|

Ujian Kenaikan Tingkat Merpati Putih Cabang Sleman

Jogja Info | Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih Cabang Sleman menyelenggarakan Ujian Kenaikan Tingkat bagi anggota Tingkat Dasar I, Dasar II dan Balik I bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sejak hari sabtu, 13 Maret 2010 dan berakhir siang tadi Minggu, 14 Maret 2010.

Peserta Ujian kurang lebih 100 peserta berasal dari kelompok-kelompok latihan (Kolat) yang tergabung pada cabang Sleman yaitu Kolat Universitas Gadjah Mada sebagai tuan rumah acara, Kolat Universitas Atmajaya, Kolat UPN "Veteran" Yogyakarta, Kolat Universitas Islam Indonesia (Terpadu) & Kolat Universitas Islam Indonesia (Ekonomi), MAN 3 Yogyakarta, MAN Tempel, dan termuda Kolat Umum Sari Andhini.

Menurut Ketua Panitia, Septian Dwi Wijayanto peserta kali ini lebih di tempa fisik dan mentalnya dalam ujian yang meliputi Ujian Tulis tentang Kemerpatiputihan dan IPSI, Tata Gerak dari gerak dasar, sikap, praktis, terikat, tangkap kunci, gerak bebas, Tata Perkelahian Bebas/Fight hingga tengah malam, kemudian dilanjutkan dengan ujian stamina lari kurang lebih 10 km dilanjutkan dengan ujian tenaga dengan mematahkan beton cor sesuai dengan tingkatnya masing-masing.

Menurut keterangan Ketua Tim Penguji, Mas Totos Andi Taruna,peserta ujian kali ini mendapatkan tantangan yang lebih berat dengan waktu ujian yang sampai tengah malam dan dengan material yang membutuhkan stamina tenaga lebih dan teknik yang lebih matang, tanpa adanya hal tersebut material yang ada akan lebih susah dipatahkan.

Dari pengumuman pengurus cabang sleman diwakili oleh ketua cabang sleman Mas Danang K, dengan adanya tantangan/challenge yang ada, mengumumkan bahwa peserta ujian terbaik/skor penilaian paling tinggi masing-masing tingkatan akan mendapatkan penghargaan berupa bebas iuran bulanan selama satu periode latihan Dasar I & Dasar II (6 bulan), Tingkat Balik I yang naik ke Balik II selama 9 bulan, sehingga diharapkan peserta lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan Ujian kenaikan Tingkat kali ini. Acara Ujian Kenaikan Tingkat kali ini dihadiri oleh senior-senior Merpati Putih.

Setelah melewati Ujian Kenaikan Tingkat kali ini, hasilnya akan dirapatkan pada yudisium penguji dan korps pelatih pengda DIY setelah dinyatakan lulus bisa mengikuti acara selanjutnya yaitu pembajaan fisik dan mental di parangkusumo yang diagendakan minggu berikutnya. (mpsleman.org)

Posted by Wawan Kurniawan on 21.11. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels