Imaba UGM Bikin Hari Khusus Berbahasa Arab

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Ikatan Mahasiswa Asia Barat Universitas Gadjah Mada (Imaba UGM) Yogyakarta menggelar acara khusus guna memperkenalkan budaya Arab di kalangan mahasiswa.
Sekretaris Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya UGM Abdul Jawat Nur mengatakan, acara bertajuk Al-Ayyam Al-Arabiyyah atau Arabic Days tersebut diharapkan mampu menambah semangat belajar Bahasa Arab para mahasiswa.

“Arabic Days ini digelar selama dua hari, hari ini (Rabu, 16 November) dan Sabtu (19/11) besok,” ujar Abdul Jawat saat membuka acara Arabic Days di Kampus UGM Yogyakarta, Rabu (16/11).

Abdul Jawat melanjutkan, Arabic Days yang merupakan agenda tahunan Imaba bakal menyajikan sejumlah mata acara. Di antaranya yaitu lomba pidato bahasa Arab, lomba kaligrafi, bazar, dan juga lomba makan khosali (makanan khas Arab).

Sementara pada Sabtu (19/11) besok akan diadakan kegiatan bertema Lailah fi Iskandariah yang di dalamnya terdapat lomba fashion show dan berbagai penampilan kesenian khas Timur Tengah.

“Sabtu besok puncak acaranya,” kata Abdul Jawat

Kecuali memberikan motivasi belajar Bahasa Arab di kalangan mahasiswa, kata Abdul Jawat, Arabic Days juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi para siswa yang terlibat di masing-masing mata acara. Berbagai perlombaan seperti pidato bahasa Arab, kaligrafi, dan fashion show memang melibatkan peserta yang berasal dari para siswa SMA/MA se-DIY.

Kecuali lomba-lomba, Arabic Days dimeriahkan dengan arena bazar dengan berbagai stand, mulai dari stand Henna, stand foto dekorasi khas Timur Tengah, stand makanan Arab, dan stand Sisha.

Lomba makan khosali, makanan dengan rasa sangat pedas, menambah ramai kegiatan dan menyedot perhatian seluruh civitas akademika di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya UGM Ida Rochani yang datang melihat langsung stand-stand pameran memberikan apresiasi atas acara kreatif mahasiswa Sastra Asia Barat tersebut.

“Selain memberi manfaat ke luar, semoga acara Arabic Days ini dapat membuat mahasiswa bangga akan jurusannya,” ujar Ida.

Sementara itu, dua perlombaan yang dipertandingkan hari ini adalah lomba pidato bahasa Arab dan kaligrafi. Para peserta saling menunjukkan kemampuan pidato dan berbagai kreatifitas yang mereka dapatkan selama belajar di bangku sekolah.

Perlombaan memperebutkan hadiah berupa trofi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan trofi Wali Kota Yogyakarta serta sejumlah uang pembinaan.

Panitia acara merencanakan acara yang lebih besar untuk tahun depan dengan mengikutkan sejumlah partisipan perlombaan dari berbagai SMA/MA se-Jawa dan universitas-universitas di Indonesia.

Sumber : Republika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor