|

Butik Online, Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan

YOGYA (KRjogja.com) - Berbelanja produk fashion tampaknya menjadi hal yang tak bisa terpisahkan dari masyarakat kita. Peluang itulah yang dicoba dibidik oleh 4 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mengembangkan usaha penjualan produk fashion secara online.

Keempat mahasiswi Fakultas Ekonomi UMY tersebut diantaranya Niken Sukmawati Bara Perdana, Annisa Yuli Rahmawati, Dwi Yusti Adiwidya dan Setyo Wulandari. Menurut mereka, adanya butik online bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan karena memberikan sarana yang mudah bagi konsumen untuk membeli produk fashion.

"Dengan ketatnya persaingan, membuat sesuatu yang berbeda menjadi keharusan jika ingin usaha berkembang. Memanfaatkan teknologi internet untuk mempermudah transaksi akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman, khususnya bagi mereka yang ingin praktis," ujar Niken, salah satu penggagas butik online yang ditemui di kampus UMY, Selasa (2/2).

Menurutnya, awal mula ketertarikan mereka untuk membuka usaha butik online yang diberi nama 'In Beauty Shop' didasari pada mata kuliah kewirausahaan yang mereka peroleh dalam perkuliahan. Selain itu, Yogyakarta sebagai kota pelajar yang mayoritas adalah remaja, merupakan pangsa pasar yang menjanjikan bagi bisnis fashion.

“Jiwa seorang remaja tentunya tidak lepas dari keinginan untuk selalu berpenampilan menarik. Oleh karenanya, di tengah persaingan butik fashion yang semakin ketat, kami berupaya mencari alternatif lain dalam memasarkan produk dari butik melalui dunia maya atau online," tuturnya.

Bisnis ini telah memilki dua akun di facebook, yaitu 'In Beauty Shop 1' dan 'In Beauty Shop 2'. Alamat email yang digunakan, yakni inbeautyshop@rocketmail.com (untuk akun 'In Beauty Shop 1') dan inbeauty.shop@yahoo.co.id (untuk akun 'In Beauty Shop 2').

"Selain itu, akun 'In Beauty Shop' juga terdaftar dalam jejaring sosial lainnya seperti friendster dan multiply. Dimana dalam satu bulan saja, butik online kami mampu menjual sekitar 100 buah tas dan beberapa puluh jenis sepatu, pakaian dan aksesoris lainnya," jelas Niken.

Dalam situs online tersebut, mereka memasarkan produk fashion khas anak remaja seperti tas, sepatu, baju, hingga akesoris seperti kalung, gelang, dan pernak-pernik lainnya. Kelebihan dari butik online adalah memiliki pangsa pasar cukup luas yang mencakup nasional bahkan internasional mengingat kemudahan akses dalam bertransaksi.

“Termasuk praktisnya berbelanja secara online karena barang pesanan langsung diantar sampai ke alamat pembeli. Pembeli dapat memesan produk sesuai dengan yang diinginkan. Sementara dari kami sendiri, jelas usaha ini dijalankan tanpa melakukan promosi yang berlebihan karena pembeli datang sendiri ke akun online shop,” imbuhnya. (Ran)

Posted by Wawan Kurniawan on 15.42. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented