|

Obama diagendakan kunjungi UGM & Borobudur

HARIAN JOGJA: Saat berkunjung ke Indonesia Maret 2010 nanti, Presiden AS Barack Obama direncanakan akan mengunjungi beberapa tempat dan lokasi yang bersejarah dalam hidupnya. Di antaranya, kampus UGM dan SDN Menteng 01 Jakarta. Obama juga akan mengunjungi Borobudur.

Sebagai langkah persiapan, Jumat (5/2), tim pengamanan dan protokoler Gedung Putih meninjau kesiapan dan survei kelayakan di wilayah Jogja dan Magelang. Rencananya Obama beserta keluarganya akan mengunjungi Jogja setelah mengunjungi Jakarta. Kawasan kompleks perumahan dosen UGM merupakan tempat yang tidak asing bagi Obama semasa kecil, selain di SDN Menteng 01 Jakarta Pusat.

Rombongan protokoler dan pengamanan Gedung Putih, serta staf Kedubes AS tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta sekitar pukul 11.30 WIB menggunakan pesawat Boeing 737-400. Tim pre advance melakukan survei kelayakan termasuk kesiapan mengenai pelayanan kesehatan di sekitar lokasi selama lebih kurang 15 menit.

Dari Adisutjipto rombongan dikawal oleh aparat kepolisian menuju Candi Borobudur, di Magelang. Rombongan dari AS menggunakan satu buah bus dan 8 buah mobil. Dari Borobudur, rombongan kemudian mengunjungi kampus UGM di Bulaksumur.

Kunjungi 2 lokasi
Tim pendahulu dan keamanan AS mendatangi dua lokasi di UGM, gedung kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri dan perpustakaan pusat. “Saya tidak bisa memberi keterangan,” kata Atase Kebudayaan dan Pendidikan Kedutaan Besar AS, Anne Grimes saat ditanya tujuan kedatangan dan komposisi tim yang datang ke UGM, Jumat (5/2).

Rombongan tim yang berjumlah sekitar 30 orang itu datang menggunakan dua bus sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung menuju gedung kebudayaan. Mereka juga meninjau American Corner di perpustakaan pusat.

Terlihat sekretaris eksekutif UGM, Djoko Murdiato dan koordinator American corner di UGM Nur Cahyati W menyambut tamu.

Djoko Murdianto mengaku tidak bisa memastikan perpustakaan UGM akan dikunjungi Obama. “Semua belum pasti,” katanya. Namun, pegawai perpustakaan mengatakan tim CIA (intelejen Amerika) pernah datang ke perpustakaan tersebut.

Oleh Miftahul Ulum
HARIAN JOGJA

Posted by Wawan Kurniawan on 21.43. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels