Onthel yang Sulit Dijumpai di Indonesia

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Di kalangan penggemar dan kolektor, barang-barang langka selalu mendapat tempat tersendiri. Begitu juga urusannya di dunia sepeda tua. Mereka yang memiliki koleksi langka umumnya akan dipandang terhormat. Bukan hanya menjadi pusat perhatian di komunitasnya, pemilik sepeda langka seringkali juga dicari-cari oleh orang lain yang ingin membeli koleksinya, atau sekedar melihat sepeda itu.

Namun mengapa ada merek-merek onthel (sepeda tua) yang jarang ditemui? Misalnya onthel merek Juncker (Jerman), Swiss Army (Swiss), Cyrus (Belanda), atau Empo (Belanda). Hanya segelintir yang punya.

"Itu karena memang ada merek yang sengaja tak dijual di Indonesia, hanya dijual di Eropa. Produksinya pun memang terbatas," ujar Ketua Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok), Towil di Yogyakarta, Minggu (30/5/2010).

19.58 | Posted in , , | Read More »

Kapoltabes Dilepas Belasan Seniman

RADAR JOGJA- Kombespol Ahmad Dofiri rupanya tidak hanya disegani anak buahnya. Kalangan seniman Jogja juga merasa kehilangan ketika mengetahui, 2 Juni mendatang Ahmad Dofiri harus meletakkan jabatannya dan meninggalkan Jogja.

"Meskipun hanya sebentar di Jogja, kami sudah merasakan bagaimana dia bisa merangkul semua kalangan. Termasuk seniman seperti kami juga mendapatkan tempat. Buktinya bienalle kemarin sukses atas peran polisi juga," kata Bambang Heras, seniman lukis Jogja.

16.59 | Posted in , , , | Read More »

Tabung Gas Meledak di Sleman

SLEMAN: Jumat (28/5) dini hari, warga Dusun Kalongan, Tlogoadi, Mlati yang masih terlelap dikejutkan oleh suara ledakan keras. Ledakan disertai kobaran api tersebut berasal dari rumah kontrakan yang dihuni Sardi, 55, dan keluarganya. Akibat ledakan itu, kondisi rumah Sardi rusak parah.

Ketiga penghuni rumah, yakni Sardi, istri dan anaknya bernama Iwan, 27, langsung dilarikan ke rumah sakit. Di antara ketiga korban, luka bakar cukup parah dialami Iwan. Hampir 60% tubuhnya penuh dengan luka. Adapun Sardi dan istrinya, hanya mengalami luka bakar di bagian tangan dan kakinya. Kini, ketiganya dirawat intensif di RSUP Sardjito.

05.10 | Posted in , , , , , | Read More »

Gunungkidul HUT ke-179 Hari Ini

WONOSARI (KRjogja.com) - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-179 dilaksanakan secara sederhana dengan upacara di Bangsal Sewokoprojo Wonosari, Kamis (27/5). Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam IX dalam sambutannya mengungkapkan, melalui peringatan hendaknya masyarakat dan pemerintah secara bersama-sama bersinergi melakukan pembangunan.

“Pelaksanaan program pembangunan perlu terus ditingkatkan agar sasaran bisa tercapai dengan maksimal. Melalui peringatan hari jadi, diharapkan akan mampu mendorong pemerintah daerah guna membuat program serta melaksanakan agenda guna membangun Kabupaten Gunungkidul,” tuturnya.

21.29 | Posted in , , , | Read More »

Harga Kertas Naik Penerbit Yogya Terancam Gulung Tikar

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Sejumlah penerbit anggota Ikatan Penerbit Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta terancam gulung tikar setelah harga kertas pada semester pertama 2010 ini mengalami kenaikan hingga 40 persen lebih.

"Saat ini dari 50 anggota Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebanyak 15 penerbit di antaranya tidak mampu lagi mencetak buku sehingga terancam gulung tikar," kata Kepala Divisi Promosi dan Pemasaran Ikapi DIY Apri Dhian, Sabtu.

18.55 | Posted in , , , , | Read More »

Bantul Desak Penghentian Impor Sapi

BANTUL, KOMPAS.com - Kalangan peternak sapi di Bantul sangat terpukul karena harga jual sapi dua bulan terakhir turun sekitar 20 persen. Kondisi tersebut banyak dipicu oleh banyaknya daging sapi impor yang masuk ke Indonesia. Karenanya Pemerintah Kabupaten Bantul mendesak supaya kegiatan impor tersebut dihentikan agar peternak lebih bergairah sehingga lebih mempercepat swasembada daging.

Di tingkat peternak, harga sapi bibit umur 4 bulan jenis lokal yang biasanya Rp 4 juta/ekor sekarang hanya Rp 3,25 juta/ekor. Bahkan sapi bibit jenis metal umur 4 bulan juga turun biasanya Rp 6 juta, sekarang Rp 4 juta/ekor. Sedangkan sapi dewasa (pedaging) jenis lokal umur 3 tahun biasanya mencapai Rp 7 juta, saat ini hanya Rp 5,5 juta/ekor. Sapi metal umur 1 tahun biasanya mencapai Rp 8 juta, sekarang merosot hingga Rp 6-6,5 juta.

15.30 | Posted in , , , , | Read More »

Liburan, Tiket KA Ludes


YOGYAKARTA(SI) – Tiket dua kereta api (KA) ekstra liburan Hari Raya Waisak 2010 yang diberangkatkan PT KA Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta pada Minggu (30/5) mendatang sudah habis terjual.

Padahal dua KA ekstra liburan yakni KA Argo Dwipangga dan Senja Utama Ekstra tersebut totalnya berkapasitas 856 tempat duduk. KA Argo Dwipangga ekstra eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk, sedangkan KA Senja Utama ekstra berkapasitas 200 tempat duduk kelas eksekutif dan 256 tempat duduk kelas bisnis Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta Asdo Artrivianto mengatakan, dua KA ekstra liburan itu diberangkatan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang tiga hari (Jumat- Minggu).

06.41 | Posted in , , , , , | Read More »

FEB UGM Menyambut Anggito Abimanyu

Kembali Mengajar, Saatnya Forgive and Forget
RADAR JOGJA- Anggito Abimanyu kembali ke UGM. Setelah mengundurkan diri dari posisinya sebagai kepala Kebijakan Fiskal Depkeu, Anggito memutuskan kembali menjadi dosen. Kepada wartawan dan pimpinan FEB yang menyambutnya kembali, Anggito enggan bercerita alasan pengunduran dirinya. Dia lebih bersemangat ditanya rencana mata kuliah yang diajarnya atau musik jazz.

Kemarin (27/5), setelah kembali dari Jakarta dengan pesawat pagi, Anggito datang ke UGM. Di sana, dia disambut pimpinan dan kolega FEB UGM. Meski secara resmi baru akan mengajar semester ganjil 2010/2011 yang dimulai Agustus nanti, Anggito sudah memikirkan mata kuliah apa saja yang akan diampunya.

04.11 | Posted in , , , | Read More »

Waspada! Akun YM Jajang C Noer Dibajak, Butet Tertipu Rp 2 Juta

DetikNews | Jika teman baik Anda tiba-tiba meminta bantuan duit lewat komunikasi di internet, sebaiknya Anda curiga. Sebab bisa jadi 'peminta sumbangan' itu telah membajak akun teman Anda itu.

Hal itulah yang menimpa seniman panggung Butet Kertaredjasa. Dia tertipu Rp 2 juta setelah chatting dengan lewat Yahoo Messenger (YM) dengan Jajang C Noer. Dia tidak menyana ternyata akun Jajang telah dibajak dedemit maya.

"Aku diajak chat Jajang. Ya sudah ngobrol. Intinya dia mengaku sedang di rumah sakit dan ATM-nya patah. Minta dikirim Rp 2 juta melalui rekening temannya," kata Butet kepada detikcom, Kamis (27/5/2010) pukul 13.15 WIB.

17.30 | Posted in , , , , | Read More »

50 Hektare Lahan Lombok Gagal Panen

BANTUL: Akibat banjir beberapa waktu lalu, petani cabai dan palawija di Tirtosari dan Tirtohargo, Kretek, terpaksa memanen tanamannya lebih awal. Petani pun menanggung kerugian hingga ratusan juta rupiah. Adapun, menurut Ketua Gapoktan Tirtohargo Sumbawa sekitar 50 hektare lahan cabai tidak bisa dipanen.

Panen awal dilakukan karena air saat banjir kemarin telah merendam tanaman cabai dan palawija. Ditemui di areal persawahan di dekat kantor Kelurahaan Tirtosari, Ponijo salah satu petani menyatakan panen awal dilakukan karena akar tanaman cabai sudah busuk akibat terendam air.

15.30 | Posted in , , , , | Read More »

Wisatawan Padati Taman Pintar

YOGYA (KRjogja.com) - Objek wisata edukasi Taman Pintar di Kota Yogyakarta dipadati wisatawan yang memanfaatkan libur panjang akhir pekan untuk berekreasi.

"Kenaikan jumlah pengunjung sudah terasa sejak Sabtu akhir pekan lalu. Jumlahnya mencapai lebih dari 10.000 orang, dan pada akhir pekan ini jumlah pengunjung diperkirakan bisa lebih dari 10.000 orang," kata Kepala Seksi Humas dan Pemasaran Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Ernie Februaria di Yogyakarta, Jumat (28/5).

Pada Minggu (23/5), jumlah pengunjung di Taman Pintar mencapai 10.500 orang, sedangkan pada Rabu (26/5) jumlahnya mencapai 9.000 orang dan 7.800 pengunjung pada Kamis (27/5). Rata-rata kunjungan wisatawan di Taman Pintar adalah 3.200 orang per hari.

04.58 | Posted in , , , | Read More »

Libur Panjang, Hotel di Yogya Habis Dipesan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Kamar sejumlah hotel kelas bintang empat dan lima di Yogyakarta hingga Kamis umumnya sudah habis dipesan pada libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Waisak 2010. "Setiap libur panjang akhir pekan kamar hotel di Yogyakarta selalu penuh, terutama oleh wisatawan Nusantara," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Istidjab Danunagoro, di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan libur panjang akhir pekan selalu ditunggu para pelaku usaha jasa perhotelan di DIY. Bahkan, kata dia, sebagian besar hotel bintang empat dan lima di Yogyakarta saat ini menolak pesanan kamar untuk digunakan selama libur panjang akhir pekan.

17.03 | Posted in , , , | Read More »

Loundry Masih Gunakan Deterjen Tak Ramah Lingkungan

Harga Lebih Mahal
RADAR JOGJA - Terungkapnya loundry di Kota Jogjakarta yang tak menyalahi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) ternyata disebabkan berbagai masalah. Salah satunya harga deterjen ramah lingkungan yang tak murah. Ini menjadi salah satu hal yang sulit dipenuhi pengusaha loundry.

"Kalau untuk pembuatan pengolahan limbah secara mandiri, seluruh anggota kami sudah memenuhinya. Karena, itu termasuk syarat dari keluarnya izin usaha (HO). Hanya, soal deterjen kami masih sama dengan masyarakat. Belum menggunakan deterjen yang ramah lingkungan," kata Iwan Nugroho, Ketua Asosiasi Loundry Kiloan Jogjakarta (Alkijo), kemarin (25/5).

Dijelaskan Iwan, dari 25 outlet yang dimiliki 20 anggotanya, untuk pengolahan limbah sudah menggunakan sistem sumur resapan. Setiap resapan terdiri dari tiga sumur yakni sumur penyaring, sumur endapan, dan sumur pembuangan. Hasil dari limbah air cucian ini, sama seperti pembuangan limbang rumah tangga.

01.49 | Posted in , , , | Read More »

Main Wayang Kayak Main Playstation...

“Sugeng siang Pak Rektor UNY, Rochmat Wahab,...menika leres mboten nggih ,(selamat siang Pak rektor UNY, Rochmat Wahab...ini benar atau tidak ya namanya)?” Sahutan penonton diiringi gelak tawa pun terdengar,...leres (benar)..!

Begitulah sapaan Adam Gifari (10), dalang cilik asal solo yang juga merupakan putra Raja Dangdut Rhoma Irama saat menunjukkan kebolehannya di Festival Dalang Ciliki UNY, Selasa (25/5).

Tawa penonton begitu renyah dan lepas ketika siswa kelas 4 SD Al-Firdaus Solo ini terus menerus mengeluarkan leluconnya. Alhasil, festival wayang yang biasanya enggan ditonton, justru malah makin dikerumuni massa.

19.36 | Posted in , , , , | Read More »

Muktamar Muhammadiyah, Kota Bebas Gelandangan

YOGYA (KRjogja.com) - Kota Yogyakarta diupayakan bersih dari gelandangan dan pengemis serta anak jalanan, apalagi akan menjadi tuan rumah Muktamar Satu Abad Muhammadiyah pada 3-8 Juli 2010.

"Kami mengintensifkan razia terhadap mereka, yaitu tiga hingga empat kali dalam satu shift tugas," kata Kepala Bidang Polisi Pamong Praja dan Pembinaan Masyarakat Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta Supriyadi Sutrisno, di Yogyakarta, Rabu (26/5).

Menurut Supriyadi razia terhadap gelandangan dan pengemis serta anak jalanan menjelang Muktamar ke-46 Muhammadiyah itu, untuk menjaga citra Kota Yogyakarta, karena akan banyak tamu dari berbagai daerah untuk menghadiri kegiatan akbar tersebut.

17.36 | Posted in , , , | Read More »

PLN Butuh Ribuan Sarjana Baru

Satu cara PLN mendapatkan pegawai baru itu adalah bekerjasama dengan perguruan tinggi
VIVAnews - Pada tahun 2010 ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedikitnya membutuhkan sedikitnya 2.604 karyawan baru dari berbagai disiplin ilmu. Kemudian, tahun 2011 mendatang, PLN membutuhkan 3.000 pegawai baru yang diharapkan adalah sarjana yang baru lulus.

"Kebutuhan pegawai baru pada tahun 2010 dan 2010 yang cukup banyak itu karena pegawai PT PLN saat ini sudah banyak yang pensiun serta untuk memenuhi target di proyek 10 ribu megawatt," kata Deputi Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia PT PLN Jateng dan DIY, Drs. Bayu Widyarto, Ak, usai melakukan proses seleksi mahasiswa baru Program Diploma Teknik Mesin dan Elektro UGM jalur PBU yang akan diproyeksikan menjadi pegawai PT. PLN, Selasa 25 Mei 2010

14.43 | Posted in , , , | Read More »

Shelter Trans Jogja Selesai Juni

YOGYAKARTA(SI) – Pembangunan 36shelter Trans Jogja dipastikan selesai 1 Juni mendatang. Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY menyebutkan pembangunan sheltersudah 92%.Saat ini sudah 19 shelterdioperasikan, meski belum diserahterimakan.

Kemudian, 17 shelter masih dalam tahap penyelesaian akhir. Kepala Unit Pelaksana Teknis PT Trans Jogja pada Dishubkominfo DIY Agus Minang menegaskan, penyelesaian shelter sudah sepakat dengan pemenang tender CV Sarana Makmur pada 1 Juni 2010. “Seminggu lagi (36 shelter) sudah jadi semua. Sebanyak 19 shelter bahkan sudah dioperasikan,” katanya kemarin. Sebagai catatan, pembangunan 36 shelter yang menghabiskan anggaran APBD DIY 2010 sebesar 998 juta ini banyak mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Pembangunan 36 shelter yang harusnya selesai Desember 2009, namun molor sampai sekarang. Inspektorat DIY melakukan pemeriksaan terhadap proyek tersebut dan menemukan sembilan penyimpangan.

05.56 | Posted in , , , | Read More »

Ironi Kemakmuran "Mataram" Modern

Mohamad Final Daeng dan Lukas Adi Prasetyo
Tersebutlah sebuah ramalan kuno dari zaman nenek moyang yang diteruskan turun- temurun di masyarakat Yogyakarta hingga awal abad ke-20. Yogyakarta akan makmur jika Sungai Progo dan Sungai Opak bisa disatukan!

Ramalan tersebut barangkali hanya dianggap dongengan belaka saat itu. Tak lebih dari cerita pengantar tidur bagi setiap bocah kampung yang masih jauh dari kemakmuran.

Sebelum Perang Dunia II, dataran rendah luas di antara kedua sungai besar itu, yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta, merupakan daerah minus. Tanaman pangan hanya bisa diusahakan pada musim hujan. Tak ada harapan jika kemarau datang.

03.17 | Posted in , , , | Read More »

Asiiikk.... Bea Balik Nama dan Sanksi Pajak Kendaraan Digratiskan

YOGYA (KRjogja.com) - Pemerintah Propinsi (Pempop) DIY melalui Kantor Pelayanan Pajak Propinsi DIY, akan menghapus bea balik nama kendaraan serta bunga atau sanksi pajak yang menunggak. Kebijakan ini akan diberlakukan selama 1 tahun mulai tanggal 1 Juni 2010 hingga 31 Mei 2011.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Propinsi DIY, Gamal Suwantoro SH menjelaskan, kebijakan bebas bea balik nama serta bebas sanksi pajak ini merupakan tahun yang kedua. Pertama kali diberlakukan selama 6 bulan di kwartal kedua tahun 2009 lalu.

23.52 | Posted in , , , , | Read More »

Pilkada DIY 2010 : Dua Cabup Siap Adukan Kecurangan

SLEMAN: Peserta Pilkada 2010 di Sleman dan Gunungkidul, siap melaporkan dugaan money politics yang dilakukan pasangan peraih suara terbanyak dalam penghitungan sementara KPUD.

Di Kabupaten Sleman, pasangan dari jalur independen, Bugiakso-Kabul (BK), menuding kemenangan pasangan incumbent, Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu (SP), melakukan sejumlah kecurangan.

"Ini menyangkut hukum pidana maupun melanggar UU No 32/2004 tentang Pilkada. Oleh karena itu, akan kami bawa temuan ini ke ranah hukum, baik KPK, Kejaksaan maupun kepolisian," kata Kuasa Hukum Tim BK, Abdurahman, dalam jumpa pers di RM Ngomah, Ngaglik, Sleman, Selasa (25/5).

19.50 | Posted in , , , | Read More »

Tingkat Golput Pilkada di Yogya di Atas 30%

Ada sekitar 215 ribu lebih pemilih di Bantul ini yang tidak menggunakan hak pilihnya.
VIVAnews -- Pemilihan Kepala Daerah di tiga kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang serentak digelar 23 Mei 2010 lalu, kurang diminati masyarakat.

Angka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pillihnya menurun cukup siginifikan, dibandingkan dengan partisipasi masyarakat dalam pemilu presiden 2009.

"Masyarakat yang menggunakan hak pilih dalam Pemilukada 23 Mei 2010 yang lalu mencapai 69,64% atau pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya mencapai 30,36%," ujar anggota KPU Kabupaten Bantul, DIY, Nurudin Latief, Selasa 25 Mei 2010.

16.24 | Posted in , , , | Read More »

Garuda Minta Maaf, Tindakan Dilakukan untuk Keselamatan

Garuda Indonesia memberikan penjelasan terkait pesawat GA 214 tujuan Yogyakarta yang kembali mendarat di Bandara Soekarno-Hatta setelah sempat mengangkasa. Garuda beralasan tindakan itu dilakukan untuk keselamatan penumpang.

"Kita minta maaf ini untuk safety first. Saat pesawat berangkat, pilot melihat ada indikator lampu yang masih menyala. Langkah yang tepat dilakukan, dari pada dilanjutkan penerbangan," kata juru bicara Garuda, Pujobroto saat dihubungi detikcom, Senin (24/5/2010).

05.17 | Posted in , , , | Read More »

Kuota KMS SMA Turun Jadi 5 Persen

Dialihkan Ke SMK
RADAR JOGJA - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Jogjakarta akhirnya memutuskan penurunan kuota bagi siswa pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, pemegang KMS hanya diberikan kuota lima persen untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri. Turun lima persen dari jumlah tahun lalu sebesar 10 persen.

"Kajian ini juga berdasarkan dari minat siswa pemegang KMS yang lebih besar melanjutkan ke tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Maka, kami menambah kuota pemegang KMS di SMK menjadi 25 persen. Naik lima persen," kata Kepala Dindik Kota Jogjakarta Drs Syamsyuri, kemarin di kompleks balai kota.

00.34 | Posted in , , , , | Read More »

PT Pos Indonesia Luncurkan Prangko Piala Dunia 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Menyambut perhelatan Piala Dunia 2010, PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Yogyakarta merilis 10.000 Prangko seri Piala Dunia FIFA Afrika Selatan 2010 dan 25.000 Booklet Prangko Piala Dunia 2010. Prangko dan Booklet yang tersedia sejak 14 Mei 2010 ini dijual dengan harga Rp.6.000 yang telah didistribusikan di 44 kantor cabang PT.Pos Indonesia Kota Yogyakarta.

"Prangko dan booklet ini konsepnya memang sengaja dirancang untuk memperkenalkan event sepak bola dunia yang empat tahun sekali sekaligus memasyarakatkan kembali prangko," ujar Manager Financial Service PT Pos Indonesia Kota Yogyakarta, Teddy Eko P, Senin (24/5).

18.47 | Posted in , , , | Read More »

Pemilukada DIY 2010 : Berharap Bupati Terpilih Nguri-nguri Budaya

Kanthi nyebut asmanipun Gusti Allah, kulo Prasetyo
Bilih kulo
Badhe nindakaken jejibahan lan kewajiban kulo
Minongko anggota KPPS lan petugas keamanan TPS
Kanthi sak sae-saenipun
Selaras kaliyan aturan perundang-undangan
Kanti linambaran Pancasila
Lan UUD RI tahun sewu sangangatus kawan doso gangsal


Alunan gending Jawa sayup-sayup terdengar di sebuah joglo asri yang berlokasi di pemukiman padat penduduk di Dusun Ngropoh, Condongcatur, Depok. Pada sebuah gang kecil di depan bangunan yang sering disebut dengan nama Joglo Sumowiharjan tersebut tampak beberapa warga yang hilir mudik.

Beberapa di antaranya menyempatkan diri singgah ke tempat itu sambil menggenggam kertas berlipat dalam ukuran kecil. Sesampainya di joglo, tamu tersebut disambut dengan senyum seorang yang berada di depan akses masuk joglo.

15.40 | Posted in , , | Read More »

SMAN 4 Yogyakarta Buka Kelas Olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Yogyakarta dipastikan akan membuka satu kelas khusus olahraga pada pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2010/2011.

"Dua tahun lalu, SMP Negeri 13 Yogyakarta telah membuka satu kelas khusus olahraga dan hasilnya cukup baik, yaitu bisa menjadi juara pada kompetisi sepak bola Liga Pendidikan Indonesia, sehingga kelas yang sama juga dibuka di SMA 4 Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Syamsury di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kelas olahraga di SMA Negeri 4 Yogyakarta tersebut akan diisi oleh 36 siswa dengan sistem seleksi yang cukup ketat. Namun demikian, lanjut dia, konsentrasi cabang olahraga yang akan diajarkan kepada siswa di kelas tersebut tidak hanya terfokus pada sepak bola, tetapi juga disesuaikan dengan kemampuan olahraga dari masing-masing siswa.

04.58 | Posted in , , , , | Read More »

Yogyakarta Jaring Peneliti Muda

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan prestasi penelitian pelajar, mulai tahun ini, Kota Yogyakarta menjaring peneliti muda dari berbagai SMA/MA. Untuk angkatan pertama, sebanyak 80 pelajar SMA/MA yang aktif meneliti di sekolah dibina secara khusus. Hasil penelitian mereka akan diajukan dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2010 tingkat nasional pada Juni mendatang.

Dari 80 pelajar tersebut, saat ini telah dihasilkan 69 judul penelitian dari tiga bidang ilmu yaitu humaniora, ilmu pengetahuan alam, serta bidang matematika, teknik, dan komputer. Hasil-hasil penelitian ini dilombakan dalam Lomba Karya Ilmiah Siswa (LKIS) SMA/MA 2010 Yogyakarta pada Sabtu (22/5/2010).

23.59 | Posted in , , | Read More »

Pemilukada DIY 2010 : PAN Sapu Bersih

YOGYAKARTA(SI) – Jago-jago Partai Amanat Nasional (PAN) sementara unggul pada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) di Sleman,Bantul dan Gunungkidul yang digelar serentak kemarin.Calon PAN di tiga daerah itu berisikan incumbent.

Berdasarkan real count KPU Sleman pukul 21.00 WIB,pasangan Sri Purnomo-Yuni Satia Rahayu yang diusung PDIP, PAN, dan Gerindra meraih 15.935 atau 36,48% suara. Di Bantul, pasangan Sri Suryawidati-Sumarno PAN, Golkar, PKPB meraih 68,90% suara. Sementara di Gunungkidul, pasangan Sumpeno Putro- Badingah yang diusung PAN dan didukung PKS meraih 146.837 atau 36,03% suara. Sri Purnomo merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sleman, sedang Sumarno dan Badingah saat ini masih menjabat sebagai wakil bupati. Hasil sementara pilkada di tiga daerah tersebut selengkapnya lihat grafis. Ketua DPW PAN DIY Imawan Wahyudi mengatakan, kemenangan PAN di tiga kabupaten adalah buah dari kerja keras semua pihak, mulai pasangan calon, partai pengusung dan elemen pendukung.

18.50 | Posted in , , , | Read More »

SNMPTN 2010

snmptn2010

SNMPTN 2010


Diikuti oleh 57 Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indnesia
Tidak perlu menunggu ijazah terbit untuk mendaftar sebagai peserta SNMPTN 2010

Ujian Seleksi nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 akan diselenggarakan dengan ketentuan sebagai berikut :

Persyaratan


Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010

Cara Pendaftaran


Cara pendaftarab SNMPTN dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dari manapun. Tutorial tatacara pendaftaran dapat diunduh (download) di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id

16.13 | Posted in , , | Read More »

Berwisata Sambil Mengenal Sejarah Indonesia di Vredeburg

Banyak alternatif dalam mengisi hari libur anda dan keluarga. Salah satunya dengan mengunjungi Museum Benteng Yogyakarta atau lebih dikenal dengan nama Benteng Vredeburg. Tidak ada salahnya memilih museum sebagai tujuan wisata, selain dapat bersantai dan menikmati arsitektur khas Belanda, diharapkan generasi saat ini tidak melupakan catatan panjang sejarah bangsanya.

Benteng Vredeburg merupakan saksi perjalanan sejarah di Jogja. Dibangun pada tahun 1760, awalnya bangunan yang dibuat dengan tujuan agar pihak Belanda dapat mengawasi segala perkembangan yang terjadi di dalam Keraton ini bernama Rustenburg yang memiliki arti Benteng Peristirahatan. Berubah nama menjadi benteng Vredeburg yang berarti benteng perdamaian merupakan manifestasi dari keadaan politik kasultanan dengan pihak Belanda yang berjanji tidak saling menyerang pasca gempa bumi hebat pada 1867.

04.48 | Posted in , , , , | Read More »

Pilkada Bantul 2010 : Unggul Sementara, Pendukung Idaman Gundul


BANTUL (KRjogja.com) - Keunggulan sementara pasangan Hj Sri Suryawidati-Drs Sumarno Prs (Idaman) dalam Pemilukada Bantul 2010, langsung disambut meriah pendukungnya. Selain menggelar syukuran, puluhan kader PDIP dan relawan merelakan rambut mereka dicukur gundul.

Di Perumahan Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul misalnya. Sekitar 30 orang dicukur gundul oleh dua orang tukang potong rambut. Wahib, pendukung Idaman yang rambutnya digunduli, mengatakan, dirinya merasa puas dengan kemenangan pasangan yang didukung oleh Koalisi Idaman Projotamansari (KIP) ini.

"Ikut mensyukuri kemenangan yang telah dicapai, kami berharap Idaman tidak lupa dengan rakyat kecil," ujarnya kepada KRjogja.com, Minggu (23/5).

02.12 | Posted in , , | Read More »

Yogyakarta, Tuan Rumah Konferensi Asia-Eropa

Diharapkan menghasilkan rekomendasi kerja sama internasional di Asia dan Eropa.
VIVAnews - Yogyakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara Asia dan Eropa (ASEM) pada 26-27 Mei mendatang. Agenda utamanya adalah masa depan kerjasama Asia-Eropa dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Beberapa topik akan dibahas dalam forum ASEM kedua tersebut, antara lain rencana kerjasama negara-negara anggota di bidang pembangunan berkelanjutan, kebijakan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan penggunaan karbon.

16.33 | Posted in , , , , | Read More »

KPU Sleman Tak Gunakan Quick Count

SLEMAN: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman tidak akan melaksanakan perhitungan elektronik atau quick count dalam Pemilukada. KPU akan menggunakan berita acara dari tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dikirim langsung oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Anggota KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggaraan Hamdan Kurniawan mengungkapkan proses penghitungan suara dengan cepat dalam pilkada ditiadakan. Pasalnya KPU memiliki keterbatasan anggaran sehingga tidak memungkinkan menganggarkan quick count maupun real time count seperti pada Pileg lalu.

“Kami tidak akan menggunakan quick count karena memang tidak ada anggaran untuk itu, kami akan menggunakan berita acara dari tingkat PPK,” kata Hamdan kepada Harian Jogja, Jumat (21/5).

04.44 | Posted in , , , | Read More »

Waspadai Bisnis Franchise Aspal

YOGYAKARTA (SI) - Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar menghimbau masyarakat untuk lebih berhatihati jika ingin bergabung dalam bisnis franchise atau waralaba.

Pasalnya, akhir-akhir ini marak franchisor asli tapi palsu (aspal).Yang dimaksud dengan franchisor aspal adalah pelaku usaha yang menawarkan bisnis waralaba tapi jenis usaha yang ditawarkan tidak profesional. “Untuk bisa menjadi franchise itu ada aturannya, perlu waktu dan memiliki neraca keuangan selama beberapa tahun dalam kondisi yang baik,” katanya kepada saat pembukaan pameran AFI 2010 di Gedung Mandala Bhakti Wanita Tama,Yogyakarta,kemarin.

19.23 | Posted in , , , , | Read More »

Petani Berharap Bantuan Berupa Benih

BANTUL, Kompas.com — Petani bawang merah yang lahannya terendam air berharap bantuan yang akan dikucurkan pemerintah berupa benih. Pasalnya, rendaman telah membuat puluhan hektar gagal panen sehingga pasokan benih akan sulit. Kalaupun ada, harganya pasti melambung.

Susi Winarti, salah seorang petani bawang merah di Parangtritis, Jumat (21/5/2010), mengatakan, bantuan benih sangat penting karena bawang merahnya gagal panen. "Umurnya baru 25 hari sehingga tidak mungkin saya panen. Untuk sementara, lahan saya diamkan dulu sampai Juli, baru kemudian saya tanami bawang merah," katanya.

16.40 | Posted in , , , | Read More »

Sultan : Hindari Money Politic Pemilukada

YOGYA (KRjogja.com) - Menjelang pelaksanaan Pemilukada pada tiga kabupatan di DIY, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengharapkan masyarakat agar bisa menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, tanpa terpengaruh adanya money politic (politik uang. red). Pasalnya, hal tersebut justru akan menimbulkan suasana tidak kondusif dalam proses hajat lima tahunan tingkat kabupaten tersebut.

"Harapan saya bagi masyarakat di 3 kabupaten tersebut bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik. Kalau memang saatnya minggu tenang, ya minggu tenang. Dalam arti hindari money politic tidak sehat yang hanya akan menimbulkan keresahan masyarakat dalam menentukan hak pilihnya," ujar Sultan di Komplek Kepatihan, Jumat (21/5).

04.28 | Posted in , , , , | Read More »

Pilkada Bantul 2010 : Masa Tenang Pilkada, Bantul diwarnai Atribut

BANTUL: Ratusan atribut tiga pasang calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) masih terpasang di sejumlah ruas jalan pada masa tenang menjelang hari H Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bantul.Pantauan Harian Jogja menunjukkan atribut pasangan calon Sri Suryawidati-Sumarno (Idaman) terpasang di Jalan Bantul, akses menuju Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Jembatan di sekitar Pasar Niten.

Adapun, atribut pasangan Sukardiyono-Darmawan Manaf (Sukadarma) terpasang di Jalan Samas, Perempatan Dongkelan, Jalan Bantul. Sedangkan, atribut pasangan Kardono-Ibnu Kadarmanto terlihat di Perempatan Dongkelan dan Jalan Samas.
Dari ribuan semua jenis atribut calon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menertibakan 50 spanduk pada Rabu (19/5). Ketua KPU Bantul Budi Wiryawan mengatakan penertiban atribut telah dilakukan pada hari tenang.

21.40 | Posted in , | Read More »

Peringati Harkitnas, Mahasiswa Yogya Aksi Jalan Mundur

Detik News - Ratusan mahasiswa dari berbagai organisasi di Yogyakarta menggelar aksi demo memperingati Hari Kebangkitan Nasional (harkitnas) ke 102. Salah satu peserta aksi melakukan aksi jalan mundur di kawasan Malioboro sebagai ungkapan rasa ketidakpuasan terhadap pemerintah.

Aksi demo dipusatkan di kawasan, Bundaran kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Malioboro dan Gedung DPRD DIY, Kamis (21/5/2010). Aksi itu di antaranya digelar oleh anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UGM, Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Yogyakarta dan Garakan Mahasiswa Peduli Negeri (Gempur). Massa Gempur merupakan aksi gabungan aktivis PMKRI Yogya, GMNI Yogya, HMI Yogyakarta, HMI Bulaksumur dan PMII Sleman.

17.46 | Posted in , , , , , | Read More »

Fungsi Terminal Giwangan Ditambah

YOGYAKARTA(SI) – Kawasan Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) Giwangan akan diperkaya kefungsiannya.Tidak sekadar tempat perpindahan antarmoda transportasi,di tempat itu juga akan dibangun tempat bermain anak-anak yang mendidik. “Pengembangan ke depan, fungsinya diperkaya.

Misalnya membuat wahana negeri anak atau semacam tempat bermain anakanak,” kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto kepada wartawan di sela-sela kunjungannya ke TPY Giwangan kemarin. Menurutnya, tanah kosong di sisi selatan Terminal Giwangan bisa digunakan sebagai tempat bermain bagi anak-anak.

06.37 | Posted in , , , | Read More »

Harkitnas - Mahasiswa UGM Tuntut Penyelesaian Kasus Century

YOGYA (KRjogja.com) - Puluhan massa mahasiswa yang tergabung dalam BEM KM UGM melakukan unjuk rasa di kantor DPRD DIY, Kamis (20/5). Dalam aksi yang bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ini, massa menuntut penyelesaian kasus Bank Century, yang hingga kini masih terkatung-katung.

Menurut Koordinator Lapangan, Iqbal Muharram, selama 12 tahun reformasi, bangsa Indonesia belum keluar dari jeratan berbagai krisis yang melanda. Masalah jati diri bangsa, degradasi moral, sampai masalah kemiskinan dan kesenjangan hukum saat ini masih saja terjadi. "Ini menandakan bahwa perjuangan 12 tahun yang dimulai tahun 98 dengan mengorbankan nyawa beberapa mahasiswa di Jakarta, sampai saat ini belum menemukan jawabannya," ujarnya.

00.09 | Posted in , , , , | Read More »

Pilkada Sleman 2010 : Gerilya Timses dimulai

SLEMAN: Pertarungan antar kandidat yang sesungguhnya bakal terjadi menjelang detik-detik akhir pencoblosan. Pencitraan yang telah dibangun selama kampanye masih memerlukan alat politik yang jitu, sehingga bisa dipertahankan hingga pemilihan. Bahkan, pembangunan citra itu terkadang berujung politik uang yang kerap disebut serangan fajar.

Direktur Eksekutif, Institute for Research and Empowerment (IRE) Jogja Arie Sujito menilai para kandidat seharusnya menegaskan sikap untuk tidak akan melakukan politik uang. "Mempertahankan citra itu memang tidak gampang karena tim sukses sering memanfaatkan hari-hari terakhir menjelang pencoblosan dengan serangan fajar," ujar dia kepada Harian Jogja, Rabu (19/5).

22.19 | Posted in , , , , | Read More »

Polisi Didesak Usut Kasus Kekerasan pada Wartawan

Liputan6.com, Gunungkidul: Puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Gunungkidul mendatangi Kepolisian Resor Gunungkidul, Daerah Istimewa, Yogyakarta, Rabu (19/5). Mereka mendesak polisi mengusut tuntas pelaku yang melakukan aksi kekerasan terhadap wartawan.

Aksi kekerasan itu dialami tiga wartawan masing masing Erwin Hidayat dari Metro TV, Didit Lukas Purnomo dari MNC Groups dan Arif Fuad Hidayah dari SCTV saat meliput demo penuntutan kasus korupsi Bupati Gunungkidul. Salah seorang wartawan itu sempat kena pukulan dari salah seorang kelompok pemuda yang hendak membubarkan demo tersebut.

15.02 | Posted in , , , | Read More »

Wacana Pembentukan Negara Islam Jangan Dilebih-Lebihkan

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Wacana para teroris untuk membentuk negara Islam tak usah dilebih-lebihkan. Sebab, Indonesia dianggap masih aman dan kemungkinan niatan mendirikan sebuah negara Islam, masih kecil. "Kalau orang membicarakan itu kan hanya kewaspadaan. Itu isu yang tak produktif," kata Wakil Ketua Badan Intelejen Negara (BIN), As'ad Said Ali usai memaparkan pidato sebagai pembicara kunci di sarasehan nasional hari kebangkitan nasional dan hari lahir pancasila, nasionalisme dan pembangunan karakter bangsa di Balai Senat Gedung Pusat Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM), Rabu (19/5).

07.43 | Posted in , , , , , | Read More »

Sejumlah SD Langgar Pembangunan Kelas

BANTUL, KOMPAS.com - Komisi C DPRD II Bantul mensinyalir sejumlah SD telah melanggar aturan main pembangunan ruang kelas. Pembangunan yang seharusnya dikerjakan secara swakelola itu justru diserahkan kepada pihak ketiga. Akibatnya kualitas bangunan tidak sesuai dengan jumlah anggaran yang disediakan.

Ary Dewanto, anggota komisi C saat mensidak gedung SD Brajan Pleret, Rabu (19/5/2010) mengatakan, informasi pelanggaran tersebut sudah sampai ke komisi pemberantasan korupsi dan kepolisian DI Yogyakarta. "Informasi di luar sudah begitu santer soal pelanggaran aturan. Makanya kami langsung cek ke sini," katanya.

01.19 | Posted in , , , | Read More »

Kemendiknas Akan Perketat Pemilihan Percetakan Soal UN

YOGYA (KRjogja.com) - Dari puluhan percetakan di Indonesia yang mencetak soal Ujian Nasional (UN), enam diantaranya bermasalah, diantaranya tidak mencetak soal ujian dengan baik dan benar. Bahkan ada satu dari percetakan yang terbukti sengaja melakukan pembocoran soal UN.

"Saya tidak hafal mana-mana saja, namun ada satu di Medan yang oknum percetakannya terbukti membocorkan soal ujian, sehingga di dua sekolah, UN terpaksa diulang. Ini sudah disidik oleh Polisi," ujar Wamendiknas Fasli Jalal usai menjadi keynote speaker seminar di UNY.

Ia menjelaskan, keenam percetakan tersebut kini sudah di daftar-hitamkan. Ke depan, ia mengaku, akan meningkatkan pengawasan pemilihan percetaka oleh masing-masing daerah.

22.14 | Posted in , , , , | Read More »

Cair, Rapel Kenaikan Gaji PNS Pemkab Sleman

Total Dana Rp 7,5 M, Dewan Minta Peningkatan Kinerja
SLEMAN- Sebanyak 13 ribu orang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, boleh berbahagia. Mereka menarima rapelan kenaikan gaji tahun 2010 yang sempat tersendat selama 4 bulan. Untuk membayar rapelan kenaikan gaji PNS antara Januari-April itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar.

"Untuk kenaikan bulan Mei sudah dimasukkan dalam gaji," jelas Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Sleman Samsidi kepada wartawan, kemarin (18/5).

Menurut Samsidi, kenaikan gaji yang diterima PNS disesuaikan dengan golongan masing-masing. Rata-rata rapelan kenaikan gaji yang diterimakan kepada tiap PNS, sebesar Rp 500 ribu. Ada juga yang menerima Rp 400 ribu/orang. Namun ada juga yang menerima Rp 600 ribu/orang.

20.07 | Posted in , , , , | Read More »

Pengawasan Lebih Longgar


SLEMAN: Ujian Akhir Nasional (UAN) ulangan bagi siswa SMP di DIY yang tidak lulus bakal dilaksanakan mulai hari ini.

Di Sleman, sebanyak 3.007 siswa akan mengikuti ujian ulangan hingga Kamis (20/5). Pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sleman menyatakan pengawasan akan diperlonggar dengan tujuan siswa tidak tegang.

Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Disdikpora Sleman Sita Permatasari mengimbau siswa agar mengikuti ujian dengan serius untuk mencapai kelulusan.

13.27 | Posted in , , , | Read More »

Kongres AS Belajar Pluralisme di Yogyakarta

Yogyakarta - Lima orang wakil Kongres Amerika Serikat (AS) berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ummah, Kotagede, Yogyakarta. Komisi Kebebasan Beragama International yang didirikan Kongres AS ini ingin mengetahui kerukunan dan keberagaman kehidupan beragama di Yogyakarta.

Dalam lawatan selama satu hari itu, selain mengunjungi Ponpes Nurul Ummah di Kelurahan Prenggan Kotagede, rombongan juga bertemu dengan Gubernur Provinsi DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X di kantor di Kepatihan Yogyakarta.

Di Ponpres Nurul Ummah, rombongan langsung ditemui pengasuh KH Abdul Muhaimin bersama sejumlah pengurus dan pemuka agama lainnya. Dalam kunjungan selama 1,5 jam mereka tampak senang dan antusias menanyakan berbagai hal terutama masalah kerukunan beragama. Mereka diterima pengurus ponpes dengan duduk secara lesehan bersama-sama.

07.28 | Posted in , , , , | Read More »

Sat Pol PP Sleman Kembali Giatkan Razia Salon

SLEMAN (KRjogja.com) - Selama dua hari berturut-turut petugas Sat Pol PP Kabupaten Sleman merazia keberadaan salon yang diduga disalahgunakan fungsinya di wilayah Sleman. Namun, dari operasi yang dilakukan, petugas masih belum bisa menemukan sejumlah salon yang diduga sebagai tempat mesum.

Hari ini (18/5), razia salon dan panti pijat dilakukan di lima tempat yang berada di tiga kecamatan berbeda, yakni Mlati, Depok dan Kalasan. "Banyak warga yang merasa resah dengan keberadaan salon dan panti pijat yang diduga mesum. Mereka ada yang melapor ke kami dan kami coba terus menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut," terang Kasi Penegakan Perundang-undangan PPNS Kabupaten Sleman, Ign Sunarto di sela razia.

03.25 | Posted in , , , , | Read More »

20 Kamar, Khusus Bagi Si Miskin

Pengembangan RS PKU Muhammadiyah Bantul Telan Dana Rp 2,8 Miliar
BANTUL - Sebagaimana yang dijadwalkan, kemarin (17/5), Duta Besar Saudi Arabia untuk Republik Indonesia (RI) Abdurrahman Amen Al Khayyat, meresmikan gedung RS PKU Muhammadiyah Bantul. Pembangunan gedung tambahan berlantai 3 yang merupakan bantuan dari masyarakat Saudi Arabia (The Saudi Charity Campaign) itu menelan dana Rp 2,8 miliar.

Dubes Saudi Arabia untuk RI Abdurrahman Amen Al Khayyat meminta kepada pengelola RSU PKU Muhammadiyah Bantul agar memberikan pelayanan terbaik bagi umat manusia, terutama umat muslim. Ia berpesan, jangan sampai rumah sakit yang didirikan umat islam hanya digunakan untuk mencari keuntungan, tapi meninggalkan unsur kemanusiaan.

20.34 | Posted in , , , , | Read More »

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented