|

Ratusan Buruh Jogja Tuntut Upah Layak

HARIAN JOGJA: Memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2010, ratusan buruh dari berbagai aliansi di DIY menggelar aksi damai di sepanjang Jalan Malioboro, Jogja, Sabtu (1/5). Aksi diikuti beberapa aliansi buruh secara berkelompok. Kelompok buruh pertama terdiri dari Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), beberapa serikat buruh dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jogja.

Aksilong much dimulai dari area parkir Abu Bakar Ali hingga finis di depan Gedung Kepatihan kompleks kantor Gubernur DIY. Dalam aksinya, para buruh mengusung sejumlah tema seperti menuntut upah layak dan menolak pemberlakuan CAFTA (China ASEAN Free Trade). Menurut mantan ketua ABY Tigan Solin, pemberlakuan CAFTA hanya akan menyebabkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal. "Kami juga menuntut upayah layak bagi para buruh," ungkapnya.

Dalam aksi tersebut, AJI Jogja juga menggelar aksi treatrikal menggambarkan kehidupan dan kondisi para jurnalis yang hingga kini banyak yang belum mendapat upah layak.

"Kalangan jurnalis juga bagian dari buruh. Tapi, upah mereka juga masih kurang layak," kata ketua AJI Jogja, Pito.

Secara umum aksi berjalan dengan tertib dan lancar meski tampak sejumlah kendaraan yang melintasi Jalan Malioboro tersendat.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Posted by Wawan Kurniawan on 21.08. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels