|

90.243 Siswa Terdaftar Sebagai Peserta UN DIY

YOGYA (KRjogja.com) - Sebanyak 90.243 siswa dari sekolah tingkat SMP/MTs serta SMA/MA/SMK telah terdaftar sebagai peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) di wilayah DIY. Data tersebut sudah masuk dalam Data Nominasi Tetap (DTN) peserta UN DIY.

Koordinator UN DIY, Baskara Aji menerangkan, jumlah peserta UN tersebut jika diperinci adalah 19.433 siswa SMA/MA, 20.495 siswa SMK dan 48.174 lainnya merupakan siswa SMP/MTs. Data tersebut diakui mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan tahun lalu yang jumlah totalnya bisa mencapai 90.416 siswa.

"Ujian nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang sudah memasuki DNT dimana jika dibandingkan dengan jumlah tahun lalu memang mengalami penurunan. Yakni dengan perbandingan siswa SMA/MA pada tahun lalu sebanyak 21.272 siswa, SMK 20.495 siswa dan SMP/MTs sebanyak 486.649 siswa," terangnya ketika dihubungi di Yogyakarta, Rabu (20/1).

Diungkapkannya, terkait pelaksanaan UN tahun ini memang diakui jika pihaknya sempat mengalami kerepotan dalam hal pengadaan soal. Dimana jangka waktu pelelangan yang diberikan sangat minimal, yakni hanya 30 hari saja. Proses pencetakan sendiri hanya diberi jatah selama 2 minggu saja.

"Kami harus mengejar deadline agar seluruh proses dapat terlampaui dengan maksimal. Tak seperti tahun lalu yang pelelangannya sampai 52 hari atau hampir 2 bulan, kini harus selesai dalam 2 minggu. Memang waktu pencetakan dan penggandaan soal tersebut terbilang sangat mepet," katanya.

Sementara itu ditambahkan, proses pelelangan sendiri akan dimulai minggu depan dengan pencetakan soal UN SMP/SMA. Proses penggandaannya sendiri pada minggu pertama adalah soal SMA/SMK, dan minggu kedua baru SMP. Sedangkan dana yang digunakan hingga saat ni belum turun, termasuk jumlah halaman yang harus dicetak. ”Dana sampai saat ini belum ada kepastiannya, hanya saja kami perkirakan jumlahnya tak jauh dari tahun lalu, yaitu Rp800 juta,” imbuhnya. (Ran)

Posted by Wawan Kurniawan on 06.14. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented