|

Prameks Eksekutif Beroperasi Mulai Juni

YOGYAKARTA (SI) – PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta siap meluncurkan rangkaian kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) kelas eksekutif. Tarif kereta yang rencananya diluncurkan mulai Juni mendatang tersebut berkisar antara Rp20.000-40.000 per orang.

”PT Railling, anak perusahaan PT KA (persero),memang mewacanakan mengeluarkan KA Prameks Eksekutif,”kata Kepala Humas PT KA Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto kemarin.Peluncuran KA Prameks Eksekutif itu, lanjut dia, bukan dilakukan secara tiba-tiba.Namun telah melalui pengkajian yang mendalam. Bahkan PT KA Daop 6 Yogyakarta telah mengoperasikan embrio prameks yang membidik penumpang kelas menengah ke atas ini sejak awal 2009.



Kereta ini tidak dioperasikan setiap hari,tapi pada waktu ada kereta yang tidak digunakan. Jam operasi adalah pagi dan siang hari dengan tarif tiket sebesar Rp20.000 per orang. ”Sebenarnya (KA Prameks Eksekutif) mau diresmikan pada April ini.Namun karena belum ada armadanya dan harus merombak total maka diundur menjadi Juni nanti,”katanya. Kereta Api Prameks kelas eksekutif nantinya akan memberikan layanan prima kepada para penumpang.

Di antaranya, tepat waktu, waktu tempuh Yogyakarta-Solo hanya 40 menit dengan gerbong ber- AC dengan jumlah kursi 50-54 buah. ”Mengenai tarifnya, dari hasil survei, 60% penumpang tidak merasa keberatan,”katanya.Menurut Eko,PT KA (Persero) Daop 6 Yogyakarta saat ini memiliki empat set kereta Prameks dan satu set kereta cadangan. Kondisinya masih cukup bagus tapi umurnya sudah tua.

Untuk itu,pemerintah diharapkan dapat membantu menambah dua set armada baru untuk kereta jenis komuter. Salah satu konsumen tetap Prameks asal Maguwoharjo Sleman, Triyono mengakui,keberadaan Prameks memang sangat penting bagi masyarakat.Namun yang terpenting saat ini, menurutnya, bukan penambahan rangkaian kereta api kelas eksekutif. Melainkan peningkatan pelayanan.

Sebab, belum lama ini PT KA Persero juga telah menaikan tarif Prameks dari Rp8.000 menjadi Rp9.000. ”PT Kereta Api harus komitmen dengan janjinya, kenaikan tarif akan diikuti dengan peningkatan pelayanan.Namun nyatanya, kereta Prameks saat ini masih sering telat”keluhnya. (abdul malik mubarak)

Posted by Wawan Kurniawan on 17.12. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels