2010, Pemkab Ingin Swasembada Daging

SLEMAN (KRjogja.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menargetkan bisa mewujudkan swasembada daging pada 2014 agar bisa memenuhi kebutuhan protein hewani kalangan masyarakat.

"Kabupaten Sleman berupaya mewujudkan swasembada daging pada 2014. Untuk itu kita harus mulai mempersiapkan diri mulai sekarang," kata Plt Bupati Sleman Sri Purnomo saat meresmikan Kelompok Tani Ternak Ngudi Raharjo, di Sleman, Jumat (5/2).

Menurut Sri Purnomo dengan adanya dukungan kalangan masyarakat dan berkembangnya kelompok ternak, maka swasembada daging di kabupaten ini diharapkan bisa terwujud pada 2014.

"Hal yang perlu diperhatikan kelompok ternak paling utama adalah menjaga kebersihan kandang agar kesehatan ternak/sapi terjamin. Kita jangan cepat puas untuk belajar berternak yang baik dan benar, sehingga bisa mengembangkan ternak secara optimal," katanya.

Camat Kalasan Priyo Handoyo mengatakan, adanya pemberian dana stimulan dari Kabupaten Sleman, ternyata Kecamatan Kalasan mampu menyedot swadaya masyarakat sebesar Rp15 miliar.

"Kandang Kelompok Tani Ternak "Ngudi Raharjo" sampai sekarang masih berada di area sawah milik warga setempat yang dimanfaatkan tanpa membayar sewa sepeser pun," katanya.

Ia mengatakan, berkat kesediaan salah satu warga, maka kandang kelompok tersebut dapat terwujud. "Menariknya, modal kelompok ternak untuk membuat kandang hanya sebesar Rp5 juta dan mampu menampung 43 ekor sapi dengan jumlah anggota 20 orang," katanya. (Ant/Tom)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor