|

Hari Kartini, Ratusan Perempuan Yogyakarta 'Ngonthel'

YOGYA (KRjogja.com) - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, panitia peringatan Hari Kartini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta 2010 mengadakan acara Women on Bicycle. Dalam acara ini, ratusan perempuan dari berbagai instansi di Yogyakarta bersepeda, berangkat dari Dalem Joyokusuman dan berakhir di Benteng Vredeburg.

Rute perjalanan para pesepeda ini melewati Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo masuk ke Plengkung Wijilan menuju Plengkung Gading dan beristirahat sebentar di Pojok Beteng Kulon. Setelah itu, massa menuju utara menuju Alun-Alun Utara, titik nol, Jalan Bhayangkara, Jalan Gandekan, Jalan Pasar Kembang menuju Malioboro dan berakhir di Benteng Vredeburg.

Nampak hadir mengikuti acara ini, istri Walikota Yogyakarta, Dyah Suminar, isteri Wakil Walikota Yogyakarta, Tri Kirana M, Kepala Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, MK Poncosiwi dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yulia Rustianingsih. Puluhan Polwan, guru, dokter dan anggota PKK Kota Yogyakarta tak ketinggalan ikut memeriahkan acara ini. Tidak hanya itu, para lurah dan camat se Kota Yogya pun turut bersepeda bersama para perempuan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yulia Rustianingsih di lokasi start, dipilihnya Dalem Joyokusuman sebagai lokasi start, karena tempat ini merupakan tempat diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pertama kalinya. Dijelaskannya pula, bersepeda dipilih untuk meningkatkan peran perempuan supaya lebih peduli lingkungan.

"Selama ini, program Sego Segawe masih identik dengan bapak-bapak. Padahal, menurut survei kami, banyak perempuan, termasuk guru yang menggunakan sepeda sehari-harinya. Para peserta juga memakai seragam sehari-hari, agar terlihat keseharian mereka dalam berkarya," terangnya. (Den)

Posted by Wawan Kurniawan on 19.34. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels