Monjali : Sehari Tembus 3000 Pengunjung

SLEMAN- Musim liburan menjadi menjadi berkah para pelaku usaha pariwisata. Dampaknya, kunjungan wisatawan di objek wisata juga meningkat. Salah satu objek wisata yang mendapat berkah ini adalah Monumen Jogja Kembali (Monjali). Objek wisata yang berada di Ring Road Utara ini kebanjiran pengunjung saat musim liburan ini. Terutama siswa sekolah.


“Peningkatan jumlah pengunjung cukup tajam dibanding hari biasa. Musim libur kali ini, per hari bisa mencapai 3 ribu pengunjung,” ujar pengelola Monjali Yudi Pranowo, kepada wartawan, kemarin (28/6).
Kendati meningkat, dibanding bulan yang sama tahun lalu jumlahnya masih lebih rendah. Bahkan, bisa dikatakan mengalami penurunan. Yudi mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab penurunan pengunjung. ”Bulan Juni tahun lalu total pengunjung mencapai 181 ribu orang, sekarang baru 138 ribu orang,” lanjut Yudi.

01.56 | Posted in , , , , | Read More »

Prabukusumo: Saat Kampanye Pilpres, SBY Dukung Keistimewaan DIY

YOGYAKARTA--MICOM: Salah satu pengageng Keraton Yogyakarta yang pernah memimpin Partai Demokrat DIY Gusti Bandoro Pangeran Hario (GBPH) Prabukusumo mengungkapkan, saat kampanye pemilihan presiden 2009 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan tetap mendukung keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Rekaman suara SBY saat berkampanye di Alun Alun Utara tersebut kini dipegang oleh Prabukusumo dan akan digandakan serta disebarluaskan.


"Dalam rekaman itu, berisi ajakan SBY untuk mempertahankan keistimewaan DIY di depan puluhan ribu massa kampanye. Ajakan itu langsung disambut antusias dan kata setuju oleh massa peserta kampanye," ungkap Mas Prabu, sapaan akrab Prabukusumo, Selasa (28/6).


16.11 | Posted in , , , , , | Read More »

Gawat! Banyak Anak Korban Pelecehan Belum Terlindungi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Banyak anak yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual belum mendapat perlindungan optimal, kata psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Endang Ekowarni. "Pekerjaan anak adalah bermain, tetapi kenyataan di Indonesia banyak di antara mereka yang diajak bekerja dan dijual sebagai komoditas seksual," katanya dalam diskusi Kajian Ilmiah Perkembangan Anak, di Yogyakarta, Selasa (28/6).


Ia mengatakan trauma psikologi pada anak-anak yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual sulit dihilangkan dari ingatan anak, sepanjang pelaku masih berada dan tinggal tidak jauh dari lingkungan si anak. "Ada rasa takut, karena pelakunya adalah orang dekat, sebelah rumah atau serumah. Jadi pelaku kekerasan seksual pada anak diharuskan keluar dari lingkungan si anak agar tidak menimbulkan rasa trauma," katanya.

02.17 | Posted in , , , , | Read More »

Tanggal 2 Juli 2011, RSA UGM Gelar Operasi Katarak Gratis

YOGYA (KRjogja.com) - Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM di Kronggahan, Trihanggo, Gamping menggelar program pengabdian masyarakat. Salah satunya, operasi katarak gratis bagi 30 penderita pada tanggal 2 Juli mendatang.


Ketua panitia program pengabdian masyarakat RSA UGM, dr Siswanto mengungkapkan, dipilihnya operasi katarak ini karena biaya yang sering tidak terjangkau oleh penderita. "Biaya operasinya itu mahal, sesuai dengan stadium dan metodenya," ungkapnya dalam jumpa pers di RSA UGM, Gamping, Senin (27/6).


Selain itu, jumlah penderita katarak di Indonesia juga tergolong tinggi. Padahal, penyakit ini sangat rentan mengakibatkan kebutaan. "Saat hari pertama pendaftaran kemarin, pendaftarnya sangat banyak. Namun, kami batasi untuk 30 penderita dulu," imbuh Siswanto.

16.17 | Posted in , , , , , | Read More »

Delapan Seniman Dapat Maskot Emas

Sri Sultan mengritik saat ini banyak pertunjukan karya seni yang vulgar dan miskin kreasi.


VIVAnews - Festival Kesenian Yogyakarta XXII 2011 dibuka dengan meniup 5.000 peluit bambu oleh pengunjung yang yang terbuat dari bambu di Plengkung Gading, pintu gerbang belakang komplek Kraton Yogyakarta, Minggu.


FKY dibuka oleh Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan memberikan maskot emas kepada delapan seniman. Diantaranya, Kartika Affandi, Bondan Nusantara, Nasirun, Hari Leo, Whani Darmawan, Pardiman Djojonegoro, Ki Catur Beyek Kuncoro, dan Anter Asmorotejo.


Sultan kemudian mengingatkan agar kehidupan masyarakat diisi dengan budaya progresif yang dikuasai oleh nilai-nilai pengetahuan teknologi dan ekonomi.


"Menurut budayawan Umar Kayam, membangun wadah seni yang ideal tidak bisa dipisahkan dari sistem kekuasaan yang demokratis," ujarnya.

01.52 | Posted in , , , , , | Read More »

Masuk SMA dan SMK Kian Ketat

YOGYAKARTA– Persaingan penerimaan peserta didik baru (PPDB) reguler SMA/SMK di Kota Yogyakarta yang dimulai hari ini diprediksikan berlangsung sangat ketat.


Kondisi ini dikarenakan proses tersebut tidak hanya diikuti oleh calon siswa dari Kota Yogyakarta, tapi juga oleh ribuah calon peserta seleksi yang berasal dari luar kota. Hasil pendataan calon peserta seleksi yang berasal dari luar kota, baik di DIY maupun luar provinsi yang ditutup pada Sabtu (25/6) lalu, ada sekitar 4.000 orang calon siswa yang ingin bersekolah di Kota Yogyakarta.


”Yang berasal dari luar provinsi ada611orang,termasuk15diantaranya merupakan siswa yang dinyatakan telah lulus pada 2010 lalu,” tutur Kepala Seksi Data dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Priyo Sambodo,baru-baru ini. Peserta dari luar DIY sebagian besar berasal dari Jawa Tengah. Sementara calon peserta seleksi yang berasal dari sekolah di empat kabupaten di DIY jumlahnya 3.333 orang.

21.10 | Posted in , , , , | Read More »

21 Tim Berlaga di Kontes Muatan Roket Indonesia

Yogyakarta - Sebanyak 21 tim dari 23 tim dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia hari ini mengikuti Kontes Muatan Roket Indonesia (Komunrindo) 2011 di Pantai Pandansimo, Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. 23 tim yang dinyatakan lolos verifikasi oleh tim juri itu berhak mengikuti peluncuran roket di Pantai Pandansimo.


Namun pada saat uji peluncuran, dua tim yaitu tim roket yang mengundurkan diri. Kedua tim mengalami kerusakan radio frekuensi (rs) akibat terbakar pada saat proses integrasi. Pada saat dilakukan ujicoba peluncuran, ribuan warga datang silih berganti menyaksikan dari kejauhan di pinggir pantai. Penonton hanya bisa menyaksikan dari radius 500 meter dari titik lokasi peluncuran.


"Ada 23 tim yang lolos, 14 tim lolos uji fungsional pada sesi pertama hari sabtu kemarin dan 9 tim lolos fungsional pada sesi retry. 23 Tim itu berhak ikut uji peluncuran," kata Ketua Panitia Komurindo 2011, Agfianto kepada wartawan di Pantai Pandansimo, Minggu (26/6/2011).

05.06 | Posted in , , , , | Read More »

Bus Sumber Kencono Hangus Terbakar

SLEMAN--MICOM: Bus Sumber Kencono bernomor polisi W 7612 UN yang dikemudikan Indarto hangus terbakar saat dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju Surabaya, tepatnya di Jalan Jogja-Solo Km9, Maguwoharjo, Sleman.


Api yang membakar bus diduga dari rokok penumpang yang duduk di deretan belakang. Kondektur bus Narno mengatakan, saat kejadian bus membawa 29 penumpang.


Sesampainya di Jl Jogja-Solo Km9, penumpang di deretan belakang berteriak kebakaran. "Saya tengok ke belakang. Benar ada api di deretan belakang," katanya, Minggu (26/6).

21.18 | Posted in , , , | Read More »

Minat Kerja di Luar Negeri Tetap Tinggi

KULON PROGO, KOMPAS.com — Minat warga Kulon Progo, DI Yogyakarta, untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI tetap tinggi. Beberapa kasus kekerasan yang menimpa TKI tidak membuat para pencari kerja ini mengurungkan niatnya.


Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kulon Progo Armansyah mengatakan bahwa tidak ada penurunan minat tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri. Jumlah pendaftar dan yang mencari informasi masih terus berdatangan. "Tetap sama, tidak ada pengaruhnya," kata Armansyah, Sabtu (25/6/2011).

16.14 | Posted in , , , | Read More »

Orangtua Murid di Yogya Sport Jantung Pantau Pendaftaran SD

TRIBUNJOGJA, YOGYA - Senyum gembira langsung terpancar dari wajah Ratnawati, saat panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SDN Ungaran 1 Kotabaru, Yogyakarta, menutup pendaftaran hari kedua atau hari terakhir, Jumat (24/6) pukul 14.00. Warga Kotagede ini langsung memeluk seorang wanita di sebelahnya.


Ratna mengaku lega karena nama anaknya, Yustisio Amir Abdilah, menduduki posisi 53 pada data pendaftar di SDN Ungaran 1 Kotabaru. Itu artinya Yustisio dinyatakan lolos sebagai siswa baru SDN Ungaran 1 Yogyakarta. Ia memperoleh kepastian tersebut setelah menunggu sekitar enam jam.


"Dari pukul 08.00 tadi sampai ditutup saya seperti sport jantung melihat pergeseran posisi anak saya. Sekarang akhirnya bisa lega," tutur wanita berjilbab ini.

03.00 | Posted in , , , , | Read More »

Wayang Wong Yogyakarta Kembali Dihidupkan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Seni tradisi wayang wong gaya Yogyakarta kembali dihidupkan melalui kegiatan pagelaran yang akan dilaksanakan pada 27-29 Juni setiap pukul 19.30 WIB di Pendapa Mangkubumen Kota Yogyakarta.


"Wayang wong gaya Yogyakarta sudah langka dan kurang dikenal oleh masyarakat bila dibanding gaya Surakarta, karenanya melalui pagelaran ini diharapkan bisa menjadi cara untuk melestarikan kesenian tradisi sebagai kekayaan budaya," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta RM Budi Santoso di Yogyakarta.

18.30 | Posted in , , , | Read More »

Kasus Narkoba Menurun di Yogyakarta

Dibanding periode yang sama tahun lalu, kali ini kasus penyalahgunaan narkoba menurun


VIVAnews - Kasus narkoba di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kurun waktu lima bulan terakhir pada tahun 2011 ini mengalami penurunan dibandingkan pada bulan yang sama pada tahun 2010 yang lalu. Data menyebutkan pada lima bulan terkahir pada tahun 2011 ini terdapat 123 kasus dan pada bulan yang sama di tahun 2010 terdapat 161 kasus.


Drs Budi Harso MSi, Kepala Badan Narkoba Nasional Propinsi DIY mengatakan untuk kasus Psikotropika dari Januari hingga Mei 2011 terdapat 23 kasus dengan jumlah tersangka 26 orang, Narkotika 65 kasus dengan jumlah tersangka 78 orang dan Obat Berbahaya (Obaya) 20 kasus dengan tersangka 19 orang. Sehingga jumlah ada 123 tersangka. Jumlah ini tersangka laki-laki ada 112 orang, dan tersangka perempuan ada 11 orang.


17.14 | Posted in , , | Read More »

Pusat Masih Utang Rp7 M Ke Guru Bantul

BANTUL--Pemerintah pusat masih utang hingga Rp7 miliar kepada ribuan guru di Bantul yang belum mendapat tunjangan sertifikasi secara utuh. Pemkab Bantul memastikan, utang tersebut bakal dibayar pada 2012 mendatang.


Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bantul Abu Dzarin Norhadi mengatakan, utang tersebut khusus tunjangan sertifikasi guru pada 2010. Pasalnya tahun lalu terjadi kenaikan gaji pegawai, sehingga tunjangan sertifikasi kepada ribuan guru otomatis naik, karena jumlah tunjangan sesuai gaji pokok.


Pemerintah pusat, kata Abu, tak mengantisipasi APBN dengan bertambahnya beban anggaran. Alhasil kala itu ada tiga opsi yang ditawarkan pemerintah pusat kepada daerah. Pada intinya membolehkan tunjangan sertifikasi tak diberikan penuh, sisanya bakal dibayar pemerintah pusat belakangan.

03.12 | Posted in , , , | Read More »

Moratorium Dinilai Bukan Solusi Tepat untuk TKI

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Moratorium atau penghentian sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Arab Saudi dan Timur Tengah bukan solusi tepat dalam menyelesaikan permasalahan pekerja migran, kata pengamat hubungan internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nur Azizah.

"Penghentian pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri bukan solusi tepat dalam menyelesaikan permasalahan, kecuali pemerintah mampu menjamin adanya lapangan kerja bagi mereka dalam memperoleh penghasilan," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, bekerja di luar negeri adalah pekerjaan yang harus dilakukan bagi sebagian orang, terutama bagi masyarakat yang hidup di tengah kemiskinan. Hal itu merupakan suatu kebutuhan, mengingat sulitnya akses bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan di negeri sendiri.

21.30 | Posted in , , , | Read More »

59% Sumur di Sleman Tercemar

SLEMAN– Sebanyak 59,55% sumur milik warga Kabupaten Sleman tercemar bakteri coliform. Berdasarkan pemeriksaan Dinkes Sleman, dari 912 sumur milik warga, hanya 378 sumur atau 41,45% yang memenuhi syarat bakteorologi.


“Dari hasil penelitian, air sumur yang tercemar bakteri coliform tersebut melebihi ambang batas,yaitu di atas 50/100 mls,” ungkap Kasi Penyehatan Lingkungan Dinkes Sleman Yonantan kemarin. Dari hasil penelitian tersebut, air sumur yang paling banyak tercemar coliform terdapat di tiga kecamatan,yaitu Kecamatan Moyudan,Cangkringan, dan Turi.


Sumur yang paling rendah tercemar bakteri coliform terdapat di Kecamatan Mlati dan Depok. Selain meneliti syarat bakteorologi, pihaknya melakukan penelitian air dari segi kimiawi terhadap 829 air sumur warga.Dari jumlah ini,748 atau 90,23 % memenuhi syarat kimiawi dan 81 atau 9,77% yang tidak memenuhi syarat. Memang syarat kimiawi ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan, melainkan hanya akan menyebabkan korusi (karat) pada perkakas yang terkena air ini.

03.51 | Posted in , , , , | Read More »

Festival Malioboro 2011 Segera Digelar

YOGYA (KRjogja.com) – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bekerjasama dengan Kreasindo Reka Persada kembali menggelar "hajatan" bertajuk Festival Malioboro 2011 yang akan digelar 25 hingga 26 Juni 2011 mendatang. Gelaran yang telah dilaksanakan ketigakalinya ini mengusung tema ‘Gema Istimewa untuk Indonesia akan digelar di 4 titik yaitu Benteng Vredeburg, Taman Parkir Abu Bakar Ali, Area Dispar DIY dan Area Malioboro sendiri.


Festival Maliboro 2011 ini akan disajikan berbagai ragam kegiatan mulai dari Panggung Nusantara, Shymphony of Indonesia, Imaginary of Malioboro, Pagelaran Wayang Kulit, Rhythm of Malioboro, Contemporary Music Performance, Lomba Sapta Pesona Stand Lesehan PKL Malioboro,Tourism Photo Contest, Malioboro Food BazaarFestival dan puncaknya akan digelar Harmoni untuk Nusantara.


Kepala Dispar DIY, Tazbir mengatakan selama ini Malioboro sudah menjadi ikon pariwisata DIY yang sudah dikenal diseluruh dunia. Untuk itu agar memperkuat eksistensi ikon ini maka kegiatan Festival Malioboro digelar.

01.37 | Posted in , , , | Read More »

Alfamart di Yogyakarta Dirampok, Karyawan Dibacok

YOGYAKARTA--MICOM: Alfamart di Jalan Gedongkuning 60, Kota Yogyakarta, Rabu (22/6), dirampok. Kawanan penjahat yang terdiri dari empat orang itu membawa kabur uang tunai Rp10 juta dan melukai salah seorang karyawan.


Karyawan Alfamart, Febri, 20, mengatakan peristiwa menimpa toko yang buka selama 24 jam itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Salah seorang pelaku membawa senjata api, sedangkan seorang lagi membawa pedang.


"Pelaku sempat mengayunkan pedang dan mengenai bahu kanan karyawan yang berjaga, Ferdian," kata Febri.

22.11 | Posted in , , , , | Read More »

Pemerintah Awasi Pembangunan Pakai Google

Penggunaan GIS telah diterapkan di tiga kota yaitu Aceh, Solo, dan Yogyakarta.


VIVAnews - Deputi III Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Agung Hardjono berharap penerapan Geospasial Information System (GIS) dapat digunakan untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan di Indonesia. Terlebih, teknologi informasi terpadu merupakan kebutuhan mendesak saat ini.


Harapan yang cukup tinggi terhadap teknologi GIS tersebut disampaikan dalam agenda Seminar Inovasi Geospasial untuk Pengendalian dan Pengambilan Keputusan yang Efektif oleh Bakrie Connectivity di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.


“Untuk saat ini, publik lebih respons dengan visualisasi data,” kata Agung. “Nah, sistem Geospasial unggul dalam visualisasi karena punya 13 lapis yang lebih tinggi resolusinya,” ucap Agung.

01.28 | Posted in , , , , | Read More »

Kirab Budaya di Malioboro Memukau Warga

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan seniman Yogyakarta, solo dan dari berbagai daerah, Senin (20/6/2011) sore memukau ribuan warga dan wisatawan di sepanjang Jalan Malioboro, dalam Kirab budaya pembukaan pasar seni Festival Kesenian Yogyakarta ke 23.


Ketua panitia, Ryan Dwi Nugroho mengatakan, Kirab budaya kreatifitas di antara gunung dan samudra ini mengambil tema "Gayeng ki" dan diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen. "Ada dukungan drumband dari TNI angkatan darat, Batik karnival, jathilan dan kirab anak-anak membawa wayang kulit serta tari kolosal," ujar Ryan di sela-sela acara di Malioboro.


Tari kolosal, lanjutnya, dimainkan oleh ratusan penari dari berbagai daerah sambil membawa mahkota sempat memukau penonton. Tari kolosal dengan judul " Mahkota kejayaan untuk Yogyakarta" dibawakan oleh penari anak-anak dan dewasa.

14.36 | Posted in , , , | Read More »

Retribusi Uji Kendaraan Gunungkidul Naik

GUNUNGKIDUL: Pemilik kendaraan di Gunungkidul yang hendak melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor sebaiknya bersiap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya tarif retribusi pengujian berkala kendaraan bermotor Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Gunungkidul dipastikan naik hingga 100 persen.


Hal itu disampaikan oleh Muhammad Edi lestari selaku kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT), Pengujian Kendaraan Bermotor, (PKB) Dishubkominfo), Gunungkidul saat ditemui Harian Jogja, Senin, (20/6) di kantor Dishubkominfo.


Menurut dia, kenaikan itu merupakan hal yang wajar karena sejak 2000 lalu, Dishubkominfo Gunungkidul tidak pernah menaikkan tarif retribusi.


"Kota DIY lainnya seperti Wates, serta Sleman tahun ini sudah ketiga kalinya mereka mengubah tarif. Sedangkan Gunungkidul baru menginjak yang kedua kali sejak 2000 lalu," bebernya.

20.56 | Posted in , , , , , , | Read More »

Hari Ini Kulon Progo Gelar Pilkada

KULON PROGO, KOMPAS.com — Hari ini, Minggu (19/6/2011), Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada). Pilkada kali ini dilaksanakan serentak di 937 tempat pemungutan suara (TPS), dua di antaranya TPS khusus, di rutan dan rumah sakit.


Pilkada Kulon Progo diikuti empat pasang calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut 1 Sarwidi-Hartikah (Sartika) yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada nomor urut 2, pasangan Mulyono-Ahmad Sumiyanto (Noto), diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Sedangkan pada nomor urut 3, pasangan Suprapta-So'im (Prakoso) yang diusung Partai Golkar, Gerindra, PDK, PKPB, dan PKNU. Terakhir nomor urut 4 pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo (Sehat) yang diusung koalisi PDIP, PAN, dan PPP.


Sebelum menuju pilkada, empat pasangan calon ini telah menggelar kampanye. Termasuk penyampaian visi dan misi di hadapan DPRD, hingga debat kandidat calon.

03.31 | Posted in , , , , | Read More »

PLN Gencarkan Program Grasss II

YOGYA (KRjogja.com) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Pelayanan Jaringan Yogyakata menggencarkan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (Grasss) tahap kedua untuk meningkatkan layanan dan menuntaskan daftar tunggu tahun 2011 yang mencapai 1.500.


Hal tersebut diungkapkan Kepala PLN APJ Yogyakarta, Furqon Tanzala, Minggu (19/6) dan mengaku selama ini calon pelanggan belum terlayani permintaan penyambungan baru karena terbentur beberapa kendala seperti terbatasnya daya tampung pembangkit, overload trafo hingga perlu perluasan jaringan dari tegangan rendah ke tegangan menengah termasuk minimnya material.


"Selain menghabiskan daftar tunggu, Kamu juga mengimbau para petugas di lapangan tidak membiarkan masyarakat menunggu sambungan tanpa ketidakpastian. Tugas utama PLN adalah menyambung calon pelangan dengan cepat dan ini yang diutamakan dalam program Grasss," tandasnya.

23.22 | Posted in , , , | Read More »

Richard Gere akan Pelesiran ke Borobudur dan Prambanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Aktor Hollywood, Ricard Gere, akan mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan, salah satu World Cultural Heritage atau warisan budaya dunia pada 25-27 Juni 2011.
Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, dalam jumpa persnya di Jakarta, Jumat, mengatakan, kedatangan Ricard Gere ke Candi Borobudur diharapkan akan memberikan pengaruh positif bagi Indonesia.


"Gere bersama keluarganya datang ke Indonesia sebagai pribadi, dia berharap kedatangannya bisa mendorong lebih banyak orang untuk datang ke Indonesia. Masyarakat Hollywood juga akan melihat Indonesia," katanya.


Pada rangkaian kunjungannya ke Borobudur, lawan main Julia Robert dalam Film Pretty Woman itu akan menghadiri acara Morning Peace Walk bersama para Bikhu agama Budha di Borobudur.

18.56 | Posted in , , , , | Read More »

Sapi Lokal Kembali Bergairah

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Harga sapi potong di Pasar Hewan Siyono, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, beranjak naik sejak sepekan lalu, terutama untuk sapi-sapi varietas unggul seperti metal dan brahman.


Harga sapi varietas indukan lokal pada sepekan lalu masih dalam kisaran Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per ekor, kini sudah naik menjadi Rp 4,5 juta hingga Rp 5,5 juta per ekor.


"Khusus untuk sapi potong, tingkat kenaikannya cukup tinggi. Harga pekan lalu untuk verietas metal Rp 7 juta, kini naik menjadi Rp 8 juta," kata Hardjo Suwito (56), pedagang sapi di Pasar Siyono, Jum'at (17/6/2011).

15.23 | Posted in , , , , | Read More »

Pemkab Sleman Siap Relokasi Warga Lereng Merapi

SLEMAN--MICOM: Pemerintah Kabupaten Sleman, DIY telah menyiapkan areal untuk relokasi warga lereng Gunung Merapi. Hal itu diungkapkan Bupati Sleman Sri Purnomo, Jumat (17/6).


Untuk itu, lanjut Sri Purnomo, warga yang sudah membangun rumah secara permanen di di lereng Merapi, agar bisa memahami dan mengikuti kebijakan dari pemerintah. "Saya harapkan warga dapat mengnerti," katanya.


Dalam pengamatan Media Indonesia, saat ini sudah ada ratusan rumah yang dibangun di zona merah yaitu di dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dusun Srunen, dusun Singlar, sumunya di desa Glagaharjo, Cangkringan dan semuanya masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) 3, atau kawasan yang tidak boleh untuk bangunan tetap (rumah).

03.55 | Posted in , , , | Read More »

Jengkel Diganggu Wereng, Tanaman Padi Dibakar

Liputan6.com, Yogyakarta: Jengkel terhadap serangan hama wereng, para petani di Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membakar padi yang belum lama ditanam, Kamis (16/6).


Serangan hama wereng ini membuat para petani kelimpungan. Hamparan tanaman padi yang belum genap berusia sebulan sebagian tampak mengering dan mati. Kalaupun masih ada yang hidup, padi-padi ini mulai menguning. Menurut para petani, jika dibiarkan, padi ini pun akan mati tak lebih dari seminggu.


Sebagian petani pun memilih untuk membabat padi yang masih hijau untuk pakan ternak. Hama wereng desa ini tidak hanya menyerang tanaman usia muda. Padi yang mulai berbuah pun tak luput dari hama. Padi yang sebagian tak berisi ini pun dipanen lebih dini untuk mengurangi kerugian.


18.48 | Posted in , , , , , | Read More »

Belum Beroperasi Bangunan XT Square Sudah Rusak

JOGJA: Belum sampai dioperasikan, kondisi beberapa bangunan di XT Square justru sudah rusak. Tidak hanya masalah kerusakan, DPRD Kota Jogja juga menilai Pemkot Jogja kurang konsisten dalam menjalankan Perda IMB karena tidak terlihat ciri khas Jogja pada proyek prestisius tersebut.


Ketua DPRD Kota Jogja, Henry Kuncoroyekti mengatakan, sebelumnya dewan sudah mengadakan kunjungan ke XT Square dan ada temuan-temuan tersebut. ”Masih banyak fasilitas yang meskipun belum sepenuhnya jadi, belum digunakan malah sudah rusak,” kata Henry di Gedung DPRD, Kamis (16/6). Beberapa bagian tersebut di antaranya adalah besi pegangan tangan yang sudah patah atau atap bangunan yang bocor.

08.34 | Posted in , , | Read More »

Asap Solfatara Masih Keluar Dari Puncak Merapi

SLEMAN (KRjogja.com) - Dalam satu minggu belakangan ini suara gemuruh beberapa kali terdengar dari puncak Gunung Merapi. Tak hanya itu, asap solfatara yang pekat pun juga terus keluar dari gunung tersebut.

"Kondisinya memang naik-turun dan kadang juga muncul abu tipis. Itu yang menjadi salah satu alasan status tetap waspada level II. Jadi, belum akan diturunkan jadi aktif normal," ungkapnya saat Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Tekhnologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandrio di Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Kamis (16/6).

Selain itu, gempa multiphase (MP) juga tergolong tinggi. Yakni lebih dari 10 kali gempa MP dalam sehari. "Akan tetapi, potensi untuk terjadinya awan panas sudah tidak ada. Ya begitulah Merapi, punya karakteristik," imbuh Subandrio.

03.40 | Posted in , , , , | Read More »

Wapres Boediono Kunjungi Hunian Sementara Korban Bencana Merapi di Yogyakarta

DetikNews | Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta hari ini. Boediono didampingi sang istri Ibu Herawati Boediono akan mendatangi Universitas Gadjah Mada dan meninjau langsung hunian sementara (Huntara) para korban bencana gunung merapi.


Informasi yang dihimpun detikcom, Kamis (16/6/2011), Boediono akan berangkat dari Jakarta pukul 07.20 WIB menggunakan pesawat Kepresidenan BAe RJ-85. Tiba di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta pukul 08.30 WIB.

18.10 | Posted in , , , , | Read More »

Harga Cabai Anjlok, Petani Merugi

Liputan6.com, Sleman: Menyusul panen raya di sejumlah daerah, harga cabai merah yang sempat melambung hingga lebih dari Rp 50 ribu per kilogram, kini terus menurun dan hanya seharga Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per kilogram. Akibatnya para petani di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merugi hingga jutaan rupiah.


Petani cabai Sumartono sebenarnya tidak terlalu berharap harga cabai akan melambung seperti sebelumnya. Baginya harga Rp 10.000 per kilogram saja dirinya sudah tidak merugi, meskipun tidak untung terlalu banyak.

02.43 | Posted in , , , , | Read More »

Papan Iklan Tutupi Wajah Malioboro

YOGYAKARTA--MICOM: Puluhan papan iklan dan baliho berukuran besar yang terdapat di depan bangunan-bangunan tua sepanjang Jalan Maliboro hingga Titik Nol Kilometer 'menopengi' wajah asli kawasan yang telah ditetapkan sebagai kawasan budaya itu.


"Di sepanjang Malioboro, ada lebih dari 50 bangunan tua, namun hanya 10 yang benar-benar masih memperlihatkan fasad atau muka bangunan aslinya. Selebihnya, wajah bangunan itu sudah tertutup papan iklan dan baliho berukuran besar," kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Widiyastuti di sela-sela Diskusi Malioboro sebagai Kawasan Budaya di Jogja Library Centre Yogyakarta, Selasa (14/6).


Sejumlah bangunan yang masih memperlihatkan fasad asli di antaranya adalah, bangunan yang kini menjadi Apotek Kimia Farma, bangunan pertama di ujung utara Jalan Malioboro yang kini dijadikan sebagai gudang dan juga Jogja Library Centre.

19.41 | Posted in , , , | Read More »

Subhanallah.. 387 Siswa SD Yogya Raih Nilai UN Matematika Sempurna 10

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Tahun 2011 ini banyak siswa sekolah dasar (SD) kelas VI di Yogyakarta menorehkan prestasi tersendiri. Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, tahun ini sedikitnya ada 387 siswa SD di kota ini yang berhasil memperoleh nilai sempurna untuk ujian nasional (UN) mata pelajaran matematika. Bahkan, nilai sempurna tersebut terbanyak di mata pelajaran Matematika dibanding mata pelajaran lainnya.


"Banyak memang yang memperoleh nilai sempurna untuk mata pelajaran matematika. Jika dibanding dua mata pelajaran lain, maka jumlah siswa yang memperoleh nilai sempurna untuk matematika adalah yang terbanyak," papar Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana.

23.33 | Posted in , , , , | Read More »

Menanti Janji Paris Jadi Objek Andalan

Harian Jogja | Selain belum membaiknya pendapatan pedagang yang menempati kawasan relokasi Parangtritis (Paris) Baru, sejumlah fasilitas rusak bahkan sudah disewakan untuk warga luar Bantul yang digunakan untuk tempat ‘esek-esek’.

Dari pengamatan Harian Jogja, kerusakan itu terlihat pada bagian atapnya lantaran terkena kencangnya angin yang berhembus dari pantai. Lampu- lampu penerangan pantai rusak, bahkan tersisa tiangnya. Kamar mandi yang dibangun bersama pasar pada bagian toiletnya hilang.

Badawi, 65, warga setempat mengaku tidak mengetahui hal tersebut ulah siapa, namun dua bulan sejak pasar itu diserahkan pada 2007 toilet sudah tidak ada.

17.04 | Posted in , , , | Read More »

Mahasiswa UMY Bikin Detektor Pembuluh Darah Bayi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Fajar Harianto, Mahasiswa semester VIII Tehnik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ), berhasil menciptakan alat pendeteksi pembuluh darah bayi.


Ide pembuatan alat ini muncul ketika Fajar Harianto melakukan praktek lapangan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pada waktu itu, para perawat mengeluh kesulitan mencari pembuluh darah bayi untuk penyuntikan atau infus.


"Saya sering mendengar keluhan tersebut. Para tenaga medis terkadang jarum sudah masuk tetapi ternyata salah, tidak tepat pada pembuluh darah sehingga harus menyuntik tempat lain. Akibatnya pembuluh darah pecah dan berdarah," ungkap Fajar di Kampus UMY di ringroad barat Yogyakarta, Sabtu (11/6/2011).

04.52 | Posted in , , , , , , , | Read More »

Harga Daging di Pasar Tradisional Stabil

BANTUL (KRjogja.com) - Dihentikannya pasokan sapi impor dari Australia tidak berdampak pada harga daging di pasaran tradisional. Harga tetap stabil pada kisaran Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu.


Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Ir Edy Suhariyanta MMA mengatakan, dampak dihentikannya pasokan sapi impor sebenarnya bukan pada harga daging. Tetapi lebih kepada harga sapi lokal yang diperkirakan semakin mahal. "Ketika harga sapi lokal rendah harga daging stabil, saya kira kondisi nya sama, tidak ada yang berubah," jelas Edy di Bantul, Minggu (12/6).


Pengaruhnya kata Edy masih beberapa bulan ke depan tu saja tidak begitu besar. Masalahnya, ketika pemerintah Australia mengumumkan kebijakan penghentian itu. Proses pengiriman sapi masih berlangsung. "Instruksi itu tidak serta merta impor sapi terhenti, kontrak impotir lokal harus diselesaikan dulu," kata Edy.

16.27 | Posted in , , , , | Read More »

Mbah Redjo, Potret Kemandirian Seorang Nenek

Liputan6.com, Yogyakarta: Saat matahari belum bangkit dari peraduan dan ayam jantan masih lelap dibuai malam, Rubiyah yang biasa dipanggil Mbah Redjo justru tengah sibuk mengemasi mainan dagangannya. Usai salat Subuh ia pun berangkat menuju pasar. Tak ada kawan maupun pengantar, hanya derap langkah kaki tua yang menemani Mbah Redjo menyusuri jalan sepanjang 15 kilometer dari Dusun Pandes di Bantul, Yogyakarta.


Dibutuhkan waktu dua jam untuk mencapai Pasar Gamping, Sleman, tempatnya mengais rupiah. Di sebuah lapak kecil, nenek berusia 80 tahun ini menggelar dagangannya. Mainan buatan Mbah Redjo dijual dengan harga antara Rp 1.000 hingga Rp 4.000. Rata-rata ia bisa mendapat Rp 25 hingga Rp 50 ribu. Nilai itu cukup untuk modal dan makan selama dua hari.

01.22 | Posted in , , , , , | Read More »

BMKG: DIY Masuki Musim Kemarau

YOGYAKARTA--MICOM: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan bahwa wilayah tersebut sudah memasuki musim kemarau berdasarkan kondisi curah hujan selama tiga dasarian terakhir.


"Dalam tiga hari terakhir, curah hujan di wilayah DIY kurang dari 50 milimeter (mm) per dasarian, yang dapat diartikan sudah memasuki musim kemarau," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan BMKG DIY Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Sabtu (11/6).


Selain dari curah hujan yang menunjukkan kecenderungan menurun, musim kemarau juga ditandai dengan pola angin yang bertiup di wilayah tersebut. Ia mengatakan, angin yang bertiup di Yogyakarta didominasi oleh angin dari timur atau Monsoon Australia yang tidak banyak membawa uap air.

16.04 | Posted in , , , , | Read More »

Pesta Miras Empat Siswi : Bisa Dikeluarkan dari Sekolah

RADAR JOGJA - Menyusul tertangkapnya empat siswi salah satu SMK swasta di Kota Jogja oleh petugas Polsek Depok Timur saat pesta miras, membuat gerah Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Ketertiban (Dintib) Kota Jogja. Disdik, dalam waktu dekat, akan memanggil pihak sekolah yang bersangkutan untuk investigasi.

Bahkan jika empat siswi tersebut juga sudah melampui skor batas maksimal, tidak mustahil, mereka bakal dikeluarkan dari tempat belajar selama ini. ’’Kami akan melakukan investigasi dan koordinasi dengan Polsek Depok Timur untuk selanjutnya disampaikan ke pihak sekolah,’’ kata Kepala Seksi Kesiswaan Pengembangan Pendidikan Disdik Kota Jogja Wisnu Sanjaya, kemarin (10/6).

03.04 | Posted in , , , , , | Read More »

Duh! Masyarakat Yogya Ogah Bangun Rumah Tahan Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA-- Kesadaran masyarakat membangun rumah tahan gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini berkurang. Peneliti UII Yogyakarta Setya Winarno mengimbau kesadaran itu perlu ditingkatkan melalui peran pemerintah daerah.


"Hasil kunjungan lapangan yang kami lakukan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sewon dan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menunjukkan masyarakat mulai tidak menghiraukan rumah tahan gempa," katanya di Yogyakarta, Rabu.


Menurut Kepala Pusat Peneliti Eksata (PPE) Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia (UII) itu, kondisi tersebut cukup memprihatinkan, karena gempa besar baru terjadi lima tahun lalu.

16.22 | Posted in , , , , | Read More »

Robot Se-Indonesia Bertarung di Yogyakarta

Robot yang akan bertarung dalam perlombaan berjumlah 101.


VIVAnews - Sebanyak 51 perguruan tinggi se-Indonesia akan bertanding dalam Kontes Robot Nasional 2011. Akan ada 101 robot yang akan melakukan kompetisi selama dua hari 11-12 Juni 2011 di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta.


KRN yang digelar di GSP UGM ini merupakan kompetisi yang mempertemukan para pemenang kontes robot di tingkat regional yang diselenggarakan di masing-masing regional yaitu regional I Poltek Negeri Batam, regional II ITT Bandung, regional II Universitas Negeri Yogyakarta, Regional IV PENS Surabaya, dan regional V Untad Palu.


"Dalam kompetisi ini dipertandingkan tiga kategori yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). KRI diikuti sebanyak 24 tim, KRCI sebanyak 78 tim (divisi beroda 24 tim, berkaki 20 tim, battle 17 tim), dan KRSI sebanyak 16 tim," kata Ketua panitia KRN 2011, Arif Wibisono, Jumat, 10 Juni 2011.

02.49 | Posted in , , , | Read More »

Pasca Perampokan, Danamon Concat Pindah Demangan

Harian Jogja : Pasca perampokan yang terjadi Rabu (8/6) siang, aktivitas pelayanan perbankan Unit Simpan Pinjam Kantor Cabang Pembantu Bank Danamon, Condong Catur dipindahkan sementara ke Bank Danamon cabang Demangan.


“Kami pastikan tidak ada masalah dengan pelayanan terhadap nasabah. Perpindahan ini hanya sementara sampai proses penyidikan aparat di TKP (KCP Bank Danamon Condong Catur) selesai,”terang Cluster Manager Area Jogja II, Sigit Setiawan saat dikonfirmasi Harian Jogja melalui ponselnya, Kamis (9/6).


14.14 | Posted in , , , | Read More »

Australia Hentikan Ekspor Sapi, Peternak 'Tersenyum'

YOGYA (KRjogja.com) - Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang berlangsung di Benteng Vredeburg, 20 hingga 30 Juni mendatang akan dijadikan momentum kebangkitan industr kreatif khususnya dibidang kerajinan. Upaya yang dilakukan dengan menyediakan lahan seluas 160 m2 di area Pasar Seni dengan memamerkan produk-produk yang seluruhnya merupakan kerajinan berkualitas eksport namun harganya dijual mengikuti pangsa lokal.


"Seluruh produk yang nantinya di display akan diseleksi. Harus memiliki nilai seni, mempunyai kualitas yang bagus dan murni produk lokal. Untuk harga akan diberlakukan hot sale," kata Ketua Umum FKY, Timbul Raharjo di Yogyakarta, Kamis (9/6).


03.59 | Posted in , , , , , | Read More »

Tak Ada Satpam Saat Bank Dirampok

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aksi kawanan perampok bersenjata api yang nekat membobol Kantor Cabang Pembantu Bank Danamon Simpan Pinjam di Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Sleman, dimudahkan karena tidak ada satpam yang menjaga bank tersebut saat kejadian.

Menurut Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) DIY Komisaris Besar Polisi Tjiptono, saat itu satpam bank rupanya sedang ikut menagih angsuran di lapangan. "Situasi ini tentu saja sangat memudahkan para perampok untuk beraksi," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, perampokan itu terjadi di lokasi yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari Markas Kepolisian Daerah Yogyakarta serta Markas Kepolisian Sektor Depok Timur. Setelah menyekap lima karyawan, para perampok berhasil menggasak uang ratusan juta rupiah

18.31 | Posted in , , , | Read More »

Bank Danamon Dirampok, Ratusan Juta Raib

Liputan6.com, Sleman: Bank Danamon Simpan Pinjam Kantor Cabang Pembantu di Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (8/6) sore, dirampok. Pelaku yang diperkirakan berjumlah empat orang mendatangi bank dengan mengendarai dua sepeda motor. Namun wajah mereka tidak bisa dikenali karena menggunakan helm dan penutup muka.


Menurut keterangan, kawanan perampok masuk melalui pintu utama bank dan langsung menodongkan pistol jenis FN ke arah lima orang karyawan.

04.25 | Posted in , , , , | Read More »

Jutaan Tanaman Penghijauan Terancam Mati

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim kemarau, jutaan bibit pohon di lereng Gunung Merapi terancam mengering. Jika tak segera ditangani, bantuan donatur bernilai miliaran rupiah tersebut akan mati sia-sia.


Koordinator lapangan Konsorsium Penghijauan Area Lereng Merapi (PALM) Kari Tri Adji mengemukakan, sekitar 75 persen bibit pohon yang ditanam di lereng Merapi masih bertahan hidup dan sekitar 25 persen lainnya mati. Namun demikian, apabila dalam sepekan ke depan tak ada hujan, maka tanaman-tanaman tersebut juga akan mati.


"Banyak donatur yang berpikir sederhana bahwa penghijauan di lereng Merapi akan selesai hanya dengan menyumbang sejumlah bibit pohon. Padahal, di balik itu masih banyak hal lain yang harus diperhatikan, seperti penyiraman tanaman, pemupukan, hingga pemeliharaan," papar Kari, Selasa (7/6/2011) di Pondok Pesantren Al Qodir, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

16.04 | Posted in , , , , , | Read More »

Semua Bisa Bermain Ketoprak

Ketoprak Kolosal Angkat Cerita Keistimewaan


RADAR JOGJA - Semua orang bisa bermain ketoprak, asalkan ada kemauan dan niat tulus untuk nguri-nguri kebudayaan. Apa lagi, kesenian ini cukup fleksibel untuk dimainkan oleh siapa saja dan dapat mengambil cerita bebas.


Terbukti dengan pementasan ketoprak kolosal kelompok Panca Mahardika di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Minggu malam (5/6). Kelompok Panca Mahardika beranggotakan berbagai unsur masyarakat Jogjakarta. Mulai dari pejabat, seniman sampai wartawan. Malam itu, Panca Mahardika menampilkan ketoprak kolosal Bumi Perdikan yang berdurasi 2 jam 15 menit. Pentas ini, mendapat sambutan dari masyarakat. Terlihat dari gedung yang mampu menampung seribu orang itu terlihat penuh.


Calon penonton yang kehabisan tiket pun tak berkecil hati tak bias menyaksikan pentas ini. Panitia menyediakan layar ukuran besar yang menayangkan pentas ketoprak yang disutradarai Nano Asmorodono itu.

01.31 | Posted in , , , , | Read More »

Jutaan Rupiah dari Bisnis Cacing

YOGYAKARTA--MICOM: Dari keinginannya mencukupi kebutuhan di masa pensiun, Suyatmin malah mendapatkan lebih. Pendapatannya kini naik berkali-kali lipat dibandingkan dengan gajinya sebagai pegawai pada 1999.


Saat menjadi pegawai di salah satu perusahaan swasta, pendapatannya hanya 800 ribu per bulan. Sekarang, pendapatannya melompat menjadi Rp8 juta.


Suyatmin, warga Kresen, Kabupaten Bantul, DIY, meraup keuntungan besar dari bisnis umpan untuk memancing, yaitu cacing kristal dan cacing tanah. Usaha tersebut mulai dirintis pada 1999. "Awalnya saya mencoba lima kilogram. Per kilogramnya saat itu Rp175 ribu," terangnya.

06.55 | Posted in , , , | Read More »

Matematika Masih Jadi Momok UN

YOGYA (KRjogja.com) - Mata pelajaran matematika bagi sebagian besar siswa masih menjadi momok yang menakutkan terutama dalam Ujian Nasional (UN). Hal tersebut bisa terlihat pula dari hasil UN SMP/MTs DIY tahun ini dimana pada pelajaran matematika masih didominasi dengan nilai kurang dari 5,5.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY, Baskara Aji mengungkapkan, rata-rata nilai matematika dalam UN kali ini memang menempati posisi paling rendah sekalipun terdapat dua orang siswa yang berhasil meraih nilai sempurna. Ia menyebutkan, dalam UN 2010 lalu, jumlah siswa SMP/MTs yang tidak lulus karena nilai matematika mereka dibawah standar 4,25 mencapai 5.957 siswa atau 12,13 persen dari total 49.126 siswa.

03.40 | Posted in , , , , | Read More »

Soal Ekstradisi, Mahfud MD Mengaku Keliru

"Ada yang terlewat dalam pengamatan saya," kata Mahfud.


VIVAnews – Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD pekan lalu mendesak pemerintah untuk menyusun perjanjian ekstradisi dengan Singapura, terkait banyaknya orang-orang berpekara hukum di Indonesia yang menyembunyikan diri ke Singapura.


Belakangan, pernyataannya itu dia akui keliru karena perjajian ekstradisi sudah ditandatangani kedua negara, namun belum diratifikasi DPR.


Kedutaan Besar Singapura di Jakarta akhir pekan lalu sempat "meluruskan" pernyataan Mahfud. Menurut pihak Kedubes, perjanjian ekstradisi antara Indonesia dan Singapura telah ditandatangani kedua pemerintah pada tahun 2007.

22.10 | Posted in , , , | Read More »

Hari Ini Bolos, PNS Kena Sanksi

SLEMAN: Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Sleman yang membolos masuk kerja usai cuti bersama, bakal dikenai sanksi. Setiap atasan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta mengabsen bawahannya dan melapor hasil absensi ke Bupati Sleman lewat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pada hari pertama masuk kerja Senin (6/6), usai cuti bersama.


"Sanksi indispliner sudah jelas. Mulai dari teguran sampai pencopotan. Pengawasan dilakukan semua atasan," ujar kepala BKD Sleman Iswoyo Hadiwarno, kepada Harian Jogja, Minggu (5/6).


Sesuai Peraturan Pemerintah No.83/2010, sanksi diberikan sesuai tingkat kesalahan pegawai. Mulai teguran lesan jika pegawai tidak masuk tanpa keterangan empat hari tanpa keterangan, hingga sanksi terberat, pegawai bisa dicopot dari kepegawaian jika mangkir kerja tanpa izin sedikitnya 46 hari selama setahun. Namun hal itu
jarang terjadi.

17.48 | Posted in , , , | Read More »

Blog Archive

Labels