|

Dewan Soroti Pelayanan KTP

GUNUNGKIDUL - Komisi A DPRD Gunungkidul meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menambah personel tenaga palayanan kartu tanda penduduk (KTP) yang ditempatkan di kantor kecamatan. Sebab, sejauh ini tenaga pelayan KTP minim, sehingga menjadi salah satu penyebab lamanya pelayanan pembuatan KTP.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul Sarmidi mengungkapkan, dirinya sudah melihat proses pembuatan KTP di Kabupaten Sleman. Di Sleman, pembuatan KTP memakan waktu sebentar karena tenaga pelayannya banyak. "Sleman sehari bisa mengeluarkan 200 KTP," ujarnya.

Sementara jika melihat kondisi Kabupaten Gunungkidul, sangat wajar jika pelayanan KTP di Gunungkidul lambat dan banyak dikeluhkan masyarakat. Yang menjadi kendala utama adalah tenaga yang minim. Di tiap kecamatan hanya ada satu atau dua orang petugas. Selain itu, kekuatan kecepatan akses internet (bandwitch) juga jauh dari layak.

Pasca dikeluarkannya Surat Edaran mengenai optimalisasi kinerja PNS dan penggunaan jaringan internet, ia berharap dapat meringankan beban kerja petugas dan mempercepat akses internet. Dalam surat edaran bernomor: 047/ 00099, tertanggal 13 Januari 2010 itu, PNS tidak boleh mengakses jaringan facebook sejak pukul 07.30 hingga 14.30 WIB.

Salah satu alasan dikeluarkannya Surat Edaran itu, selain optimalisasi kinerja PNS, adalah agar pelayanan pembuatan KTP tidak terhambat. Sistem komputerisasi yang digunakan dalam pembuatan KTP di Pemkab Gunungkidul, membutuhkan waktu lama karena jaringan internet penuh (akibat banyaknya PNS yang mengakses situs facebook). (hsa)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.53. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented