|

Nikah Siri Jadi Bisnis Yang Menggiurkan

HARIAN JOGJA: Nikah siri jadi bisnis yang menggiurkan karena jumlah permintaan akan layanan ini tinggi. Penghulu KUA Jetis, Ghufron Su'udi menjelaskan lewat UU yang telah berlaku sebelumnya, KUA tidak diperkenankan memberikan pelayanan nikah siri. Pada kenyataannya, permintaan pasangan yang dinikahkan secara siri relatif tinggi.

Secara rata-rata pasangan yang nikah di KUA Jetis dalam 1 bulan berjumlah 10 pasangan. Dari 10 pasangan, setidaknya ada 2-3 pasangan yang meminta dinikahkan secara siri. Setelah ditolak, umumnya pasangan yang masih berstatus mahasiswa tersebut mencari pihak lain yang dapat menikahkan.

Menurut Ghufron, oknum yang melayani pernikahan sirri beragam, dari orang biasa hingga ustad.

Ghufron juga menjelaskan berdasarkan pengakuan seorang oknum, sekali melayani pasangan baru setidaknya harus mengeluarkan uang sekitar Rp500.000. Adapun biaya resmi yang dikeluarkan oleh KUA sebesar Rp30.000.(Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.22. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels