Arah Kiblat Masjid di Yogya Dibenahi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menyatakan terus melakukan pembenahan arah kiblat sejumlah masjid dan mushala sehingga jumlah tempat ibadah dengan arah kiblat yang tidak benar tinggal 10 persen.

"Banyak masjid dan mushala yang sudah membenarkan arah kiblatnya. Masjid dan mushala yang belum membenarkan arah kiblatnya tinggal sedikit saja," kata Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam dan Pemberdayaan Masjid Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nasiruddin di Yogyakarta, Jumat (30/4/2010).

Menurut dia, pihaknya beserta tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan pembenaran arah kiblat masjid atau mushala di Yogyakarta.

18.53 | Posted in , , , | Read More »

Faceboker Diharap Waspadai Impersonation

YOGYA (KRjogja.com) - Para Facebooker atau pengguna Facebook, diharapkan untuk lebih waspada terhadap kejahatan dunia maya impersonation yang akhir-akhir ini sedang marak di kalangan pengguna Facebook dan di dunia maya. Tiap orang berlomba untuk memiliki teman sebanyak-banyaknya di Facebook biar terkesan eksis.

Secara sederhana, impersonation merupakan perilaku meniru gaya dan tindakan seseorang, tanpa diketahui seseorangtersebut. Dampak yang mungkin terjadi kemudian, yakni penyalahgunaan data seseorang di internet yang dapat merugikan dirinya sendiri atau pihak tertentu.

04.49 | Posted in , , , | Read More »

'Saya Sangat Kecewa'

DANUREJAN: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku kecewa dengan banyaknya siswa SMA, MA dan SMK yang tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UAN). “Kalau ditanya perasaan melihat banyak yang tidak lulus, saya kecewa tapi mau gimana lagi? Yang penting sekarang kita menolong yang tidak lulus,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Rabu (28/4).

Ditanya, apakah akan mencopot Prof. Suwarsih Madya dari jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga terkait tingkat ketidaklulusan SMA sederajat yang mencapai 23%, Sultan tersenyum.

“Ya nggak sampai begitulah. Jangan melempar isu seperti itu,” ujar suami GKR Hemas ini sambil tersenyum. Pada tahun ini, dari jumlah peserta UAN tingkat SMA sebanyak 41.657 siswa yang terdiri atas 19.505 siswa SMA/MA dan 22.152 siswa SMK, siswa tidak lulus mencapai 4.629 siswa SMA/MA dan 4.614 siswa SMK.

18.19 | Posted in , , , | Read More »

Laga Persik-Persebaya Akhirnya di Yogyakarta

VIVAnews - Laga Persik Kediri melawan Persebaya Surabaya akhirnya diputuskan akan digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis 29 April 2010. Keputusan tersebut diterima kubu tim Macan Putih, Senin 26 April 2010 malam.

Meski mengaku dirugikan, kubu Persik tetap menerima keputusan tersebut. Rombongan Persik, kata Pelatih Agus Yuwono, sudah meninggalkan kota kretek tersebut sejak Selasa 27 April 2010.

“Jelas, keputusan ini merugikan kami karena seharusnya jadi tuan rumah. Dengan predikat tuan rumah, peluang untuk mendulang nilai sempurna sangat besar. Sekarang, kami harus melakoni partai hukuman, padahal kami sendiri tidak melakukan kesalahan. Ini bukan partai hukuman atau usiran, tapi pihak kepolisian setempat telah membuat keputusan yang tidak populer dengan asalan pengamanan pilkada,” sungut Agus pada GOSport.

04.30 | Posted in , , , | Read More »

Patrialis Akbar Lulus Magister Hukum UGM

YOGYAKARTA -- Universitas Gajah Mada mewisuda 1.072 wisudawan/wisudawati program pascasarjana periode III tahun ajaran 2009/2010. Salah satu di antara mereka adalah Patrialis Akbar, menteri hukum dan HAM, yang lulus program studi magister hukum.

Akbar mulai sekolah di UGM sejak Juli 2007. Ia lulus dengan predikat memuaskan dengan IPK 3,33 dengan tesisnya berjudul "Tinjauan Yudiris terhadap Penerapan Demokrasi Ekonomi dalam Mewujudkan Ekonomi Terbuka Berkeadilan Sosial''. Hanya saja, kemarin Patrialis Akbar tak dapat hadir dalam acara wisuda itu karena kesibukan tugasnya sebagai menteri.

02.52 | Posted in , , , | Read More »

Keraton Akan Tingkatkan Pengetahuan Guide

Perlama Length Of Stay Wisatawan
RADAR JOGJA - Singkatnya waktu tinggal (length of stay) wisatawan yang pergi ke Jogja membuat Keraton dan masyarakat pemerhati budaya prihatin. Demi meningkatkan length of stay ini keraton bakal mendidik pemandu wisatanya (guide). Mereka akan dibekali pengetahuan semua hal tentang keraton.

"Saat ini di keraton memiliki dua kelompok abdi dalem yang bertugas memandu wisata. Dua kelompok itu diwadahi Badan Kepariwisataan Keraton (BKK) dan Keprajuritan. Mereka masih dibagi tiga tempat yakni Museum Kereta, Siti Hinggil, dan Keraton. Pengetahuannya ya hanya tempat-tempat itu saja. Tidak mengetahui secara luas keraton," kata Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat, Pengageng Keraton saat acara diskusi budaya keraton di Joglo Tamansari, kemarin (19/4).

20.12 | Posted in , , , | Read More »

Pilkada Sleman 2010 : Pemilih Pemula Buta Pilkada

Harian Jogja |SLEMAN: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman memiliki tugas yang berat untuk mendongkrak partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 23 Mei mendatang. Pasalnya sebagian besar pemilih pemula tersebut masih buta dengan urusan coblos-mencoblos tersebut.

Jumlah pemilih pemula pada pilkada mendatang juga tidak bisa dibilang sedikit. Dari total 780.000 nama yang tercantum di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), lebih dari 17.000 di antaranya merupakan pemilih pemula. Irwan Pamungkas, siswa SMAN 1 Cangkringan mengatakan, dirinya mengaku bahwa pilkada itu penting.

Namun sayangnya informasi mengenai pilkada, seperti siapa saja calon yang akan berkompetisi sama sekali belum diketahuinya. “Saya tahu pilkada itu memang penting, tapi saya belum tahu akan nyoblos calon yang mana. Saya juga tidak tahu calonnya siapa saja,” ujar warga Karangpakis, Wukirsari, Cangkringan ini, Selasa (27/4).

17.54 | Posted in , , , | Read More »

Razia Sat Pol PP Sleman Bocor, Lapen Nihil

SLEMAN (KRjogja.com) - Petugas Sat Pol PP Kabupaten Sleman berhasil menyita 200 botol minuman keras golongan A dan B dalam razia miras dan lapen yang digelar Senin (26/4) mulai pukul 19.00 WIB hingga Selasa (27/4) 00.00 WIB dini hari. Diduga bocor, lapen oplosan yang menjadi jadi incaran petugas, ternyata tidak satupun ditemukan.

"Kami duga razia lapen yang kami gelar tadi malam sudah bocor. Pasalnya, saat kami menyanggongi rumah Toni S (45) di Mriyan Tirtoadi Mlati Sleman, hanya kami temukan bekas-bekasnya saja, yakni 5 jerigen bekas lapen yang masih basah. Kemungkinan, sebelum kami datang, pemilik rumah sudah tahu dan langsung menyembunyikannya di tempat lain," terang Kasi Penegakan Perundangan sekaligus Ketua PPNS Kabupaten Sleman, Ignatius Sunarto, saat ditemui KRjogja.com di kantornya, Selasa (27/4).

04.46 | Posted in , , , , | Read More »

Setahun, Cuma 95 Turis ke Kulon Progo

KULON PROGO, KOMPAS.com - Meski masih berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, wilayah Kulon Progo belum dilirik turis asing. Kulon Progo juga tidak banyak menikmati dampak kunjungan wisata karena sebagian besar wisatawan menginap di daerah lain.

Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Kulon Progo, kunjungan wisatawan asing selama tahun 2009 hanya 95 orang. Angka ini turun drastis dibanding jumlah wisatawan asing pada 2008 yang mencapai 291 orang.

20.15 | Posted in , , , | Read More »

Ulang Tahun, Amien Rais Hadiahkan 50 Ingkung Ayam

Yogyakarta - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais memberikan hadiah 50 nasi ingkung ayam kepada para pekerja bangunan di kompleks sekolah Budi Mulia Dua (BMD) Yogyakarta. Acara tersebut sekaligus juga syukuran ulang tahun Amien yang ke 66.

Hadiah itu diberikan saat peresmian pembangunan gedung SMA Internasional BMD di Dusun Panjen, Ngemplak Sleman, Minggu (25/4/2010). Acara digelar bersamaan dengan ulang tahun Yayasan Budi Mulia Dua ke 23 dan ulang tahun Amien Rais ke 66.

"Daripada dibuat pesta kembang api di sini. Itu menghamburkan uang lebih baik syukuran dengan 50 ingkung ayam untuk para pekerja bangunan yang ada di sini. Itu tradisi Zoroaster," kata Amien usai memberikan pidato sambutan.

18.16 | Posted in , , , , | Read More »

Sukseskan Pemilukada DIY 2010

Jogjainfo - Direncanakan pada hari Minggu Tanggal 23 Mei 2010 mendatang, secara serentak di tiga wilayah Propinsi DIY yaitu Kabupaten Sleman, kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul akan diselenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2010.

Kegiatan Pesta Demokrasi yang akan di gelar satu bulan mendatang tersebut semakin terasa aroma persaingannya bakal calon kepala daerah, salah satunya dari melihat baliho-baliho yang terpampang di beberapa sudut-sudut jalan protokol yogyakarta, juga dari media masa yang meliput agenda-agenda calon bupati dan tim kampanyenya yang mengadakan kegiatan-kegiatan sosialisasi program masing-masing bakal calon kepala daerah.

05.00 | Posted in , , , | Read More »

Pilkada Bantul : Ibnu Kadarmanto Terkaya, Sumarno Termiskin

BANTUL (KRjogja.com) - Pengumuman Laporan Hasil Kekayaan Penyelengaran Negara (LHKPN) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, tidak dihadiri pasangan calon bupati dan wakil bupati. Satu-satunya calon bupati yang hadir, hanya Sukardiyono, itupun sesaat setelah acara usai.

Dari perhitungan, calon yang memiliki kekayaan paling tinggi yakni cawabup yang diusung PDIP, Ibnu Kadarmanto dengan nilai Rp 2.505.575.986. Sementara pasangannya, Drs Kardono memiliki harta Rp 747.389.903.

03.41 | Posted in , , , , | Read More »

Tak Ada Lulus 100 Persen di Jogja

HARIAN JOGJA: Di Kota Jogja tidak ada sekolah lulus ujian akhir nasional (UAN) 100%. Sementara di Gunungkidul tercatat ada 2 sekolah angka ketidaklulusannya 100%. Tingkat ketidaklulusan ujian akhir nasional (UAN) utama SMA/MA/SMK di DIY memang merata di hampir semua sekolah termasuk di rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).

Peserta UAN 22 Maret lalu sebanyak 19.505 siswa SMA/MA di DIY dan 4.623 di antaranya tidak lulus ujian utama. Adapun peserta SMK sebanyak 22.152 siswa dan 4.614 siswa tidak lulus ujian utama.

Siswa yang tidak lulus mengikuti ujian ulangan 10 – 14 Mei. Baskara Aji, Ketua Penyelenggara UAN DIY mengatakan bahwa tingkat ketidaklulusan merata di semua sekolah. Bahkan satu Provinsi DIY hanya ada empat sekolah yang lulus 100%.

00.30 | Posted in , , , , | Read More »

Lagi, Dinlopas Sukses Relokasi Pedagang Pasar

Pindah Dari Jalan Tridharma Ke Pasar Talok
RADAR JOGJA -Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja kembali torehkan prestasi. Tanpa diwarnai aksi bentrok seperti halnya di daerah lainnya, Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Jogja sukses merelokasi 120 pedagang, di Jalan Tridarma, Gendeng, Baciro. Mereka kini menempati Pasar Talok juga di daerah yang sama.

Sebelumnya, pedagang sayuran ini menempati Jalan Tridarma. Selama lebih dari lima tahun berdagang di pasar tiban, mereka kini menempati pasar yang lebih layak. Berdagang di atas tanah 454 meter persegi, setiap pedagang mendapatkan tempat dua meter persegi.

20.57 | Posted in , , , , | Read More »

Warga Negara Filipina Bawa 2,6 Kg Heroin

Liputan6.com | Petugas Bea dan Cukai Yogyakarta, Minggu (25/4) menangkap seorang penumpang wanita warga negara Filipina yang membawa 2,6 kilogram heroin di Bandara Internasional Adisutjipto. Humas Ditjen Bea dan Cukai Evi Suhartantyo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (25/4), mengatakan tersangka bernama Mary Jane Fiesta Veloso yang berangkat dari Kuala Lumpur menuju Yogyakarta menggunakan pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan 594.

"Tersangka membawa 2.611 gram heroin melalui pesawat Air Asia flight 594 yang berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Yogyakarta," ujarnya. Ia menambahkan, belum diketahui berapa kerugian negara akibat pelanggaran hukum tersebut. Saat ini tersangka dan barang bukti, akan segera diserahkan kepada pihak kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjut.(Ant/ARI)

04.42 | Posted in , , , | Read More »

Mahasiswa Ingatkan Suhu Ekstrim DIY

YOGYA (KRjogja.com) - Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengajak semua elemen masyarakat untuk mencintai bumi. Hal ini terkait dengan hari bumi pada 22 April 2010 dan kondisi suhu di DIY yang semakin ekstrim mencapai 38 derajat celcius pada 2009.

Koordinator aksi peringatan Hari Bumi, Wijanarko Herlambang menjelaskan sengaja turun ke jalan untuk membangkitkan semangat masyarakat agar lebih peduli terhadap bumi. "Aksi ini tak lain untuk menggugah rasa kepedulian kita semua kepada bumi. Makanya, dalam aksi ini kami beri tema Pesan Rimbawan Untuk Bumi Tercinta," terangnya saat ditemui KRjogja.com di sela aksi, Minggu (25/4).

Harapannya, tumbuh kesadaran masyarakat dalam merawat bumi ini. Khususnya, menerapkan pola hidup sehat serta managemen pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Sementara Kepala Departemen Advokasi LEM Fakultas Kehutanan UGM, Chandra Nur Triwiyanto menambahkan, suhu panas di Yogyakarta saat ini melebihi Kota Makassar sebagai suhu tertinggi di Indonesia.

20.22 | Posted in , , , | Read More »

Pilkada Bantul : Kardono-Ibnu Dilarang Pakai Atribut PDIP

BANTUL, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Bantul akan mencabut dukungannya kepada pasangan Kardono-Ibnu Kadarmanto, calon bupati dan wakil bupati yang diusung dan telah didaftarakan ke Komisi Pemilihan Umum.

"Kami akan mencabut dukungan terhadap pasangan Kardono-Ibnu Kadarmanto yang telah kami daftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 23 Mei 2010," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bantul Aryunandi, Sabtu.

08.11 | Posted in , , , | Read More »

Seleksi Pemain PSS Usai Pilkada

SLEMAN: Seleksi calon pemain Skuad Super Elang Jawa (Elja) PSS direncanakan bakal digelar usai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman, 23 Mei mendatang. Hal ini diungkapkan oleh General Manajer PSS, Joko Handoyo kepada Harian Jogja, Jumat (23/4) siang di Sleman.

Joko yang akrab dipanggil Johan menambahkan,dengan ditundanya seleksi bagi calon-calon pemain baru PSS itu, menurut dia, akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para calon pemain yang ingin bergabung.

00.42 | Posted in , , , | Read More »

UAJY Wisuda 415 Mahasiswanya Hari Ini

SLEMAN (KRjogja.com) - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pagi ini (24/4) menggelar acara wisuda periode III Tahun Akademik 2009/2010. Sebanyak 415 sarjana yang terdiri dari 389 sarjana S1 dan 26 sarjana S2 (magister) diwisuda di kampus II UAJY Babarsari.

Rektor UAJY, Ir. A. Koesmargono, M. Const.Mgt.,Ph.D, menyampaikan, pada wisuda kali ini, tercatat 24 lulusan (23 sarjana dan 1 magister) atau hampir 6% dari total lulusan dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Lulusan dengan IPK tertinggi diraih oleh Jessica Hendrawaty dari program studi Akuntansi, dengan masa studi tiga tahun dan enam bulan.

18.31 | Posted in , , , | Read More »

Pemkot Yogyakarta Beri Kuota Khusus Siswa Miskin

YOGYAKARTA--Pemkot Yogyakarta memberikan kuota khusus bagi siswa dari keluarga miskin (KMS) untuk masuk ke sekolah-sekolah negeri di wilayahnya. Kuota khusus itu ditetapkan melalui Peraturan Walikota tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap tahunnya.

''Kuota bagi siswa KMS jelas ada, tahun kemarin sudah kita lakukan, untuk tahun ini Perwalnya masih dalam bentuk draft,'' ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Syamsuri, di Yogyakarta, Kamis (22/4).

Pada PPDB tahun 2009, Pemkot memberikan kuota 25 persen dari kursi bagi siswa di tingkat SMP Negeri di Yogyakarta untuk siswa dari keluarga miskin. Daya tampung yang disediakan 16 SMP Negeri di Yogyakarta sebanyak 3.132 bangku bagi siswa baru. Dengan begitu kuota untuk warga miskin sebanyak 800 bangku lebih.

07.41 | Posted in , , , , , | Read More »

Petani Kulon Progo Surati Presiden

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Memanfaatkan momentum hari bumi, Paguyuban Petani Lahan Pantai Kulon Progo menyurati Presiden dan sejumlah tokoh lain. Dalam surat itu mereka menuntut agar proyek tambang pasir besi di pesisir selatan Kulon Progo dibatalkan.

Surat-surat tersebut dikirimkan melalui Kantor Pos Besar Yogyakarta, Kamis (22/4/2010). Total ada 49 amplop surat yang dikirimkan. Selain ditujukan kepada Presiden Susuilo Bambang Yudhoyono, surat tersebut juga dikirimkan kepada sejumlah menteri, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, pe jabat di Provinsi DIY dan Kabupaten Kulon Progo, serta anggota komisi penilai analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) tambang pasir besi Kulon Progo.

04.48 | Posted in , , , | Read More »

Pedagang Pasar Balangan Resah

HARIAN JOGJA - MINGGIR: Pedagang Pasar Balangan resah dengan adanya rencana pendirian minimarket berjaringan di Dusun Balangan, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir. Pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pasar Balangan itu mengadu ke Dewan untuk memperjuangkan aspirasi mereka.

Setelah menerima aduan, Kamis (22/4), Komisi B DPRD Sleman menanggapi dengan mengadakan temu pedagang di Pasar Balangan. Sekitar 50 pedagang yang merupakan perwakilan itu curhatkarena apabila minimarket itu jadi berdiri maka akan mengancam eksistensi para pedagang pasar tersebut.

“Komoditas yang dijual di minimarket itu jauh lebih murah dari barang dagangan kami, karena mereka membelinya dengan sistem ritel,” ungkap salah seorang pedagang yang namanya tak mau disebut. Pedagang juga mengeluh karena kondisi pasar tak begitu ramai, kecuali hari pasaran seperti wage dan legi.

23.44 | Posted in , , , | Read More »

Tenun Lurik Yogya Terancam Punah

Di Kabupaten Bantul, kini hanya terdapat satu orang pengrajin tenun lurik tradisional.
VIVAnews - Bisnis tenun lurik sebetulnya sangat menjanjikan. Sayang pengrajin tenun ini dari tahun ke tahun terus menyusut. Di Yogyakarta saja pengrajin tenun ini sekarang bisa dihitung dengan jari.

Di Kabupaten Bantul, kini hanya terdapat satu orang pengrajin tenun lurik tradisional. Sementara pengrajin lainnya terdapat di beberapa daerah di luar Kabupaten Bantul.

Salah satu pengrajin tenun lurik tradisional adalah Hany Suharjono (43). Warga Dusun Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini mengelola bisnis turun temurun yang sudah berlangsung 48 tahun.

20.24 | Posted in , , , , | Read More »

Bank Buku Ala Pemkot Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Bukan hanya menabung uang saja yang saat ini tengah digalakkan Pemkot Yogyakarta, tetapi juga menabung buku. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta membuka program baru ini untuk memenuhi kebutuhan buku di Kota Yogyakarta. Program bernama Bank Buku ini secara resmi diluncurkan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4).

Menurut Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Sri Sulastri, program itu diluncurkan untuk mengalakkan kegiatan menabung buku atau menyumbangkan buku pada perpustakaan di Yogyakarta. Hal itu kata dia, dilakukan agar kebutuhan buku bagi masyarakat setempat terpenuhi dan juga bisa meningkatkan minat baca masyarakat di Yogyakarta sendiri. "Melalui program ini kita berharap kebutuhan buku masyarakat Yogyakarta terpenuhi dan tercukupi dengan baik," terangnya.

06.48 | Posted in , , | Read More »

PDAM Yogya Siapkan Bantuan Air

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Guna mengantisipasi kemarau ekstrem yang diprediksi melanda wilayah DI Yogyakarta tahun ini, Perusahaan Daerah Air Minum Tirtamarta Kota Yogyakarta menyiapkan berbagai antisipasi. Salah satunya akan memberikan bantuan air bersih gratis bagi warga yang sumurnya kekeringan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksikan kemarau tahun ini, yang mulai masuk pada awal Mei nanti, akan lebih kering dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, curah hujan akan berada 15-30 persen di bawah rata-rata curah hujan selama 30 tahun terakhir.

04.53 | Posted in , , | Read More »

Sultan HB X Segera Pulang

HARIAN JOGJA: Setelah menjalani sejumlah pemeriksaan di Singapura, kondisi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X semakin membaik dan diperkirakan akan pulang ke Jogja akhir pekan ini.

Kepastian itu diungkapkan adik tertua Sri Sultan HB, Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Hadiwinoto ketika ditemui wartawan seusai menerima pengurus Perkumpulan Urusan Kematian Jogjakarta (PUKJ) di Gedhong Pracimosono, Kraton, Rabu (21/4).

Ia mengatakan, kondisi Sultan sudah semakin membaik. Diperkirakan kakak kandungnya itu akan pulang dalam satu atau dua hari ke depan. “Sudah baik tetapi beliau berangkat ke Singapura bukan karena sakitnya melainkan check up. Untuk masalah check up, beliau memang sudah sekitar 15 tahun ini rutin melakukan pemeriksaan di Singapura, tepatnya di Mount Elisabeth Hospital. Karena sudah semakin baik, satu dua hari ke depan beliau akan pulang,” tutur dia.

03.06 | Posted in , , | Read More »

Hari Kartini, Ratusan Perempuan Yogyakarta 'Ngonthel'

YOGYA (KRjogja.com) - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, panitia peringatan Hari Kartini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta 2010 mengadakan acara Women on Bicycle. Dalam acara ini, ratusan perempuan dari berbagai instansi di Yogyakarta bersepeda, berangkat dari Dalem Joyokusuman dan berakhir di Benteng Vredeburg.

Rute perjalanan para pesepeda ini melewati Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo masuk ke Plengkung Wijilan menuju Plengkung Gading dan beristirahat sebentar di Pojok Beteng Kulon. Setelah itu, massa menuju utara menuju Alun-Alun Utara, titik nol, Jalan Bhayangkara, Jalan Gandekan, Jalan Pasar Kembang menuju Malioboro dan berakhir di Benteng Vredeburg.

19.34 | Posted in , , , | Read More »

Desak Penerbitan UU Pendidikan Gratis Semua Jenjang

RADAR JOGJA- Pembatalan UU badan hukum pendidikan (BHP) oleh mahkamah konstitusi (MK) dinilai belum cukup membereskan masalah pendidikan di Indonesia. Untuk menjamin pendidikan Indonesia dinikmati semua masyarakat, harus ada UU yang menggratiskan pendidikan di semua level.

Aksi mahasiswa mendesak pendidikan gratis di semua jenjang dilakukan sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam serikat mahasiswa Indonesia (SMI) komite cabang Jogja. Kemarin (19/4), aksi yang berlangsung di pertigaan UIN Sunan Kalijaga (Suka) sempat menimbulkan kemacetan kecil karena para mahasiswa membakar ban mobil di tengah jalan.

06.35 | Posted in , , , | Read More »

Peringati Hari Kartini, Mahasiswi UNY Tolak Diskriminasi Perempuan

Yogyakarta - Mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar aksi demo memperingati hari kelahiran Kartini. Mereka menyatakan menolak segala bentuk diskriminasi terhadap kaum perempuan.

Aksi yang tergabung dalam Alainsi Perempuan UNY Peduli Moral Bangsa tersebut digelar di Kampus UNY di Karangmalang, Yogyakarta, Rabu (21/4/2010). Selain menggelar orasi, massa juga berkeliling di berbagai fakultas di kampus tersebut.

Seperti halnya aksi lainnya, massa yang semuanya adalah mahasiswi itu juga membawa berbagai poster. Beberapa poster di antaranya bertuliskan 'kami perempuan Indonesia siap bergerak, wanita Indonesia spirit berkarya'. Selama menggelar aksi mereka juga meneriakkan yel-yel 'hidup perempuan Indonesia.'

22.37 | Posted in , , , , , | Read More »

Pencairan ADD Berbelit-Belit

BANTUL: Sejumlah kepala desa mengeluhkan syarat pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) berbelit-belit karena harus menyertakan penyusunan RAPBDes. Akibatnya, dari 75 desa, hanya 10 desa yang telah mengajukan penerimaan ADD melalui RAPBdes.

Kepala Desa Patalan Kecamatan Jetis, R Diharjo Purboko menyebutkan penyusunan RAPBDes sesuai aturan baru menyulitkan desa untuk mencairkan ADD. Selain itu, desa umumnya kesulitan menyusun surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan ADD pada 2009. Padahal, anggaran itu sangat mendesak untuk beragam kegiatan desa.

“Kami kerepotan dengan syarat administrasi pencairan ADD yang membutuhkan waktu yang lama. Padahal dana pemberdayaan masyarakat mendesak digunakan,” kata dia saat dihubungi Harian Jogja, Selasa (20/4). Desa Patalan, lanjut Purboko pada 2010 menerima ADD sebesar Rp176 juta atau turun ketimbang 2009 sebesar Rp196 juta.

19.17 | Posted in , , , , | Read More »

Guru Sleman Harus Mampu Membuat Karya Ilmiah

SLEMAN (KRjogja.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mendorong kepada guru di kabupaten ini untuk mampu membuat karya tulis ilmiah. Hal ini penting dikuasai para guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka.

"Kami menyadari membuat karya tulis ilmiah KTI memang tidak mudah, namun kami mendorong agar guru mampu membuatnya dan mengungkapkan hasil pengalaman, pengamatan secara tertulis dan sistematis," kata Plt Bupati Sleman Sri Purnomo pada Diklat karya tulis ilmiah guru di Sleman, Selasa (20/4).

05.59 | Posted in , , , | Read More »

Teliti Limbah Teh Hitam, Siswi UGM Mendunia


Daning menemukan limbah teh hitam bisa mengurangi dampak gas metan yang merusak ozon.
VIVAnews - Mahasiswa UGM menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat internasional. Dewi Ratih Ayu Daning, mahasiswi Fakultas Peternakan UGM berhasil menjadi jawara dalam Altech Young Scientis yang diselenggarakan oleh Altech.

Daning, nama akrabnya, menyabet dua kemenangan sekaligus. Dia terpilih sebagai The 1st Place Undergraduate Country Winner for Indonesia dengan menyisihkan 80 kandidat. Selanjutnya pada bulan Februari lalu ia bersaing di tingkat Asia Pasifik sukses menyabet peringkat pertama mengalahkan 1.000 kandidat se-Asia Pasifik.

01.42 | Posted in , , , | Read More »

119 Pelajar SMP Terkena Razia

Rela Sekali Parkir Bayar Rp 5 Ribu
RADAR JOGJA- Tingkat pelanggaran lalu-lintas yang dilakukan oleh pelajar SMP di Jogja cukup memprihatinkan. Senin pagi kemarin Satlantas Poltabes Jogja bekerjasama dengan Pol PP, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan Kota berhasil menjaring 119 pelajar dalam razia khusus pelajar.

Kasatlantas Poltabes Jogja Kompol Ruminio Ardano didampingi Kanit Dikyasa Satlantas Poltabes Jogja AKP Sri Wahyuni menjelaskan, angka pelanggaran tersebut hanya yang berhasil dijaring dalam razia. Sedangkan angka pelanggaran riil yang dilakukan oleh pelajar SMP di Jogja jauh lebih tinggi.

"Karena keterbatasan jumlah personil, maka razia yang kami lakukan hanya di titik-titik tertentu. Pelanggaran lain yang tidak terjaring razia jumlahnya jauh lebih besar," kata AKP Sri Wahyuni.

23.03 | Posted in , , , | Read More »

Sultan Cek Kesehatan Ke Singapura

HARIAN JOGJA: Setelah kembali sempat menginap di RS Bethesda, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (18/4) terbang ke Singapura. Hanya, tidak diketahui dengan jelas, terbangnya Raja Keraton tersebut ke Singapura lantaran ingin mendapatkan perawatan yang optimal atau hanya pemeriksaan rutin saja.

Menurut Kepala Bidang Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setprov DIY, Biwara Yuswantara Sultan melakukan medical check up saja. Sultan ke Singapura dengan penerbangan Air Asia pada pukul 09.30 WIB dengan didampingi GKR Hemas, dan dua putrinya, GKR Pembayun dan GKR Candrakirana.

“Ngarso Dalem hanya general check up. Seperti biasanya, kalau untuk general chek up, Ngarso Dalem biasanya pergi ke Singapura. Tidak tahu kapan terakhir beliau [Sultan] melakukan medical check up” kata Birawa saat ditemui di meja kerjanya, Senin (19/4).

18.46 | Posted in , , , | Read More »

Lagi, Empat PTS di Yogyakarta Gulung Tikar

YOGYAKARTA--Empat lagi perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta mengalami kolaps karena keuangan yang tidak mencukupi untuk biaya operasional. Bahkan saat ini, PTS itu telah menjual mebeler untuk membayar dosen dan karyawannya.

Hal itu diungkapkan Koordinator Kopertis V Yogyakarta, Prof Budi Santoso Wignyosukarto pada peletakan batu pertama pembangunan Kampus Kebangsaan Unit III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjana Wiyata (FKIP UST) Yogyakarta, Sabtu (17/4). Kampus Kebangsaan Unit III ini dibangun dengan luas bangunan 3.731 meter persegi yang terdiri 24 ruang kuliah dengan beaya Rp 10,397 miliar.

04.18 | Posted in , , | Read More »

Pelajar SMP Dilarang Bermotor

YOGYA (KRjogja.com) - Petugas gabungan dari Poltabes Yogyakarta, Satpol PP, Dinas Ketertiban, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan serta PPNS Pemkot Yogyakarta, merazia pelajar SMP yang mengendarai sepeda motor, Senin (19/4) pagi. Hari ini, razia dipusatkan di 4 titik, yakni SMP Muhammadiyah 2, SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 8 Yogyakarta.

Razia ini merupakan bentuk penegakan dari Perwal Nomor 24 tahun 2008 pasal 21 ayat (1), yang menyatakan bahwa pelajar SMP dilarang mengendari sepeda motor, baik ketika berangkat sekolah maupun pulang sekolah. "Meskipun dia (pelajar SMP.red) itu telah memiliki SIM, namun sesuai dengan Perwal tersebut mereka tetap belum diperbolehkan," terang Bagian Hukum Pemkot Yogyakarta, Muhammad Soleh.

22.08 | Posted in , , , | Read More »

Prameks Eksekutif Beroperasi Mulai Juni

YOGYAKARTA (SI) – PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta siap meluncurkan rangkaian kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) kelas eksekutif. Tarif kereta yang rencananya diluncurkan mulai Juni mendatang tersebut berkisar antara Rp20.000-40.000 per orang.

”PT Railling, anak perusahaan PT KA (persero),memang mewacanakan mengeluarkan KA Prameks Eksekutif,”kata Kepala Humas PT KA Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto kemarin.Peluncuran KA Prameks Eksekutif itu, lanjut dia, bukan dilakukan secara tiba-tiba.Namun telah melalui pengkajian yang mendalam. Bahkan PT KA Daop 6 Yogyakarta telah mengoperasikan embrio prameks yang membidik penumpang kelas menengah ke atas ini sejak awal 2009.

17.12 | Posted in , , , | Read More »

Terigu Palsu Diduga Beredar di Kulonprogo

Dua Orang Ditahan, Satu Truk Tepung Diamankan
KULONPROGO - Tepung terigu palsu diduga beredar di sejumlah Pasar Tradisional di Kulonprogo, salah satunya di Pasar Wates. Banyak konsumen yang mengeluhkan terigu yang dibelinya tidak bagus, padahal terigu tersebut berlabel merek terkenal, seperti Segitiga Biru, Cakra Kembar dan Lencana Merah.

Pengecer tepung terigu di Pasar Wates, Irah (56) mengatakan bahwa dirinya mendapatkan komplain dari para pembelinya. Mereka mengkomplain bahwa terigu yang dijual kondisinya tidak bagus dan berbau apek. Selain itu, ketika dipakai untuk membuat kue tidak bisa mengembang.

02.49 | Posted in , , , | Read More »

Ratusan Aborsi Terungkap

BANTUL: Wagirah atau Sosrojuono, 67, dukun aborsi yang ditangkap polisi ternyata sudah melakukan praktik sejak 1990-an atau tepatnya sekitar 20 tahun yang lalu. Jumlah korban atau pasiennya sudah tidak terhitung, dan menurut tersangka sudah ratusan orang.

Pengakuan itu diungkapkan tersangka dalam pemeriksaan oleh polisi secara maraton mulai Jumat (16/4) sore lalu hingga Sabtu (17/4) kemarin. Saat dihubungi AKP Danang Kuntadi, Kasat Reskrim Polres Bantul menjelaskan praktik yang dilakukan oleh tersangka yang ditangkap di rumahnya Panggungharjo, Sewon ini sudah dilakukan semenjak dirinya bertempat tinggal di Sedayu.

“Dalam pengakuan ke penyelidik, semua tindak kejahatan aborsi yang dilakukannya terlepas dari saat masih membantu bidan yang dulu pernah ditangkap dalam kasus yang sama,” ujarnya. Bahkan saking banyaknya pasien yang mendatanginya, nenek satu putri itu mengaku sudah tidak ingat lagi.

19.15 | Posted in , , | Read More »

Perayaan Ultah Sultan HB X Kental Tradisi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan ulang tahun atau tingalan dalem Raja Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X yang memasuki usia ke-66 menurut kalender Jawa atau usia ke-64 menurut tahun masehi, Sabtu (17/4/2010) malam di Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta berlangsung meriah dan kental nilai budaya.

Tari Bedaya Harjunawijaya yang merupakan kreasi Sultan menjadi suguhan utama dalam peringatan tingalan dalem. Bedaya tidak sekadar tari, tetapi menjadi wahana penyampaian pesan Sultan sebagai Raja Yogyakarta.

Koreografi istana yang ditarikan sembilan penari wanita ini berangkat dari ide Sultan tentang tokoh Harjuna sebagai ksatria sejati yang merupakan simbol kesempurnaan hidup manusia. "Dalam menjalankan kehidupannya, Harjuna selalu bermuara dalam bakti kepada rakyat, bangsa, dan negara," ujar Sultan melalui tari bedaya.

04.53 | Posted in , , , | Read More »

Bappeda Yogyakarta Buka Program Hibah Penelitian 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Pemkot Yogyakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta sejak awal bulan April lalu membuka program Hibah Penelitian Tahun 2010. Penelitian ini dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki kompetensi di bidang penelitian. Tahun ini, tema penelitian yang diangkat yakni 'Kota Yogyakarta Sebagai Kota Tertata Rapi Dengan Tingkat Polusi Rendah dan Didukung Dengan Pelayanan Yang Optimal'.

Menurut Kasubid Litbang Bappeda Kota Yogyakarta, Sugito Raharjo, program ini sudah berjalan sejak tahun 2002. Menurutnya, akan dipilih 12 proposal yang dibiayai oleh pemerintah untuk melakukan penelitian selama 3-4 bulan, dengan biaya total Rp74 juta untuk 12 penelitian.

"Tematik tersebut merupakan tematik pembangunan kota tahun depan. Untuk itu, hasil penelitian akna menjadi masukan untuk menentukan kebijakan pemkot tahun 2011," katanya di komplek Balaikota Yogyakarta, Jumat (16/4).

18.54 | Posted in , , , , | Read More »

Jogja Jadi Gerbang Narkoba

SLEMAN - Imej Jogja sebagai pintu gerbang masuknya narkoba, obat-obatan terlarang, dan psikotropika agaknya semakin melekat menyusul tertangkapnya Srie Moertarini yang membawa 2,6 kilogram shabu-shabu (SS) di Bandara Adi Sutjipto, Selasa (13/4). Penangkapan terhadap warga Rt 05/Rw 02 Kelapa Dua Jakarta Barat yang mengaku sebagai kurir itu adalah kali ke dua yang terjadi di wilayah hukum DIJ. Sebelumnya, kasus serupa dengan modus yang juga mirip terjadi pada Jum'at (26/2).

Meixiu Zhou alias Sofia, warga Tiongkok ketahuan membawa 9.976 butir pil yang diduga ekstasi senilai Rp 1 miliar. Mereka tercatat menumpang pesawat yang sama Air Asia dengan nomor penerbangan AK 594. Bahkan cara mengelabuhi petugas pemeriksa barang terlarang yang mereka bawa juga sama. Yakni menyembunyikan narkoba di balik dasar koper yang telah dibuat ruang tambahan. Jakarta sama-sama menjadi kota tujuan kedua tersangka.

03.43 | Posted in , , | Read More »

Besok Ujian Tulis (Utul) UGM diumumkan

HARIAN JOGJA: Besok hasil ujian tulis (Utul) UGM diumumkan melalui Harian Jogja, web site UGM dan beberapa koran di Jogja. Budi Prasetyo, Direktur Administrasi dan Akademik UGM menguraikan ada 4.650 calon mahasiswa diterima dari 46.617 calon mahasiswa yang mengikuti ujian. Jumlah pendaftar Utul 2010 sebanyak 47.186 orang dan yang mengikuti ujian 46.617 orang.

Bila dibanding dengan peserta Utul tahun sebelumnya, lanjut Budi, peserta tahun ini mengalami kenaikan sekitar 2.000 orang. Kenaikan itu diimbangi pula pertambahan kuota yang diperebutkan sebanyak 1.500 orang. "Rata-rata kenaikan kuota setiap jurusan 10%, tetapi peminat paling banyak di teknik informatika yang baru dibuka tahun ini," urai Budi di kantornya, Jumat (16/4).

00.42 | Posted in , , , | Read More »

Mahasiswa Yogya Kecam Brutalisme Satpol PP dan Polisi Terhadap Warga Koja

Yogyakarta - Solidaritas untuk warga Koja yang menjadi korban kekerasan Satpol PP dan polisi juga datang dari Yogyakarta. Puluhan aktivis Front Mahasiswa Nasional (FMN) Yogyakarta mengecam bentrokan penggusuran makam Mbah Priok. Mereka menuntut tindakan represif polisian dan Satpol PP dihentikan.

Aksi tersebut digelar di kawasan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta di Sapen, Yogyakarta, Kamis (15/4/20010). Seperti halnya aksi-aksi demo lainnya, massa juga membawa berbagai poster. Sebuah spanduk warna merah berukuran 3 meter bertuliskan 'hentikan perampasan tanah' dipasang di depan barisan. Massa juga membawa bendera lambang kelompok FMN.

15.10 | Posted in , , , , | Read More »

UNY Berstatus Badan Layanan Umum

YOGYAKARTA -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)akan menerapkan Badan Layanan Umum (BLU) dalam sistem laporan keuangan dan akuntabilitas di kampus tersebut. Penerapan BLU itu resmi dilakukan seiring ditandatanganinya nota kesepahaman antara UNY dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di kampus setempat awal pekan ini.

Menurut Rektor UNY, Rochmat Wahab, meskipun Badan Hukum Pendidikan (BHP) sudah tidak ada namun BHP mempunya misi yang sangat terhormat dengan menekankan pentingnya otonomi pengelolaan. Otonomi ini memberikan kebebasan penting bagi institusi untuk memiliki kebebasan akademik yang tidak terintervensi oleh siapapun. Salah satunya kata dia, adalah penerapan BLU di universitas. "Dengan BLU ini transaparansi dan akuntabilitas akan semakin bagus," terangnya, Rabu (14/4).

04.30 | Posted in , , | Read More »

Tingalan Dalem HB X 2010, Bedhoyo Harjunawijoyo Dipentaskan

YOGYA (KRjogja.com) - Tanggal 17 April besok, Kraton Yogyakarta akan mengadakan hajat besar, yakni peringatan Tingalan Dalem Tahunan Sri Sultan HB X. Perhelatan ini merupakan peringatan ulang tahun Sultan ke-64 menurut kalender Masehi atau ulang tahun ke-66 menurut kalender Jawa.

Seperti dikatakan GBPH Joyokusumo selaku Penghageng Kraton Yogyakarta, dalam acara ini nantinya akan dipentaskan Tarian Bedhoyo Harjunawijoyo, yang merupakan tari gagasan dan kreasi terbaru Sultan X. Pementasan ini akan dilakukan di Bangsal Kencana Kraton, dimana rangkaian acara dimulai sekitar pukul18.30 WIB. Selain itu, dalam rangkaian acara besok bahasa pengantar yang dipergunakan akan memakai Bahasa Bagongan, yakni bahasa yang biasa digunakan di lingkungan kraton.

02.14 | Posted in , , , | Read More »

Dinkes Jogja Akan Sertifikasi PKL Makanan

UMBULHARJO: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja akan melakukan sertifikasi terhadap pedagang kaki lima (PKL) mulai bulan depan. Tahap awal sertifikasi adalah sosialisasi kepada 100 PKL.Kepala Bidang Regulasi dan Sumber Daya Manusia Dinkes Tuty Setyowat berkata jumlah PKL di Kota Jogja mencapai 2.000 pedagang. Pada pertengahan Mei mendatang pihaknya akan melakukan sosialisasi sertifikasi kepada 100 pedagang.

Kebijakan itu bertujuan mengenalkan cara berdagang makanan secara sehat kepada para PKL.

"Kami akan memberikan sertifikasi sanitasi dan higienitas. Pada tahap awal kami akan menyosialisasikan berbagai materi seperti pemilihan bahan makanan sehat dan tidak mengandung bahan tambahan makanan berbahaya, proses pengolahan makanan, cara penyajian dan perawatan alat untuk menyajikan makanan,” terangnya saat dihubungi, Rabu (14/4).

19.37 | Posted in , , , | Read More »

Becak Yogya Harus Punya Nomor Rangka

YOGYAKARTA(SI) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta berupaya terus mendata dan menertibkan becak-becak di Kota Gudek dengan melakukan pengetokan nomor rangka becak.

Koordinator pendataan nomor becak Dishub Kota Yogyakarta Koesdaryono saat melakukan pengetokan nomor becak di kawasan Alun-Alun Utara mengatakan,kegiatan pengetokan sebenarnya sudah di mulai sejak 2009 lalu. Tiap pengetokan disesuaikan dengan data masing-masing pengemudi becak. ”Setiap pengemudi becak kami berikan surat izin operasional kendaraan tidak bermotor (SIOK). Dalam surat tersebut terdata identitas atau nomor rangka becak, nomor pelat becak, nama pemilik, dan wilayah operasional atau tempat mangkal becak tersebut,” paparnya.

17.34 | Posted in , , | Read More »

Warga Paris Ancam Boikot Pemilukada

RADAR JOGJA- Upaya masyarakat Parangtritis korban penggusuran memperjuangkan haknya tidak kenal lelah. Setelah upaya negosiasi dengan Pemkab Bantul yang difasilitas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIJ gagal, masyarakat yang tergabung dalam aliansi rakyat menolak penggusuran (ARMP) menyiapkan langkah lain. Mereka menyiapkan diri untuk memboikot pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pemulukada) di Kabupaten Bantul.

"Jika hak-hak kami tidak dipenuhi, kami sudah sepakat untuk tidak akan menggunakan hak untuk memilih kepala daerah," tegas Koordinator ARMP Yayak saat berkunjung ke Radar Jogja kemarin.

Yayak datang bersama beberapa warga yang menjadi korban penggusuran mengungkapkan pemilukada yang akan digelar 23 Mei mendatang dinilai tidak akan menghasilkan perubahan pada Kabupaten Bantul. Sebab, para calon yang ada saat ini tidak memiliki kepedulian pada persoalan yang ada di masyarakat.

05.54 | Posted in , , , , | Read More »

Supermarket Kota Yogyakarta Wajib Lakukan CSR Pada UMKM

YOGYA (KRjogja.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta saat ini gencar melakukan sosialisasi terhadap UU No 20 tahun 2008 tentang UMKM. Salah satu point dalam undang-undang tersebut diantaranya mengenai pemberdayaan usaha mikro kecamatan, dimana supermarket atau toko wajib melakukan Corporate Social Responsibility (CSR), apabila masih ingin memperoleh perpanjangan ijin gangguan (HO), atau IMB bagi supermarket baru.

"Hingga kini sudah ada kesepakatan dengan Toko Progo, Mirota, Giant dan Superindo, yang akan bikin baru di Mergangsan. Kalau toko-toko lainnya baru kita rintis," ujar Kasi Kajian Pengembangan UMKM Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto di kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu (14/4).

19.51 | Posted in , , , | Read More »

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented