|

Sri Sultan Buka Sekaten Tahun Wawu 1945

YOGYA (KRjogja.com) - Pasar Malam Perayaan Sekaten Tahun Wawu 1945 (2011-2012) sore ini dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara yang digelar di Alun-Alun Utara Yogyakarta ini akan berlangsung hingga tanggal 5 Februari mendatang.

Dalam sambutannya gubernur berharap ajang sekaten yang kedua di tahun 2011 ini dapat menciptakan harmoni antar beberapa sektor, diantaranya ekonomi, budaya, dan religi. Dalam kehidupan sehari-hari, ketiga hal ini sebenarnya telah terwujud dan tergambar lewat keberadaan Masjid Gedhe sebagai pusat religi, kraton sebagai pusat budaya, dan Pasar Beringharjo sebagai pusat ekonomi.

"Ketiganya bertemu di ruang publik Alun-Alun Utara, tempat diselenggarakannya sekaten. Karena itu, tema Harmoni Ekonomi Budaya dan Religi diangkat, untuk mengingatkan kita terhadap akar dan jati diri bangsa," ujarnya, Rabu (28/12).

Sultan juga mengimbau warga Yogya untuk dapat bersama-sama membangun nilai, dengan menegakkan aturan. Selain itu, warga Yogya juga harus dapat melestarikan nilai budaya yang masih relevan, yang bisa terus digunakan.

"Yang telah usang cukup dimasukkan ke museum, tetapi harus tetap dikenang sebagai budaya bangsa," imbuhnya.

Sementara Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menerangkan, sejarah sekaten adalah sejarah syiar dan penyebaran agama islam oleh Sunan Kalijogo. Proses penyebaran Islam dilakukan secara damai dan harmonis dalam balutan kebudayaan bangsa yang sudah ada.

"Masyarakat tidak merasa tercabut dari akar budaya, tapi menyatu dalam harmoni dan budaya. Saat ini sekaten sebagai bentuk kegiatan masal, diharapkan tetap bisa menjadi event promosi wisata dan penguatan ekonomi rakyat yang senantiasa diperingati tiap tahun," ujarnya.

PMPS kali ini diisi oleh berbagai pertunjukan, diantaranya pentas musik religi, keroncong, wayang, ketoprak, hingga pengajian umum di Masjid Gede tiap Jumat malam. Guna lebih mengairahkan transaksi ekonomi, kali ini pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk area PMPS. (Den)

Sumber Berita : Krjogja.com
Sumber Foto : http://ringankokoh.wordpress.com

Posted by Wawan Kurniawan on 20.16. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels