|

Jelang Lebaran Ruas Jalan di Jogja Diperbaiki

JOGJA: Menjelang lebaran, Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja memperbaiki sejumlah ruas jalan utama yang rusak atau berlubang di kota Jogja, Kamis (26/8). Kerusakan terjadi akibat gerowongnya drainase (saluran air).

Kepala Badan Bina Marga Dinas Kimpraswil Kota Jogja, Toto Suroto, mengatakan perbaikan jalan tersebut dilakukan sebagai persiapan menjelang lebaran serta mengurangi risiko terjadinya kecelakaan menjelang lebaran bagi para pengendara motor di kota Jogja.

"Beberapa jalan di kota banyak yang rusak seperti di jalan Protokol, Lingkar selatan, Cokroaminoto, Diponegoro, Perintis Kemerdekaan, Kusumanegara, Ngeksigondo, serta jalan Taman Siswa,” paparnya saat ditemui Harian Jogja di kantornya, Kamis (26/8).

Menurut dia, rusaknya sejumlah ruas jalan tersebut disebabkan oleh banyaknya mobil yang memiliki berat melebih batas sehingga membuat jalan aspal biasa tidak mampu menerima muatan berlebih yang mengakibatkan rusak atau amblesnya jalan.

"Banyaknya tronton, trailer serta truk besar yang beratnya lebih dari 30 ton akan merusak jalan aspal biasa, yang kelasnya hanya mampu menahan berat 20 ton,” tambahnya.

Toto melanjutkan, untuk mengatasinya memang memerlukan kesadaran dari para pengemudi mobil besar dengan muatan truk berat untuk tidak masuk ke dalam kota, sehingga tidak merusak lingkungan sekitar jalan raya.(Harian Jogja/M Fikri AR)



Posted by Wawan Kurniawan on 18.39. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels