|

Daftar Ujian Paket C lewat Sekolah

YOGYAKARTA(SI) – Pendaftaran peserta ujian Paket C untuk siswa sekolah menengah atas dan kejuruan yang dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional (UN) dapat dilayani melalui sekolah masing-masing siswa.

”Calon peserta yang ingin mendaftar ujian Paket C tidak hanya bisa mendaftar melalui PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) tetapi juga dapat mendaftar melalui sekolah,baru kemudian sekolah yang akan mendaftarkan ke PKBM,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta Syamsury di Yogyakarta kemarin.

Kebijakan tersebut, kata dia, merupakan upaya pemerintah mempermudah siswa yang dinyatakan tidak lulus UN untuk mengakses ujian penyetaraan sehingga pendaftaran tersebut tidak membebani persiapan ujian yang mereka lakukan. Pendaftaran peserta ujian paket C akan dibuka selama satu pekan ke depan dan Dinas Pendidikan menyatakan telah menyosialisasikan jadwal pendaftaran ujian paket C ini ke masing-masing sekolah sejak Jumat (4/6).

”Kami juga akan memberikan pendalaman materi kepada peserta Ujian Paket C,untuk meningkatkan tingkat keberhasilan peserta dalam ujian penyetaraan tersebut,”katanya. Ujian Paket C untuk siswa SMA dan SMK tersebut rencananya akan dilakukan pada 22-25 Juni mendatang. Namun, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta belum menentukan lokasi pelaksanaan ujian.

Sebelumnya,Koordinator Pelaksana Ujian Nasional DIY Baskara Aji menyatakan,sifat dari ujian Paket C tersebut tidak wajib. ”Siswa dapat memilih untuk tidak ikut ujian penyetaraan tetapi mengulang UN tahun depan,atau ikut ujian penyetaraan dan mengulang UN tahun depan. Biasanya,mereka masih menginginkan ijazah SMA,”katanya. (ant)


Posted by Wawan Kurniawan on 16.38. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels