|

Sultan HB X Segera Pulang

HARIAN JOGJA: Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan di Singapura, kondisi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X semakin membaik dan diperkirakan akan pulang ke Jogja akhir pekan ini.

Kepastian itu diungkapkan adik tertua Sri Sultan HB, Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Hadiwinoto ketika ditemui wartawan seusai menerima pengurus Perkumpulan Urusan Kematian Jogjakarta (PUKJ) di Gedhong Pracimosono, Kraton, Rabu (21/4).

Ia mengatakan, kondisi Sultan sudah semakin membaik. Diperkirakan kakak kandungnya itu akan pulang dalam satu atau dua hari ke depan. “Sudah baik tetapi beliau berangkat ke Singapura bukan karena sakitnya melainkan check up. Untuk masalah check up, beliau memang sudah sekitar 15 tahun ini rutin melakukan pemeriksaan di Singapura, tepatnya di Mount Elisabeth Hospital. Karena sudah semakin baik, satu dua hari ke depan beliau akan pulang,” tutur dia.

Ditanyakan perihal sakit yang diderita oleh orang nomor satu di DIY tersebut, Hadi menegaskan bahwa pencernaan Sultan tidak bermasalah. Namun, dia melanjutkan, kadar gula darah Sultan HB X mendekati angka 500 mg/dl.

Tingginya kadar gula darah tersebut yang diperkirakan menjadi penyebab lemahnya fi sik Sultan. Penyakit diabetes militus itu, kata Hadi, merupakan sakit turunan dari orangtua HB X, yakni Sri Sultan HB IX dan RAy Adipati. Aktivitas serta usia diperkirakan ikut mempengaruhi kondisi Sultan HB X.

“Saya pikir kondisi Ngarso Dalem wajar. Semakin tua kondisi tubuh juga semakin melemah dan rentan terserang berbagai penyakit. Saya dan Joyokusumo juga menderita sakit yang sama. Makanya saya berusaha mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan,” imbuh dia Dengan bercanda, Ketua PUKJ yang baru, KMT Tirtodiprojo menjelaskan, kondisi Sultan yang membaik dapat dilihat dari kesiapan HB X untuk melakukan olahraga golf setelah sampai Jogja.

“Katanya, malah sudah siap main golf,” kata dia sambil tertawa. Lebih lanjut, Hadiwinoto menjelaskan kepergian HB X itu didampingi oleh GKR Hemas serta kedua putrinya, Pembayun dan GKR Condrokirono.

Setelah sampai di Jogja pada akhir pekan ini, diperkirakan Sultan segera dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. “Karena akhir pekan ini sudah di Jogja, saya kira karena sakitnya gula, kalau kadar gula sudah turun ya dapat langsung beraktivitas seperti biasa,” tandasnya.

Sultan sejak Senin (19/4) lalu menjalani pemeriksaan kesehatan di Mount Elizabeth Hospital Singapura, setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sejak Jumat (16/4) malam.(edi)

Posted by Wawan Kurniawan on 03.06. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels