|

Hari ini, Puncak Arus Balik KA

HARIAN JOGJA: Puncak arus balik penumpang yang memanfaatkan jasa kereta api (KA) pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2010 dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan Jogja, diperkirakan terjadi pada hari ini, Minggu (3/1).

“Jumlah penumpang yang akan diberangkatkan dari Jogja pada arus balik libur Natal dan Tahun Baru pada Minggu (3/1) adalah sekitar 8.500 orang atau mengalami kenaikan 106 persen dibanding tahun sebelumnya,” kata Kepala Stasiun Tugu Asdo Artrivianto Sabtu (2/1). Asdo menambahkan, hari ini menjadi puncak arus balik karena libur sekolah dan perusahaan atau kantor sudah akan selesai dan kegiatan akan kembali dilakukan pada Senin (4/1).

Langkah antisipasi yang telah disiapkan oleh PT Kereta Api Daerah Operasional (Daops) VI Jogja adalah dengan memberangkatkan kereta tambahan yaitu Argo Lawu ekstra dengan tujuan Gambir Jakarta pada pukul 22.00 WIB dari Solo Balapan atau pukul 22.53 WIB dari Stasiun Tugu. “Selain itu, akan diberangkatkan pula kereta Fajar Utama ekstra dengan tujuan Pasar Senen Jakarta pada pukul 21.57 WIB. Meskipun namanya Fajar Utama, tetapi keberangkatannya adalah malam hari, karena ini adalah kereta ekstra,” ujarnya.

Sabtu (2/1) PT KA Daops VI juga akan memberangkatkan satu rangkaian kereta ekstra yaitu Argo Lawu ekstra dengan tujuan Jakarta yang akan terdiri dari delapan gerbong eksekutif. Berdasarkan keberangkatan normal, kereta kelas bisnis dan eksekutif dari Solo dan Jogja memiliki kapasitas maksimal untuk mengangkut 5.000 penumpang setiap harinya, sedangkan dua kereta api ekonomi memiliki kemampuan untuk mengangkut 6.000 penumpang setiap harinya.

Prameks juga penuh Lonjakan penumpang tidak hanya terjadi pada kereta api kelas ekonomi, bisnis dan juga eksekutif, tetapi juga pada kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani tujuan Kutoarjo-Jogja-Solo. “Pada Jumat (1/1), jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa kereta api Prameks adalah sekitar 12 .000 orang dan 4.000-an penumpang diberangkatkan dari Jogja,” katanya.

Asdo menyebutkan, kenaikan jumlah penumpang Prameks yang berangkat dari Jogja pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2010 mencapai 80%. PT KA pun menambah jadwal perjalanan Prameks yaitu dua kali perjalanan pulang pergi per hari untuk tujuan Solo-Kutoarjo, dan Solo-Jogja juga dua kali perjalanan pulang pergi per hari. Tiket perjalanan antara Solo-Kutoarjo adalah Rp16.000 dan Rp8.000 untuk Solo-Jogja.

“Harga tiket untuk Prameks memang mengalami kenaikan sejak 17 Agustus lalu,” kata Kepala Seksi Pemasaran dan Angkutan Barang Sugiyanto seperti dikutip Antara. Berdasarkan data dari Posko di Stasiun Tugu, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari stasiun-stasiun di Daops VI mengalami lonjakan cukup tinggi pada 27 Desember 2009 dengan total 15.888 orang atau mengalami kenaikan sebesar 151% dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah rata-rata penumpang yang diberangkatkan dalam satu pekan terakhir dari seluruh stasiun kereta api di Daops VI adalah 10.000-12.000 penumpang per hari.

Posted by Wawan Kurniawan on 02.20. Filed under , , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented