|

Hewan Kurban Bagi Pengungsi Merapi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Yogyakarta menyumbangkan hewan kurban mereka kepada para pengungsi korban letusan Gunung Merapi.

"Hingga hari ini ada delapan ekor kambing dan satu ekor sapi yang disumbangkan kepada pengungsi korban letusan Gunung Merapi," kata Ketua Pusat Pengadaan Hewan Qurban Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede Sigit Budiharjo di Yogyakarta, Senin (15/11/2010).

Ia mengatakan delapan ekor kambing tersebut merupakan sumbangan warga masyarakat sedangkan seekor sapi merupakan sumbangan salah satu partai politik.

"Mungkin mereka menganggap saat ini para pengungsi merupakan pihak yang paling membutuhkan bantuan. Terlebih lagi juga ada seruan dari pemerintah untuk memberikan kurban kepada para pengungsi yang tertimpa bencana alam," katanya.

Menurut dia pihaknya juga menyediakan layanan antar hewan kurban yang didedikasikan kepada para pengungsi Merapi di seluruh DIY.

"Untuk layanan antar keluar Kota Yogyakarta dikenakan biaya Rp 50.000. Antaran dapat berupa hewan yang masih hidup maupun sudah dalam bentuk daging bersih," katanya.

Sigit mengatakan rentang harga domba yang dijualnya berkisar antara Rp 475 ribu hingga Rp 2,1 juta per ekor, sedangkan sapi dijual seharga antara Rp 7,7 juta hingga Rp 9,6 juta.

"Saat ini kami telah menjual sekitar 300 ekor domba dan 23 ekor sapi. Untuk tahun ini minat masyarakat untuk sapi meningkat dibandingkan tahun lalu," katanya.



Posted by Wawan Kurniawan on 06.36. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented