|

Video Bocah Merokok, Kak Seto Minta Ditangani Pemda

YOGYA (KRjogja.com) - Merebaknya video bocah berinisial SW yang merokok dan berbicara kotor di Youtube membuat miris hati Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi dan Kak Seto mendesak pemerintah daerah setempat untuk menangani kasus itu.

"Komnas Perlindugan Anak telah melayangkan seruan kepada pemerintah daerah setempat dan aparat terkait untuk tidak hanya membiarkan kasus yang terjadi pada anak (SW -red) tersebut. Anak itu juga harus dilindungi," katanya di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Kamis (1/4).

Menurut Kak Seto, dalam kasus yang terjadi pada bocah berusia t6iga tahun tersebut terdapat tiga pelanggaran berat yang tidak seharusnya dilakukan terhadap anak-anak. Ketiganya sangat merugikan dan membahayakan anak tersebut khususnya di masa mendatang.

"Ada pelanggaran psikis di sana yaitu ketika anak tersebut diajari untu berbicara kotor yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak seusianya. Kemudian fisik dengan membiarkannya merokok, serta tindakan eksploitasi dengan merekamnya dan memunculkannya di media," tegasnya.

Tak hanya kepada pemerintah, Kak Seto juga meminta kepada masyarakat setempat untuk turut berperan terhadap perkembangan anak tersebut agar bisa berkembang secara wajar seperti anak kecil lainnya.

"Ini juga harus melibatkan RT/RW setempat, karena anak tersebut ternyata tinggal bersama kakenya saja," paparnya seraya tetap meminta pemerintah dan lingkungan untuk memperhatikan dan mempedulikan perkembangan anak tersebut.

Untuk itu, Kak Seto berharap agar pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia harus berkomitmen terhadap perlindungan dan perkembangan anak-anak. "Setiap kota harunya bisa menjadi kota yang layak anak," harapnya. (Fir)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.23. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented