|

Peta Terkini Zona Bahaya Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi mengurangi radius bahaya Gunung Merapi di wilayahKabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyusul erupsi gunung ini cenderung terus menurun, Jumat.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan meskipun zona bahaya dipersempit, tetapi status aktivitas Gunung Merapi masih tetap berada di level 4 atau "awas".

"Aktivitas Gunung Merapi cenderung menurun, termasuk intensitasnya, sehingga kami memutuskan untuk mengurangi radius bahaya meski status tetap 'awas'," katanya. Berdasarkan hal-hal tersebut, PVMBG kemudian menetapkan radius bahaya Merapi pada Jumat untuk Kabupaten Sleman dibagi menjadi dua wilayah yaitu 15 kilometer untuk sisi timur Kali Boyong, dan 10 kilometer di sisi barat Kali Boyong. Sebelumnya, radius bahaya Merapi di wilayah kabupaten ini adalah 20 kilometer.

Perbedaan radius bahaya di Kabupaten Sleman tersebut disebabkan erupsi Merapi lebih sering mengarah ke sisi selatan di antara Kali Boyong dan Kali Gendol, baik untuk luncuran awan panas maupun aliran lahar. Selain itu, bukaan kawah yang berada di puncak Merapi mengarah ke selatan, sehingga untuk sisi timur Kali Boyong radius bahayanya lebih jauh dibandingkan dengan sisi barat.

Sedangkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), masih tetap 10 kilometer, Kabupaten Boyolali (Jateng) dari 10 kilometer menjadi lima kilometer, dan Kabupaten Magelang dari 15 kilometer menjadi 10 kilometer. Surono mengatakan indikasi penurunan aktivitas Merapi dan intensitas erupsinya diperoleh dari hasil pemantauan seismik, visual, maupun deformasi pada Kamis (18/11) lalu. Berdasarkan indikasi seismik, kata dia, tekanan suplai magma dari bawah sudah mulai berkurang. Begitu pula dengan amplitudo tremor dan gempa vulkanik menurun.

Ia berharap dengan berkurangnya tekanan fluida magma akan terbentuk kubah lava yang stabil, yang menandai tahapan akhir dari erupsi Gunung Merapi. Selain itu, berdasarkan pengamatan visual, tinggi kolom asap yang terbentuk juga semakin berkurang, yaitu antara 1.000 meter sampai 2.000 meter dari puncak gunung.

Zona Bahaya

Kabupaten Sleman

Kecamatan Cangkringan

1. Argomulyo
2. Glagahharjo
3. Kepuhharjo
4. Umbulharjo
5. Wukirsari

Kecamatan Ngemplak

1. Sindumartani
2. Umbulmartani
3. Wedomartani

Kecamatan Pakem

1. Candibinangun
2. Hargobinangun
3. Harjobinangun
4. Pakembinangun
5. Purwobinangun

Kecamatan Turi

1. Girikerto
2. Wonokerto

Kabupaten Magelang

Kecamatan Dukun

1. Kalibening
2. Keningar
3. Krinjing
4. Mangunsuko
5. Ngargomulyo
6. Paten
7. Sengi
8. Sewukan
9. Sumber

Kecamatan Sawangan

1. Ketep
2. Kapuhan
3. Wonolelo

Kecamatan Srumbung

1. Kaliurang
2. Kemiren
3. Mranggen
4. Ngablak
5. Ngargosoko
6. Tegalrandu

Kabupaten Boyolali

Kecamatan Cepogo

1. Genting
2. Jombong
3. Sukabumi
4. Wonodoyo

Kecamatan Musuk

1. Cluntang
2. Dragan
3. Jenowo
4. Mriyan
5. Sangup

Kecamatan Selo

1. Jrakah
2. Klakah
3. Lencoh
4. Samiran
5. Selo
6. Suroteleng
7. Tlogolele.

Kabupaten Klaten

Kecamatan Kemalang

1. Balerante
2. Bumiharjo
3. Kendalsari
4. Panggang
5. Sidorejo
6. Tangkil
7. Tegalmulyo
8. Tlogowatu

Red: irf
Sumber: ant



Posted by Wawan Kurniawan on 18.11. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented