|

VCO Obati Luka Bakar

YOGYA (KRjogja.com) - Peneliti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Fitria Puspita mengatakan virgin coconut oil (VCO) dapat digunakan untuk mengobati luka bakar karena mengandung asam lemak, yakni asam laurat dan asam kaprik, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Fitria Puspita.

"Asam laurat dan asam kaprik yang terkandung dalam VCO atau minyak kelapa murni yang terbuat dari daging kelapa segar yang proses pembuatannya dilakukan pada suhu relatif rendah mampu mengatasi infeksi virus, bakteri, protozoa, dan mempercepat metabolisme sel di kulit," katanya di Yogyakarta, Minggu (14/2).

Menurut dia, VCO menjadi obat alternatif bagi luka bakar selain bioplacenton, silver sulfadiazine, bacitracin, dan mafedine acetate yang dikembangkan dengan tujuan mencapai kesembuhan yang optimal akibat luka bakar. "Luka bakar bisa disebabkan oleh kontak dengan beberapa hal di antaranya api, air panas, listrik, bahan kimia, dan radiasi matahari," katanya.

Ia mengatakan penggunaan VCO untuk luka bakar dilakukan dengan cara pengolesan di daerah luka. VCO efektif dan aman digunakan sebagai "moisturizer" pada kulit, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

"Penggunaannya tidak perlu dicampur apa-apa, VCO langsung dioleskan ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. VCO banyak dijual di pasaran, sehingga masyarakat tidak sulit untuk mendapatkannya," katanya.

Menurut dia, dalam dunia kesehatan, VCO memang telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan berkhasiat mencegah berbagai penyakit. (Ant/Tom)

Posted by Wawan Kurniawan on 01.15. Filed under , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels