|

Kondusif, Status Merapi akan Diturunkan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berangsur semakin kondusifnya kondisi pascaerupsi besar sepanjang Oktober-November 2010, pihak berwenang membuka kemungkinan kembali menurunkan status kebahayaan Gunung Merapi yang sejak 3 Desember 2010 lalu berada di level Siaga (level 3 dari 4).

"Saat ini kami sedang mengevaluasi aktivitas Merapi. Kita akan lihat dalam beberapa hari mendatang untuk meninjau penurunan statusnya," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Yogyakarta Subandriyo, di Yogyakarta, Selasa (28/12/2010).

Subandriyo mendasarkan kemungkinan diturunkannya status Merapi itu dari segi ancaman yang sudah jauh berkurang ketimbang saat Merapi bergeliat sejak 26 Oktober hingga 3 Desember. Salah satu yang utama, ancaman primer Merapi berupa awan panas yang sudah tak pernah terjadi lagi sejak 3 Desember.

Selain itu, aktivitas kegempaan juga telah menunjukkan penurunan. Meski begitu, Subandriyo mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sebelum menurunkan status Merapi ke level Waspada (level 2).

"Kami juga akan mengkomunikasikan dengan para pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah di empat kabupaten yang mengelilingi Merapi," ujarnya.

Hal itu dikarenakan penurunan status akan berimplikasi pada para pemangku kepentingan itu, terutama terkait persoalan mitigasi bencana.



Posted by Wawan Kurniawan on 19.55. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented