Candi Diharapkan Juga Dikelola Secara Agama

KLATEN-–Menteri Agama, Suryadharma Ali, meminta pengelolaan situs bersejarah seperti candi tidak hanya dikelola dari sisi budaya saja, tapi juga agama. Hal itu untuk menjawab permintaan sejumlah pimpinan agama.

Karena itu, candi diharapkannya, dikelola bersama antara Kementerian Budaya dan Pariwisata dan Kementerian Agama. ''Pengelolaan candi hendaknya juga bersama-sama dengan Kementerian Agama,'' katanya dalam sambutan acara wisuda bumi dan perayaan tahun baru saka 1932 di Candi Prambanan, Klaten, Senin, (15/3).

Surya mendapatkan keluhan dari sejumlah pemuka agama dari Hindu dan Budha. Mereka mengeluhkan candi hanya dilihat dari sisi pariwisata saja oleh pemerintah. Padahal, bagi kedua agama, candi juga memiliki nilai spiritualitas tinggi. Keluhan itu diterima Menag jelang perawaan waisak dan nyepi. ''Hanya dilihat dari sisi pariwisata, tapi kurang diperhatikan dari sisi religiusnya. Memang ada keluhan seperti itu,'' ungkapnya.

Untuk memfasilitasi aspek spiritualitas, Surya meminta, candi perlu juga dikelola oleh Kementerian Agama. Sehingga upaya memfasilitasi peningkatan nilai spiritualitas melalui candi bisa mudah dilaksanakan. ''Jadi, yang terpenting nilai spiritualitas harus kita tingkatkan,'' tegasnya.

Redaksi - Reporter
Red: budi
Reporter: m bachrul Ilmi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor