit satuan pendidikan. Surat teguran ke beberapa propinsi sudah terkirim awal Februari 2009.

”Sampai akhir Februari 2009 ini, baru 11 propinsi yang sudah mulai menyalurkan dana BOS ke sekolah-sekolah, yaitu Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Gorontalo, Jateng, Jatim, Bali, Kalbar, Kaltim dan Bangka Belitung. Sedang propinsi lain masih dalam proses,” kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ditjen Mendikdasmen Depdiknas, Didik Suhardi kepada wartawan di kantornya Jakarta Jumat (27/2).

16.07 | Posted in , , | Read More »

Gama Food Court setelah Sebulan Relokasi PKL UGM

Hotspot, Menu Variasi, Omzet Pedagang Meningkat
Relokasi pedagang kaki lima (PKL) Bulevar ke dalam satu tampat makan terpadu Gama Food Court Plaza Kampus, sudah berjalan hampir sebulan. Sejauh ini kekhawatiran PKL tentang turunnya omzet tidak terjadi. Sebaliknya, mereka mengakui adanya peningkatan omzet yang cukup tinggi.
Food court buka mulai pukul 08.00. Menurut pengakuan beberapa penjual, tak kurang dari seribu pengunjung mendatangi food court itu setiap harinya. Para pengunjung datang tidak hanya saat makan siang saja.

15.57 | Posted in , , , | Read More »

BBPOM Musnahkan Ribuan Produk Makanan dan Kosmetik

JOGJA - Ribuan botol berisi minuman, hand body, susu pembersih untuk kosmetik, serta ribuan kemasan kosmetik wajah kemarin dihancurkan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIJ. Produk-produk tersebut merupakan hasil razia yang dilakukan BBPOM sepanjang tahun 2008 dan 2009. Kosmetik-kosmetik itu kebanyakan mengandung bahan berbahaya karena merupakan produk palsu dari merek sebenarnya.

Tak hanya itu, BBPOM juga memusnahkan ribuan produk-produk makanan yang jenisnya beragam. Diantaranya jamu tradisional, obat kuat, biskuit, dan obat tanpa izin edar. Semua makanan tersebut sebelumnya ditarik oleh BBPOM karena tidak memenuhi syarat edar.

15.54 | Posted in , , , , | Read More »

Polri Adakan Pelatihan Penanggulangan HIV/AIDS

SLEMAN: Untuk menanggulangi penularan virus HIV/AIDS dikalangan anggota polri, Pusat Dokter Kesehatan (Pusdokes) Mabes Polri mengadakan pelatihan dan penyuluhan untuk 19 orang staf dijajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Pelatihan ini diperuntukkan bagi dokter Polri dan para perawat,” ujar AKBP. Budiyono, Kabid Pusdokes Polda DIY, di Hotel Grand Wahid Quality, siang tadi.

15.18 | Posted in , , , | Read More »

18 Fasilitas Pendidikan Diserahkan Ke Pemerintah

HARIAN JOGJA - JOGJA: Sebanyak 18 fasilitas pendidikan baik sekolah maupun pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang selesai direkonstruksi dan direhabilitasi dari kerusakan akibat gempa 2006 diserahkan ConocoPhillips dan USAID kepada pemerintah kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Fasilitas pendidikan tersebut berada di Kota Yogyakarta sebanyak dua sekolah, kemudian enam sekolah di Bantul dan 10 sekolah di Sleman," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY, Suwarsih Madya dalam acara serah terima fasilitas pendidikan tersebut di Yogyakarta, Jumat.

01.03 | Posted in , , , | Read More »

Lahar Dingin Merapi Sapu Kali Gendol

KR- Yk. Lahar dingin dari puncak Gunung Merapi yang bercampur aliran banjir lokal dari Kali Bebeng menyapu kawasan penambangan pasir di Kali Gendol, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Kamis (26/2) sekitar pukul 14.00. Akibatnya dua truk penambang terguling, satu truk terkubur material lahar dan empat truk lainnya terjebak. Menurut keterangan warga dan sejumlah penambang di lokasi, hujan deras di puncak hingga lereng selatan Merapi mulai turun sekitar pukul 13.00. Belum sampai satu jam, dari relawan pemantau di Pos 1 Kaliadem melaporkan adanya aliran lahar.
Ratusan penambang dan puluhan truk angkut pun bergegas antre keluar dari lokasi penambangan pasir Kali Gendol yang berada di Dusun Kaliadem dan Jambu, ke arah Kopeng. Sebanyak tujuh truk ditinggalkan begitu saja oleh sopirnya, karena sulit untuk dibawa keluar.

00.53 | Posted in , , , , | Read More »

KENAIKAN TARIF RSUD WIROSABAN; Belum Dikomunikasikan dengan Dewan

YOGYA (KR) - Kenaikan tarif pelayanan kesehatan di RSUD Wirosaban Yogyakarta belum dikomunikasikan dengan Dewan. Sampai sekarang eksekutif juga belum mengusulkan untuk mencabut Perda lama yang mengatur retribusi pelayanan kesehatan.
Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta Dwi Budi Utomo kepada KR Kamis (26/2) mengatakan berdasarkan perubahan status RSUD menjadi Badan Layanan Umum (BLU) bisa menentukan tarif sendiri. Perubahan menjadi BLU tersebut berlandaskan pada Keputusan Walikota.

00.50 | Posted in , , , | Read More »

Klomtan Wiji Lestari Panen Padi MSP

HARIAN JOGJA - KALASAN: Sejumlah kelompok tani (klomtan) di Sleman mulai melirik benih padi jenis mari sejahterakan petani atau biasa dikenal dengan nama MSP untuk ditanam di lahan sawah mereka. Selain dianggap mampu memberikan hasil yang lebih baik dibanding padi jenis lain, padi MSP juga mempunyai sejumlah keunggulan, terutama tahan terhadap berbagai cuaca serta pengairan yang minim.

Keunggulan padi jenis MSP dibuktikan dengan hasil panen raya yang dilakukan oleh petani di Dusun Dalem, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Selasa (24/2) kemarin. Panen raya padi jenis MSP dilakukan oleh klomtan Wiji Lestari bersama Omah Tani Sleman, lembaga swadaya yang selama ini konsen membantu para petani dalam pengembangan hasil pertanian.

19.46 | Posted in , , , | Read More »

Rendahnya Tingkat Pendidikan Picu Kemiskinan

SLEMAN: Tingginya kemiskinan di Indonesia disebabkan karena rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia karena Sumber Daya Manusia dibentuk melalui pendidikan.
Hal itu disampaikan oleh Slamet S Sarwono, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya (UAJY), di sela-sela seminar yang digelar oleh Pusat Studi Bahasa UAJY, siang tadi. Ia menjelaskan, jumlah wirausaha di suatu negara tidak menjadi tolok ukur dalam menilai tingkat kemiskinannya.

19.38 | Posted in , , | Read More »

Jangan Jadikan Jogja Kota Industri

RADAR JOGJA- Keistimewaan kota Jogja terletak pada peninggalan sejarah dan budayanya. Karena itu, pengembangan kota Jogja harus fokus pada pengembangan pariwisata. Menjadikan Jogja sebagai kota industri berat tidak hanya melunturkan imej budaya Jogja tetapi juga merusak lingkungan Jogja.

Presiden Direktur (Presdir) PT Sido Muncul Semarang Irwan Hidayat menilai Jogja tidak boleh dieksploitasi dengan industrialisasi besar-besaran. "Kalau maksa dijadikan kota industry, bisa hancur. Memang industrilasisai mempercepat pertumbuhan ekonomi, tapi banyak juga resiko yang harus ditanggung," ujarnya setelah mengisi seminar Menjawab Tantangan Global dari Jogja Melalui Nilai Budaya Imlek di Pusat Pelatihan Bahasa UAJY kemarin.

19.25 | Posted in , , , , | Read More »

Lima Desa Wisata Mati Suri

RADAR JOGJA - SLEMAN- Sebanyak lima kawasan desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman dinyatakan mati suri atau non aktif akibat tidak adanya kepengurusan.. Lima desa wisata tersebut meliputi Garongan, Gabugan dan Dukuh di Kecamatan Turi, Pajangan di Kecamatan Sleman serta Candiabang di Kecamatan Berbah.

Pengurus Sekretariat Desa WisataAgus Hartono mengungkapkan, kekosongan kepengurusan desa wisata terjadi akibat sepinya tamu yang berkunjung ke lokasi tersebut atau dinilai belum menguntungkan. "Itu mulai terasa sejak gempa hingga sekarang benar-benar mati suri," katanya, kemarin.

19.10 | Posted in , , , | Read More »

DALAM IBADAH HAJI ; Jangan Lagi Ada Kemusyrikan

YOGYA (KR) - Kepada para calon jamaah haji 1430 H/2009 M agar benar-benar mempersiapkan haji ini untuk menghadap Allah, karena haji merupakan ibadah yang sifatnya lebih banyak ke fisik. Demikian dikemukakan ahlul hadits yang juga dosen UMY Dr Agung Danarto MAg dalam manasik haji KBIH ‘Aisyiyah DIY di Aula PW Muhammadiyah Jalan Gedongkuning Yogyakarta.

“Ada dua doa yang tidak boleh ditinggalkan walau doa-doa lain pada saat menunaikan ibadah haji diutamakan. Kalau hafal dengan doa-doa lakukan sebanyak-banyaknya karena itu diutamakan, kalau dikerjakan akan menjadi lebih baik hajinya,” ujar Dr Agung Danarto di depan calon haji yang berdatangan dari 4 kabupaten dan kota di Propinsi DIY.

19.04 | Posted in , , | Read More »

AGAR TAK TIMBULKAN PERSOALAN ; Kelurahan Prioritaskan Penerima Raskin

YOGYA (KR) - Jatah raskin di Kota Yogyakarta tahun 2009 yang mengalami penurunan membuat kelurahan harus memberikan pemahaman pada warga agar tidak menimbulkan persoalan. Sebab diperkirakan banyak warga yang tidak mendapat raskin karena jatah raskin untuk Kota Yogyakarta turun hingga 7.451 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Pengelola harus memprioritaskan penerima raskin agar tepat sasaran.
Lurah Pringgokusuman Kecamatan Gedongtengen Saptohadi SIP kepada KR Rabu (25/2) mengemukakan hampir semua wilayah juga merasakan kekhawatiran tersebut. Sebab jika jatah se Kota Yogyakarta turun dipastikan distribusi ke wilayah juga berkurang.

18.59 | Posted in , , | Read More »

Modus Baru Serangan Balik Koruptor

ICW : Gugatan Perdata Terhadap Auditor BPKP
JOGJA- Gugatan perdata terhadap auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan DIJ M Hasan Riyadi yang telah mengaudit kasus pengadaan buku ajar Sleman merupakan bentuk serangan balik para pelaku korupsi.

"Ini modus baru dengan sasaran ingin membangkrutkan auditor yang berhasil mengungkap perkara korupsi," ujar Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan di sela diskusi Mendorong Pemilu Bebas Korupsi di kantor Forum LSM DIJ Jalan Harjono Pakualaman kemarin.

21.02 | Posted in , , , , , | Read More »

Kinerja Dewan Provinsi Lumpuh

Sebulan Habiskan Anggaran Ngelencer Rp 1 M
RADAR JOGJA- Selama tiga hari ke depan, kinerja DPRD Provinsi DIJ dipastikan lumpuh. Penyebabnya, gedung dewan yang berlokasi di Jalan Malioboro 54 mulai hari ini kosong. Gara-garanya, semua anggota komisi yakni, Komisi A, B, C, dan Komisi D kompak bedol desa ngelencer ke luar kota.
Dari informasi yang dikumpulkan Radar Jogja, Komisi A dan Komisi B sejak Selasa (24/2) kemarin, telah lebih dulu mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Lampung dan Provinsi Bali.
Kedua komisi tersebut akan berada di Lampung dan Bali selama lima hari hingga Sabtu (28/2) mendatang.

20.56 | Posted in , , , | Read More »

Sediakan Film Porno, Tiga Warnet Ditertibkan

HARIAN JOGJA: Tiga warung internet (warnet) ditertibkan tim gabungan Dinas Penertiban, Dinas Perizinan dan Kepolisian Wilayah Kota Besar Yogyakarta, Selasa, karena melanggar izin dan menyediakan film porno pada komputer yang digunakan untuk mengakses internet.

"Ada tiga warnet yang melanggar peraturan, satu warnet berada di Jalan HOS Cokroaminoto, dan dua lainnya di kawasan Timoho," kata Kepala Seksi Operasional Dinas Penertiban Kota Yogyakarta Bayu Laksono di Yogyakarta, Selasa.

18.50 | Posted in , , , | Read More »

Ratusan Warga Ikuti Posdaya

BANTUL: Sebanyak 350 orang dukuh, PKK desa dan para kader PAUD-BKB-Posyandu se Kecamatan Bantul mengikuti acara Posdaya di Balai Desa Trirenggo Bantul.

Pembina Posdaya Kabupaten Bantul, Ida Idham Samawi, mengatakan Posdaya bisa menjadi wadah silaturahmi, advokasi, komunikasi, peningkatan fungsi-fungsi keluarga dan pelayanan keluarga. Dengan kegiatan tersebut, harapannya keluarga bisa mewujudkan kemandirian dan mampu menghadapi tantangan ke depan.

18.08 | Posted in , , | Read More »

Sembako-Sayuran Sepi Pembeli

YOGYA (KR) - Beberapa pedagang di pasar tradisional Sentul dan Lempuyangan Yogyakarta mengeluhkan sepinya pembeli. Mencari barang sekarang mudah tetapi menjualnya sulit. Sudah sepi, pembeli kalau belanja juga mengurangi jumlah. Meski ada beberapa harga yang turun, namun tetap saja lebih mahal dibanding sebelumnya.

05.35 | Posted in , , , | Read More »

Rakor untuk Tingkatkan Kinerja Instansi

WONOSARI (KR) - Bupati Gunungkidul H Suharto SH menyatakan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diagendakan secara rutin menggelar rakor (rapat koordinasi) dan pemaparan program dan evaluasi dalam upaya peningkatan produktivitas dan kinerja di masing-masing instansi. Program ini mendesak dilakukan agar dalam pelaksanaan pemerintahan dapat lebih terkonsep dan terarah hingga diperoleh hasil yang optimal.

05.00 | Posted in , , | Read More »

Kompetisi Matematika Jelang UASBN

RADAR JOGJA - BANTUL - Segala sesuatu akan lebih baik jika dipersiapkan lebih awal dan matang. Setidaknya itu lah prinsip yang telah dilakoni ribuan siswa SD dan SMP yang telah mengikuti kompetisi Matematika yang di gelar pemerintah desa Sidomulyo Bambanglipuro Minggu kemarin.

Even yang digelar sejak 2004 itu bertujuan untuk menanamkan rasa kepercayaan diri siswa terhadap mata pelajaran Matematika. Kepada Desa Sidomulyo Bambanglipuro Edi Murjito mengatakan kompetisi Matematikan ini diikuti 600 siswa dari 104 SD dan 500 siswa dari 190 SMP. Para siswa ini tidak hanya datang dari Bantul saja, tapi banyak juga peserta dari Kulonprogo.

17.20 | Posted in , , , , | Read More »

Penarikan Guru PNS Bertahap

RADAR JOGJA- Rencana penarikan guru-guru PNS dari sekolah-sekolah swasta tidak akan dilakukan seketika. Penarikan akan dilakukan setelah melalui berbagai pertimbangan yang matang berdasarkan kondisi sekolah masing- masing. Penarikan ini didasari surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN). Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Drs Syamsuri menanggapi rencana penarikan guru-guru PNS dari sekolah- sekolah swasta di Jogja."Sampai saat ini saya kira itu belum dilaksanakan Jogja," terangnya kemarin.

17.16 | Posted in , , , | Read More »

Penataan Ngasem Jangan Sia-Sia

HARIAn JOGJA - GONDOMANAN : Terkait revitalisasi Pasar Ngasem menjadi kawasan wisata, Pemerintah Kota Jogja harus berpikir secara komprehensif. Dikarenakan revitalisasi itu disangsikan akan mengurangi kesemrawutan di Ngasem. Ketua Komunitas Peduli Ruang Publik Kota (Krupuk), Anggi Minarni saat ditemui Harian Jogja, Jumat(20/2) mengungkapkan revitalisasi Pasar Ngasem akan berdampak sia-sia jika rencana tersebut hanyalah akan memindahkan kepadatan. Diperlukan sebuah kajian yang mendalam dari berbagai aspek.

15.34 | Posted in , , | Read More »

Pendidikan Harus Perhatikan Maritim

HARIAN JOGJA - DANUREJAN: Raja Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X yang juga gubernur DIY, mengajak akademisi di DIY dan terutama di Jawa, untuk bisa mengembangkan orientasi kurikulum pendidikan ke arah pengembangan maritim. Hal itu dilatarbelakangi pendidikan di Jawa masih menjadi acuan sejumlah daerah di luar jawa dalam menentukan arah Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Padahal, sebagian besar kampus negeri maupun swasta masih berorientasi pada agriculture.

15.28 | Posted in , , , | Read More »

DARI JARING ASPIRASI ANGGOTA DPD RI ALI WARSITO; Masih Ada Wilayah Abu-abu Pendidikan Gratis

YOGYA (KR) - Masalah pendidikan gratis bagi TK-SMP yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat dengan menaikkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), ternyata tidak sepenuhnya mendapatkan respon positif dari para orangtua siswa. Karena banyak pula orangtua siswa yang justru komplain, mengapa ‘tidak boleh’ untuk membiayai sekolah anaknya. Padahal setiap orangtua umumnya ingin agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang sebaik-baiknya. Demikian mencuat dalam jaring aspirasi antara anggota DPD RI Ali Warsito dengan Pemkot Yogyakarta, di Balaikota, Kamis (19/2).

17.06 | Posted in , , | Read More »

DR ROCHMAT WAHAB SOAL PENUTUPAN PROGRAM STUDI; Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan

YOGYA (KR) - Kebijakan Kopertis wilayah V untuk tidak memperpanjang izin penyelenggaraan program studi (Prodi) Bimbingan Konseling di STKIP Catur Sakti merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan di Yogyakarta. Jika hal itu tidak dilakukan selain bisa merugikan masyarakat, dikhawatirkan mempengaruhi predikat Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan. “Saya kira kalau dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kopertis suatu Prodi dinilai tidak layak untuk beroperasi sudah sepantasnya ditutup. Memang bagi mahasiswa yang sudah telanjur kuliah dan mendapatkan ijazah merasa dirugikan. Tapi untuk menjaga kualitas pendidikan di Yogya hal itu harus dilakukan,” kata Pemerhati Pendidikan sekaligus Penjabat Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr Rochmat Wahab MA saat ditemuiKR di ruang kerjanya, Jumat (20/2).

17.03 | Posted in , , | Read More »

Pameran Seni di Bentara Budaya

HARIAN JOGJA: Komunitas senirupawan Yogyakarta "Tujuh Lobang" menyelenggarakan pameran lukisan bertajuk "Angka-Angka" sejak hari Jumat (13/2) lalu hingga besok (21/2), bertempat di Bentara Budaya Yogyakarta, Jl Suroto No 2.
Ke-20 lukisan dalam pameran ini merupakan karya perupa Ardian Kresna, Songgolangit Suryowasesa, Sudargono, Sugiyono, Sri Pramono, Victor Sarjono, dan Yogi Setyawan.

00.29 | Posted in , , , , | Read More »

Mandarin Festival di Pusat Bahasa UAJY

RADAR JOGJA - SLEMAN: Pusat Bahasa Universitas Atma Jaya Yogyakarta bekerjasama dengan perhimpunan warga Tionghoa Fu Qing, PASTY, INTI, dan PGBTY menyelenggarakan mandarin festival bertajuk "Implementasi nilai-nilai Imlek" mulai hari ini (20/2) sampai Rabu (25/2) mendatang di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jl. Mrican Baru 28 Yogyakarta.

Acara ini antara lain adakan diisi pertunjukan barongsai, berbagai lomba seperti lomba menulis kaligrafi, karaoke dalam bahasa mandarin, dan lomba membaca teks atau surat cinta dalam bahasa mandarin.

00.26 | Posted in , , , , , | Read More »

SEKOLAH HARAPKAN BOSDA SEGERA CAIR; Tak Ada Dana, Kegiatan Terhenti

YOGYA (KR) - Bantuan Operasional Daerah (Bosda) untuk SMPN diharapkan cair pada minggu-minggu ini. Sebab dampak larangan penarikan iuran siswa membuat sejumlah SMPN di Kota Yogyakarta menghentikan beberapa kegiatan dan pembangunan. Diharapkan setelah dana Bosda cair kegiatan yang terhambat bisa diaktifkan kembali. Demikian antara lain hasil kunjungan Komisi I DPRD Kota Yogyakarta ke SMPN di Kota. Sekretaris Komisi I DPRD Kota Justina Paula Suyatmi BA kepada KR Jumat (20/2) mengungkapkan secara umum pihak sekolah dan komite telah memahami kebijakan BOS. Bahkan sejumlah sekolah telah menyusun rancangan APBS perubahan dengan mengakomodir dana BOS.
“Karena sekolah sudah tidak menarik biaya apapun dari siswa kegiatan les Bahasa Inggris dan komputer di salah satu sekolah terpaksa dihentikan karena kurang dana,” katanya.

20.40 | Posted in , , | Read More »

PESERTA DAN PENONTON POLISI IDOLA; Berkesempatan Dapatkan SIM Gratis

YOGYA (KR) - Sejumlah kegiatan program Polisi Idola (Polda) yang diselenggarakan Ditlantas Polda DIY mendapat respons dari masyarakat. Program Polisi Idola berupa safety riding, music on stage, mobile MC interaktif, lomba kreativitas tertib lalu lintas (lomba parodi, karya tulis, poster/karikatur, dan komik) serta bazaar aneka stan. Puncak acara diselenggarakan Sabtu (21/2) ini di halaman parkir Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda DIY AKBP Heri Sutrisman SH didampingi Kompol Hj Sulasmi SH kepada KR, Kamis (19/2) menjelaskan acara Polisi Idola bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

20.23 | Posted in , , , | Read More »

Dana PAN Paling Besar

RADAR JOGJA - KULONPROGO - Tujuh belas parpol menyerahkan laporan dan bukti rekening dana awal kampanye ke KPU Kulonprogo. Dari ketujuhbelas parpol tersebut, PAN mencantumkan dana kampanye paling besar.
Sedangkan parpol yang tidak mencantumkan saldo dana kampanye adalah Partai Pelopor. Partai yang memberi laporan dan rekening dana kampanye terdiri Partai Gerindra, PPD, PKDI, PKS, PDK, Partai Golkar, PDIP, PDS, PKPI, PPRN, PKB, Partai Hanura, Partai Demokrat dan PDP.

19.05 | Posted in , , , , | Read More »

Distribusi Raskin Dirapel Dua Bulan

Komisi D Minta Tidak Terlambat Lagi
RADAR JOGJA - Distribusi beras miskin (raskin) ditarget akan diselesaikan akhir Februari ini. Saat ini Pemprov DIJ tinggal menunggu terbitnya peraturan gubernur (pergub). Namun demikian, bila sampai batas waktu yang ditentukan pergub belum diteken, dasar distribusi raskin akan merujuk surat edaran (SE) Sekprov DIJ. 'SE Sekprov sudah kami edarkan ke kabupaten dan kota se-DIJ,' jelas Assekprov Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov DIJ Tavip Agus Rayanto kemarin. Dalam SE yang diteken Sekprov Tri Harjun Ismaji itu juga dilengkapi data rumah tangga sasaran penerima raskin.

18.57 | Posted in , , | Read More »

SOAL LARANGAN LAKUKAN PUNGUTAN; Banyak Sekolah Mengeluh

WATES (KR) - Berbagai keluhan maupun paparan kegiatan langsung disampaikan oleh kepala dinas di Kabupaten Kulonprogo begitu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DIY H Ali Warsito, Rabu (18/2) melakukan kunker ke Kulonprogo yang diterima Wabup Drs H Mulyono. Kadinas Pendidikan Moh Mastur BA mengungkapkan bahwa banyak sekolah yang mengeluh tentang peraturan menteri yang melarang sekolah untuk melakukan pungutan terhadap siswa sekolah akibat adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pusat.

18.17 | Posted in , , , | Read More »

MOU FE-UST DENGAN MGMP EKONOMI DIY ; Tingkatkan Profesionalisme Guru

YOGYA (KR) - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi-Akuntansi DIY di Convention Room Dewantara UST Yogyakarta, Jalan Kusumanegara 157, Kamis (19/2). Penandatanganan dilakukan Dra Suharti MM (Dekan FE-UST Yogya) dengan Dra Hj Retno Sugiarti (Ketua MGMP Ekonomi-Akuntansi DIY) disaksikan Rektor UST Yogya Prof Dr Djohar MS dan Dra I Nyoman Udayana MSi (Wakil Dekan FE-UST Yogya).

18.14 | Posted in , , , , | Read More »

Atma Jaya Adakan Workshop Iklan

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Sony Ericsson Mobile Communication bekerjasama dengan Bohlam Advertising Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan workshop iklan yang bertajuk "Got Get You", besok (20/2) pukul 10.00-12.30 WIB, bertempat di Ruang 3/3 Pascasarjana lantai 3 Gedung Bonaventura Kampus 3 UAJY Babarsari. Workshop ini menghadirkan pembicara Panji Nugroho, Sony Ericsson Mobile Product Support Central Java, dan Andri Hartoto, Area Manager Sony Ericsson Central Java.

17.07 | Posted in , , , , , | Read More »

Pilgub DIY Tetap Ditolak

HARIAN JOGJA - DANUEREJAN: Kalangan DPRD DIY menolak usulan pemilihan langsung yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto. Bahkan bila tetap dipaksakan, warga tidak ragu untuk mengajukan judicial review. Ketua DPRD DIY, Djuwarto mengatakan, sikap dewan tetap berpegang pada hasil pleno yang tidak memasukkan usulan pemilihan secara langsung. Sehingga bila dalam pembahasan RUUK wacana pemilihan langsung mengemuka, dipastikan bukan berasal dari rekomendasi Dewan.

17.05 | Posted in , , , | Read More »

Malioboro Sudah (Mulai) Turun Kelas

RADAR JOGJA - Kawasan Malioboro yang menjadi ikon Kota Jogja saat ini dinilai sudah turun kelas. Kawasan legendaries itu akan semakin tidak menarik lagi jika sejak sekarang tidak mulai menata kembali. Label Malioboro yang mulai tidak bersih, tidak nyaman dan tidak aman harus mulai dihilangkan sejak saat ini oleh semua stakeholder dan shareholder yang ada.

Ipung Purwandani, Ketua RW II Sosrowijayan Timur mengungkapkan, kondisi ini bisa terjadi lantaran tidak adanya ketegasan dari aparat, dalam hal ini Pemkot Jogja. Pelanggar kebersihan, baik dari PKL, pemilik toko, maupun masyarakat lain sejauh ini tidak mendapatkan sanksi apapun.

16.51 | Posted in , , | Read More »

143 Unggas Positif Flu Burung

KULONPROGO - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kulonprogo menemukan 143 ekor unggas yang positif terinfeksi avian influenza (AI) pada Januari hingga Februari ini. Ratusan unggas itu ditemukan di lima desa di dua kecamatan yakni Wates dan Sentolo.

Pada Januari lalu, staf DKPP menemukan 56 ekor ayam yang mati mendadak. Sedangkan hingga awal Februari lalu ditemukan 87 ekor ayam yang mati. Ratusan ayam tersebut mati lantaran terserang virus flu burung.

16.46 | Posted in , , | Read More »

Pasokan Terlambat, Harga Sembako Naik

HARIAN JOGJA - WONOSARI: Harga berbagai sayuran di wilayah Gunungkidul mengalami kenaikan harga. Para pedagang memperkirakan kenaikan harga ini disebabkan karena terlambatnya pengiriman barang akibat hujan berkepanjangan. Harga sembako khususnya harga beras mengalami kenaikan.

Harga beras Bulog naik menjadi Rp4.600 dari harga sebelumnya sebesar Rp4.300 per kilo, sedangkan harga beras raja, naik menjadi Rp5.800 dari harga sebelumnya yang hanya Rp5.300.

21.08 | Posted in , , | Read More »

Atribut Kampanye Raksasa Dicopot

HARIAN JOGJA - DEPOK: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sleman, Rabu (18/2) kemarin akhirnya mencopot atribut kampanye raksasa yang dipasang di papan reklame di pembatas Jalan Lingkar (ringroad) utara dan di Jalan Solo. Sementara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman mencium adanya kejanggalan dalam pemasangan atribut kampanye di tengah pembatas jalan.

21.05 | Posted in , , , , , | Read More »

Salat Tahajud Rutin Tingkatkan Kadar Limfosit

AKTIVITAS peribadatan bukan hanya berpengaruh pada kesehatan jiwa. Dari penelitian yang ada, aktivitas peribadatan ternyata juga mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Seperti penelitian yang dilakukan Sholeh M pada tahun 2002, salat tahajut ternyata mampu menigkatkan kadar limfosit dan imunoglobin.
”Dari penelitian yang dilakukan seseorang yang menjalankan salat tahajut secara rutin, setelah empat minggu kadar limfosit dan imunoglobin akan meningkat tajam,” ujar Prof Dr dr Mohammad Fanani SpKJ (K).

06.34 | Posted in , | Read More »

Selokan Mataram Kewenangan Pemprov

SLEMAN- Menyikapi pertanyaan pembaca Radar Jogja pada kamis (11/2) tentang pedagang kaki lima (PKL) di Selokan Mataram, Kepala Bagian Humas Pemkab Sleman Endah Sri Widiastuti membantah molornya penataan PKL akibat ketidaktegasan pemkab. Endah juga menyangkal tudingan bahwa pemkab telah menerima jatah bulanan dari para PKL Selokan Mataram.

06.32 | Posted in , , | Read More »

Harga Gula Pasir dan Telur Stabil

HARIAN JOGJA: Harga beberapa barang dagangan kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta, pada pertengahan Februari cenderung stabil. Misalnya, di Pasar Sentul, untuk harga komoditas gula pasir dan telur ayam ras stabil, yaitu masing-masing Rp7.000 per kilogram (kg) dan Rp11.500 per kg.

"Harga gula pasir dan telur ayam cukup stabil, tidak berubah dari pekan sebelumnya," kata Purwanto, penjual sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Sentul, Yogyakarta, Rabu.

23.43 | Posted in , , | Read More »

Program Pemerintah Membuat Sengsara...

Tak selamanya program pemerintah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Justeru sebaliknya, ada sebagian warga menjadi susah akibat adanya program pemerintah. Salah satunya, perajin kompor yang ada di Bangtuntapan Bantul yang kini terancam gulung tikar akibat adanya program konversi dari minyak tanah ke gas.

Akibat program itu, saat ini keahlian mereka membikin kompor minyak tanah (minah) menjadi berkurang karena tidak adanya order yang masuk. Hanya di tengah situasi yang tidak menguntungkan itu, perajin merasa optimis, keahlian mereka masih dibutuhkan.

23.40 | Posted in , , | Read More »

Marketing Politik Belum Sepenuhnya Dipahami Caleg

RADAR JOGJA- Ketatnya persaingan merebut suara membuat para caleg mengupayakan kampanye sekreatif mungkin. Persaingan ketat, mau tak mau, membuat para caleg harus pintar mengatur strategi "menjual diri". Tidak bisa disangkal, kehidupan politik saat ini butuh penanganan marketing serius. Namun sejauh ini, terminologi marketing politik masih dianggap sebelah mata oleh sebagian pihak.

Dosen Program Pascasarjana FE UI Firmanzah menuangkan pandangannya tentang marketing politik ke dalam buku berjudul sama, Marketing Politik. Diskusi mengenai buku terbitan Yayasan Obor Indonesia (YOI) berlangsung di Ruang Seminar Fisipol UGM kemarin. Tak hanya menghadirkan sang penulis, bedah buku dan diskusi ini menghadirkan Ketua DPRD Kota Jogja Arif Noor Hartanto dan pengajar Fisipol UGM Kuskrido Ambardi.

00.26 | Posted in , , , | Read More »

Calon Pemilih Masih Bingung

RADAR JOGJA - GUNUNGKIDUL - Tanda contreng untuk memilih anggota dewan, DPD maupun presiden pada Pemilu 2009 masih membingungkan calon pemilih. "Saya perkirakan teknis pemberian suara dengan mencontreng masih akan membingungkan masyarakat," kata anggota KPU Kabupaten Gunungkidul Sukamto kemarin. Kesulitan tersebut disebabkan banyaknya kolom. Ada delapan kolom dalam kertas suara berukuran 56 x 84 cm yang berisi nama partai dan calon anggota legislatif. Karena itu, KPU akan melakukan sosialisasi model surat suara dan mekanisme pemberian suara. Ia berharap sosialisasi yang diikuti camat, lurah, ketua RT dan unsur lembaga perwakilan masyarakat kelurahan (LPMK) membuat masyarakat memahami mekanisme pemberian suara.

00.24 | Posted in , , , | Read More »

Pertamina Launching Mitan di 12 SPBU DIY

HARIAN JOGJA: Pertamina me-launching minyak tanah non subsidi kemasan jerigen 5 liter dijual di 12 SPBU di DIY. Ke-12 SPBU itu diantaranya adalah Jl Wonosari Km 5, Jl Sugeng Jeroni 65, Jl Kusumanegara 125 C, Jl Ring Road Selatan, Jl Pleret Km 2.2, Jl. AM Sangaji 78 C, Jl. Raya Godean Km7.8, Jl. Godean Km 13, Jl. Magelang Km 4.5, Jl Godean Km 4, Jl Urip soemoharjo No 9 Bantul, dan Jl Raya wonosari Km 15 Piyungan.

00.13 | Posted in , , , , | Read More »

Kagama Adakan Penghijauan di Ngaglik

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Kabupaten Sleman mengadakan penanaman pohon di Dusun Kandangsari, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, siang tadi. Dalam kesempatan itu, Ketua Kagama DIY, Bambang Praswanto menyerahkan 2000 bibit pohon mahoni dan jati kepada Ketua Kagama Sleman, Djoko Handoyo. “Ribuan bibit ini merupakan tanda kenang-kenangan dari Kagama yang pada 18 Desember 2009 berusia 50 tahun. Kegiatan ini merupakan awal dari kami yang terus berupaya melakukan pengabdian masyarakat,” kata Bambang seusai menyerahkan ribuan bibit pohon.

00.03 | Posted in , , , | Read More »

KURANGI DAMPAK BURUK TAYANGAN TV; Sediakan Kegiatan Alternatif yang Menyenangkan

YOGYA (KR) - Untuk mengurangi dampak buruk tayangan televisi (TV) pada anak harus ada kegiatan alternatif menyenangkan sebagai penggantinya. Selain itu, dibutuhkan pendampingan dari orang tua untuk memilih tayangan yang cocok dan sehat untuk anak-anak.
Demikian salah satu hal yang mengemuka dalam talkshow Media Literasi Anak yang digelar Ciprat Production didukung SKH Kedaulatan Rakyat, Minggu (15/2) di Benteng Vredeburg. Rangkaian acara Dunia Anak Jogja ini menghadirkan pembicara Teguh Ariffianto SSi (KPID DIY), Wijayanti (We R Mommies) dan Adi (Psikolog).

04.39 | Posted in , , , | Read More »

Blog Archive

Labels