|

Hari Ini,9.237 Siswa UN Ulangan

YOGYAKARTA(SI) - Sebanyak 9.237 siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dijadwalkan mengikuti ujian nasional (UN) ulangan SMA/MA/SMK,hari ini. Pemerintah setempat menyatakan persiapan pelaksanaan ujian ulangan telah dilakukan secara maksimal. Koordinator UN DIY Baskara Aji mengatakan,UN ulangan dilaksanakan di sekolah-sekolah di 29 kelompok kerja (Pokja).

Soal-soal ujian telah dikirimkan ke masingmasing pokja pada Sabtu (8/5) lalu. Adapun kekurangan soal di beberapa pokja juga sudah selesai dikirimkan, kemarin. Persiapan lainnya juga dinyatakan sudah dilaksanakan dengan baik.Seperti petugas pengawas, keamanan, dan panitia UN ulangan di masing- masing pokja. “Semuanya sudah siap,” katanya saat dihubungi wartawan,kemarin. Dia menjelaskan, peserta UN ulangan SMA/MA/SMK DIY sebanyak 9.237 siswa.Terdiri dari 4.629 siswa SMA/MA dan 4.614 siswa SMK.

Menurut Baskara, peserta UN ulangan telah dipersiapkan secara maksimal dari mulai pendalaman materi soal hingga pemberian motivasi untuk mental mereka. “Kemarin,Sultan bahkan ikut memberikan motivasi bagi peserta UN ulangan. Mudah-mudahan mereka bisa konsentrasi dan percaya diri dalam mengerjakan soal ujian,”kata Baskara. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori mengatakan, pihaknya juga telah mendistribusikan soal ulangan ke delapan pokja, kemarin. Tiga pokja untuk tingkat SMA/- MA dan lima pokja tingkat SMK. Jumlah peserta UN ulangan SMA/MA/SMK Kota Yogyakarta mencapai 2.501 siswa.

”Kami meminta orang tua untuk memberikan dukungan dan pendampingan bagi anaknya. Kita optimistis, mudah-mudahan hasilnya akan lebih baik,”katanya. Di Kota Semarang, Jateng, sedikitnya ada 1.367 siswa yang belum lulus pada UN utama beberapa waktu lalu bergantung pada UN ulangan kali ini.Jumlah siswa yang mengikuti UN ulangan tersebut, meliputi program IPA sebanyak 304 siswa, IPS 439 siswa, program Bahasa 55 siswa, dan program Keagamaan 11 siswa, serta SMK 558 siswa.Untuk pelaksanaannya, UN Ulangan di Kota Semarang akan ditempatkan di tiga sekolah, yakni SMAN 2, SMAN 5 dan SMK 2 Semarang. Sekretaris Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang Sutarto mengatakan,pelaksanaan UN ulangan tetap tidak jauh berbeda dengan UN utama. Hanya saja, tempat pelaksanaannya yang berbeda.

Yakni para siswa yang belum lulus pada UN utama akan digabungkan menjadi satu sesuai dengan rayon dan ditempatkan pada sekolah yang ditunjuk untuk menjadi tempat pelaksanaan ujian.“Kalau dulu (UN utama) kan di sekolah masingmasing. Untuk UN ulangan,semuanya terpusat di tiga sekolah yang ditunjuk itu,”paparnya,kemarin. Sutarto mengatakan, untuk soal ujian yang akan diujikan, telah datang sejak kemarin.Berbeda dengan UN utama,naskah soal kali ini disimpan di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan penjagaan ketat. Soal baru bisa didistribusikan pada hari pelaksanaan ujian dilakukan.“Besok (hari ini), pukul 06.00 WIB naskah soal baru dikirim ke sekolah tempat pelaksanaan ujian. Dan kita pastikan semua soal tidak telat sampai di tiga sekolah itu,”katanya.

Kepala SMA N 2 Semarang Suprihadi mengatakan, setelah ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan UN ulangan, pihaknya sudah menyediakan 12 ruang kelas yang akan dipakai untuk tempat ujian. Di SMN 2 Semarang sendiri, sedikitnya ada 377 peserta yang akan mengikuti UN ulangan di sekolah tersebut. Begitu juga di SMAN 5 Semarang sebanyak 377 peserta dam peserta SMK sebanyak 558 peserta seluruhnya di SMK 2. (abdul malik mubarak/ susilo himawan)

Posted by Wawan Kurniawan on 10.55. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels