Sambut Ramadhan, Warga Yogyakarta Pawai Bedug

Liputan6.com, Yogyakarta: Jelang Ramadhan, warga Yogyakarta menggelar parade bedug mengelilingi kota, Sabtu (30/7). Di sepanjang jalan bedug terus ditabuh untuk mengingatkan warga bahwa bulan suci telah menjelang. Selain itu acara ini sebagai ajakan agar umat muslim menegakkan ajarannya, antara lain berpuasa yang merupakan bagian rukun Islam.


Sementara itu, lantunan shalawat nabi mengiringi parade menyambut Ramadhan di Blora, Jawa Tengah. Selain untuk mengekspresikan kegembiraan atas datangnya bulan suci Ramadhan, pawai juga dimaksudkan sebagai syiar agar masyarakat memaksimalkan ibadah dengan menggiatkan amal saleh. Pawai Ramadhan yang menempuh jarak 10 kilometer ini, berakhir di depan masjid agung.


16.35 | Posted in , , , , | Read More »

18 Mahasiswa Asal Cina Diwisuda di Universitas Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mewisuda sebanyak 18 mahasiswa dari China yang telah menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra perguruan tinggi swasta itu.


"Mereka terdiri atas empat mahasiswa dan 14 mahasiswi. Ke-18 mahasiswa yang telah lulus itu merupakan bagian dari 53 mahasiswa China yang belajar di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)," kata Rektor UAD Kasiyarno di Yogyakarta, Sabtu.


Menurut dia pada upacara wisuda sarjana dan pascasarjana UAD periode Juli 2011, studi mereka di UAD merupakan hasil kerja sama dengan Guangxi University for Nationalities, China, dalam program 2+2.

02.28 | Posted in , , , , | Read More »

Sembako Aman

YOGYAKARTA– Dinas Pertanian DIY menjamin berbagai komoditas pokok mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadan nanti. Khusus untuk beras, tingkat produksi mengalami surplus melebihi dari konsumsi rutin masyarakat.


Kepala Dinas Pertanian DIY Nanang Suwandi mengatakan, secara garis besar komoditas pemicu inflasi yang menjadi kebutuhan masyarakat di wilayahnya masih dalam kondisi aman. Hingga Agustus, bahan pokok seperti beras,telur,dan daging sapi masih mencukupi kebutuhan. Sedangkan sayuran serta bumbubumbuan, di antaranya cabai serta bawang merah pasokannya tidak mengalami kendala.


“Masyarakat tidak usah khawatir mengenai stok.Pasokan masih aman untuk memenuhi penduduk DIY yang mencapai 3,5 juta jiwa. Kami terus berkoordinasi dan memantau bersama asosiasi-asosiasi yang langsung tahu kondisi di lapangan,” katanya kepada wartawan, kemarin. Saat Ramadan, sebenarnya konsumsi masyarakat DIY per kapita tidak berbeda dari bulan reguler.

17.31 | Posted in , , , , | Read More »

Soal CPNS 2011, Pemkot Yogya Tunggu Pusat

YOGYA (KRjogja.com) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta, Tri Widayanto mengaku masih menunggu keputusan pemerintah pusat soal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.


"Kami masih menunggu keputusan pusat atau surat resmi dari Menteri PAN. Kemungkinan Agustus atau September nanti baru turun," jelasnya, Jumat (29/7).


Tri mengaku mengajukan 465 formasi CPNS kepada pusat dan sebagian besar tenaga teknis dan disalurkan ke berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). "Yang jelas kami belum bisa memastikan. Apakah mungkin nanti ada moratorium atau tidak, kami belum tahu, dan masih menunggu," imbuhnya.

19.54 | Posted in , , , | Read More »

Puasa, Jam Kerja PNS DIY Dikurangi

Di bulan puasa mendatang jam kerja hanya dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB.


VIVAnews -- Menjelang berlangsungnya bulan puasa yang akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2011 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan aturan untuk memperpendek jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengurangan jam kerja ini mengacu kepada keputusan gubernur DIY.


”PNS biasa masuk kerja jam 08.00 WIB hingga 15.30 WIB, namun saat bulan puasa mendatang jam kerja hanya dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB atau jam pulang kerja maju satu jam,” kata Plt. Sekda Kabupaten Bantul, Riyantono, di ruang kerjanya, Kamis, 28 Juli 2011


15.04 | Posted in , , , , | Read More »

Warga Resah dengan Turunnya Empat Macan Merapi

SLEMAN--MICOM: Dugaan keberadaan empat macan dari lereng Gunung Merapi yang turun hingga di wilayah Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menimbulkan keresahan di masyarakat setempat.


Kepala Dukuh Jetis, Desa Argomulyo, Aris Munandar, Kamis (28/7), tidak membantah munculnya binatang buas dari lereng Gunung Merapi tersebut.


"Memang ada di ladang tebu di sisi timur Dusun Jetis. Beberapa kali warga melihat satu induk macan bersama dengan tiga anaknya yang keluar masuk area ladang tebu tersebut," katanya.


Menurut dia, meski dirinya belum pernah melihatnya secara langsung, namun sudah banyak warganya yang melihat langsung.

02.07 | Posted in , , , | Read More »

Ploroti Pacar, Polisi Gadungan Dibekuk

JOGJA – Diduga mengaku-ngaku sebagai anggota Polri, lalu melakukan pemerasan, WW alias Wawan diciduk petugas kepolisian Kota Jogja. Penangkapan terhadap tersangka, berawal dari laporan korban, beberapa hari sebelumnya. Sebelumnya, korban melaporkan tiga unit hanphon dan uangnya senilai Rp 3 juta amblas dibawa tersangka. Padahal, antara korban dengan tersangka sudah kenal sejak lama. Bahkan, kedua inisan ini mengaku tengah menjalani masa penjajakan alias pacaran.

Dalam aksinya, pria berumur 28 tahun asal Tangerang (Jawa Barat) ini mengaku sebagai polisi yang bertugas di Polda Metro Jaya. Bahkan, pemuda yang mengaku anggota polisi ini tak hanya terkait masalah ngaku-ngaku sebagai polisi, tapi juga melakukan penipuan terhadap seorang gadis bernama Eko Nur (21) warga Kalasan Sleman.

15.07 | Posted in , , , | Read More »

Jelang Arus Mudik, Permohonan SIM Melonjak

Liputan6.com, Yogyakarta: Mudik dengan sepeda motor ternyata masih menjadi pilihan sebagian warga di hari Lebaran nanti. Lihat saja suasana di SIM Corner Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta. Sepekan menjelang Ramadan, tempat pelayanan surat izin mengemudi di sebuah pusat perbelanjaan ini dipenuhi warga.


Jika sebelumnya dalam sehari jumlah pemohon paling banyak 75 orang, saat ini jumlahnya meningkat menjadi lebih dari 150 orang per hari atau melonjak dua kali lipat. Kebanyakan pemohon SIM adalah warga yang akan mudik dengan sepeda motor pada hari Lebaran nanti.


Sejumlah warga bahkan sengaja mengurus perpanjangan SIM lebih awal sebelum habis masa berlakunya. Mereka khawatir tidak sempat lagi mengurusnya pada Ramadan nanti karena sibuk mempersiapkan keperluan mudik.

15.23 | Posted in , , , | Read More »

Kunker DPRD Bantul Telan Setengah Miliar Lebih

BANTUL—Puluhan anggota DPRD Bantul kembali mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke luar pulau Jawa. Kali ini, anggaran yang dikeluarkan mencapai setengah miliar lebih. Padahal belakangan, Bantul menuai banyak sorotan lantaran 71 persen APBD habis hanya untuk belanja pegawai.

Kunker anggota dewan ke luar Jawa tersebut merupakan kali ke dua pada tahun ini. Bila tak ada aral melintang, puluhan anggota dewan beserta stafnya tersebut bakal berangkat Selasa (26/7) hingga 30 Juli nanti. Kepala Bagian Persidangan DPRD, Endang Krisvianti saat ditemui, senin (25/7) mengatakan, seluruh anggota dewan atau sebanyak 45 orang mengikuti agenda rutin tersebut didampingi dua hingga tiga orang staf tiap komisi (total empat komisi).

Sesuai Satuan Harga Barang dan Jasa (SHBJ), tiap peserta menghabiskan biaya hingga Rp10 juta. Komplit untuk biaya transportasi, akomodasi, konsumsi hingga biaya lainnya. Bila dihitung dengan perkiraan minimal, yakni 45 anggota dewan di tambah delapan orang staf komisi (satu komisi dua orang staf), artinya ada 53 orang peserta kunker dengan menalan biaya hingga Rp530 juta.

16.47 | Posted in , | Read More »

Warga DIY Keberatan Hujan Buatan


YOGYAKARTA– Warga DIY di bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi keberatan dengan rencana Pemprov Jateng yang akan membuat hujan buatan untuk menurunkan material vulkanik.

Mereka umumnya kawatir,material Merapi yang turun nantinya berimbas bagi warga Yogyakarta. Seperti yang diungkapkan Lestari, 34,warga Gowongan, Jetis,Kota Yogyakarta. Dia mengaku takut hujan buatan membuat Kali Code menjadi banjir. Apalagi Kali Code merupakan terusan dari Kali Boyong yang berhulu di Merapi.“Jika hujan buatan dibuat, material Merapi ikut turun ke Sungai Boyong, kita yang tinggal di bantaran Kali Code juga kena imbasnya,” katanya,kemarin.

20.05 | Posted in , | Read More »

PM Toh Menebar Senyum di Lereng Merapi


KOMPAS.com — Senyum lebar terlihat dari puluhan anak lereng Gunung Merapi yang tinggal di Kecamatan Dukun. Senyum itu mengembang saat Agus Nur Amalia atau yang lebih dikenal dengan PM Toh, seniman pendongeng asal Pulau Weh, Provinsi Aceh, membawakan cerita lucu di Padepokan Prasetya Budya, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (24/7/2011).

Dalam penampilannya, ia mengantarkan cerita asal-muasal munculnya manusia di muka bumi. Untuk menggambarkan bumi, ia menggantung bola plastik pada seutas tali. Untuk matahari, bola tersebut ia bungkus menggunakan plastik berwarna merah. Sementara untuk samudra, ia menggambarkannya dengan sebuah ember besar berwarna biru.

02.38 | Posted in , | Read More »

Angkasa Pura Gelar Latihan Pengamanan di Bandara Adisutjipto

Yogyakarta - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bersama sejumlah instansi terkait menggelar simulasi Penanggulangan Gawat Darurat (PGD) Airport Emergency dengan sandi Dirgantara Raharja ke 62 dan Aviation Security Exercise. Latihan digelar di sisi timur bandara sehingga tidak menganggu lalu-lintas penerbangan.


Dalam simulasi pada Kamis (21/7/2011) itu, sebuah replika pesawat dengan nama Halilintar Air, nomor penerbangan 312 yang membawa para teroris dari Jakarta terjatuh di Kali Kuning sisi timur bandara saat akan mendarat di Adisucipto. Kecelakaan akibat gangguan teknis di sayap kiri sehingga pesawat terbakar.


Meski hanya latihan, keseriusan tampak terlihat dari para peserta. Layaknya sebuah peristiwa yang sebenarnya, tim penyelamat gabungan dengan kendaraan lengkap seperti mobil pemadam, ambulans datang ke lokasi menyelamatkan para awak dan penumpang. Para korban jiwa dan luka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Petugas yang lain langsung memberi tali pengaman di sekitar lokasi kecelakaan.


21.14 | Posted in , , , , , | Read More »

Polsek Depok Timur Razia 134 Liter Ciu

SLEMAN—Sebanyak 134 liter ciu yang dikemas dalam empat drum 60 liter dan 27 botol air mineral ukuran 600 mililiter, serta 11 botol Anggur Orangtua (AO) berhasil diamankan petugas Polsek Depok Timur, Jumat (22/7) pagi.


Miras itu didapatkan dari operasi yang digelar di dua tempat yang berbeda.


Operasi dipimpin langsung Kapolsek Depok Timur, Kompol Agus Tri Wiratmo di dua penjual miras yang berada di dusun Maguwo, Maguwoharjo Sleman. Langkah ini dilakukan sebagai upaya cipta kondisi jelang Ramadhan dan juga berdasarkan laporan sejumlah warga terkait masih maraknya penjualan miras.

14.53 | Posted in , , , , , | Read More »

Tak Ada Teroris yang Ditangkap di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta: Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) membantah adanya penangkapan teroris di Yogyakarta beberapa hari lalu. Menurutnya, aksi tersebut merupakan latihan kemampuan pelopor yang digelar mendadak untuk persiapan Bulan Suci Ramadan.


"Di Yogya tidak benar. Nggak ada yang ditangkap, penangkapan oleh Densus 88," ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (21/7).

20.33 | Posted in , , , | Read More »

Arus Mudik Rute Jakarta-Yogyakarta Padat

YOGYA (KRjogja.com) - Rute penerbangan Jakarta - Yogyakarta jelang lebaran 2011 sejak awal Juli hingga saat ini sudah padat. Diperkirakan load factor arus mudik untuk rute tersebut akan mencapai 90 persen pada 26 hingga 28 Agustus 2011
mendatang.


Sales Manager Garuda Indonesia Yogyakarta, Flora Izza mengatakan ramainya pemesanan tiket terutama untuk penerbangan rute Jakarta ke Yogyakarta yang mendominasi hingga lebih dari 60 persen


“Pemesanan tiket banyak untuk penerbangan pada 26 sampai 28 Agustus untuk arus mudik. Tingkat keterisian penumpang mencapai 90 persen pada tiga hari tersebut,” saat dihubungi KRjogja.com, Kamis (21/7).

15.38 | Posted in , , , | Read More »

Bisnis Perhotelan di DIY Makin Ketat

YOGYAKARTA--MICOM: Bisnis perghotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta akan makin ketat menyusul adanya 15 hotel baru yang segera beroperasi tahun ini. Demikian dikatakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY Istidjab Danunegoro.

Menurut Istidjab dari beroperasinya sejumlah hotel baru kelas bintang tahun ini membuat jumlah kamar hotel di DIY bertambahan 2.000 buah.

Ia menyebutkan sejumlah hotel baru tersebut empat di antaranya bintang lima, dan lainnya bintang dua hingga bintang empat. Menurut dia, penambahan hotel baru di DIY memang akan memicu persaingan tarif kamar. Namun, diharapkan tidak terjadi saling banting tarif, dan harus bersaing secara sehat. Artinya, tidak bersaing dalam tarif, tetapi dalam pelayanan terhadap tamu hotel.

"Kualitas pelayanan terhadap tamu hotel hendaknya dikedepankan sebagai bentuk persaingan yang sehat, bukan saling banting tarif kamar," katanya, Kamis (21/7).

01.33 | Posted in , , , | Read More »

Peringatan Hari Jadi Ke-180 Kabupaten Bantul : Bertabur Prestasi, tapi Beragam Masalah

BANTUL - Gegap gempita peringatan ulang tahun ke-180 Kabupaten Bantul mencapai puncaknya, pagi kemarin (20/7). Di lapangan Trirenggo yang berada tepat di depan rumah dinas Bupati Bantul, upacara peringatan itu digelar. Upacara yang menggunakan bahasa Jawa itu dihadiri Gubernur DIJ Hamengku Buwono X, Bupati Bantul Sri Suryawidati beserta jajaran pejabat teras serta ribuan masyarakat Batul. Upacara sarat dengan budaya Jawa yang kental. Para lelaki menggunakan surjan, blangkon, dan keris terselip di belakang. Sedangkan peserta perempuan berkebaya.


Di tengah lapangan, berkumpul puluhan SKPD dan camat dengan surjan dan kebaya putih. Bupati Sri Suryawidiati mengambil posisi sebagai pemimpin upacara, sedangkan Hamengku Buwono X menjadi pembina upacara.
Di pinggir lapangan, dipenuhi warga perwakilan dari 17 kecamatan dam ribuan anggota pramuka. Tak luput juga masyarakat sekitar yang ingin tahu peringatan kabupaten mereka. Terlihat banyak jodang atau hasil bumi di pinggir lapangan.


Sri Suryawidati dalam sambutannya memaparkan kondisi Bantul saat ini kepada Gubernur DIJ serta seluruh elemen masyarakat yang hadir. Menurutnya, Bantul meraih banyak prestasi baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

18.47 | Posted in , , , | Read More »

TKI Bantul Terancam Tangannya Dipotong

BANTUL—Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmirasi (Disnakertrans) Bantul Didik Warsito memastikan, TKI asal Trimulyo, Jetis, Sri Wahyuni yang terancam dipotong tangan di Arab Saudi tak terdata di lembaganya. Pasalnya, kata dia, sejak 2008 Pemkab Bantul menghentikan pengiriman TKI untuk pembantu rumah tangga.


Meski begitu, menurutnya, lembaganya segera berkoordinasi dengan Disnakertrans DIY. “Kemungkinan data tidak terekam, apalagi kalau berangkat bukan dari Jogja. Tapi bagaimanapun ini harus kami telusuri,” ujarnya.

01.53 | Posted in , , , | Read More »

Video Mesum Goyang Kulonprogo

KULONPROGO – Warga Kulonprogo kembali digoyang dengan isu peredaran video mesum. Video dengan durasi 2 menit 19 detik ini, awalnya beredar dari lingkungan PT Sung Chang Indonesia (SCI).


Belum ada kepastian siapa pelaku adegan panas ini. Dalam video ini,adegan mesum dilakukan di sebuah ruangan bangunan yang belum sempurna. Pelaku perempuan menggunakan baju pink, sedangkan laki-laki berkaos putih. Warna baju pink ini menjadikan isu mengarah kepada karyawan dan mandor SCI. Manajer PT SCI Cho Han Hyun mengaku tidak mengetahui adanya kejadian ini.Warga Korea ini juga menyangkal salah satu pelaku adalah anak buahnya.

18.28 | Posted in , , , , , | Read More »

Tolak Disebut Pemalsu Dagadu, Puluhan Orang Mengadu ke LBH Yogya

Yogyakarta - Puluhan orang dari Komunitas Masyarakat (Terlanjur) Dagadu Djokdja mengadu ke kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta. Mereka yang mencari kehidupan dari bisnis suvenir sandang khas Kota Gudeg itu menolak disebut sebagai pemalsu Dagadu.


Mereka resah dan khawatir akan adanya somasi dari PT Asli Dagadu Djokdja (ADD) agar menghentikan perdagangan segala produk berlabel Dagadu Djokdja. Puluhan orang ini adalah pedagang kaki lima (PKL), pemilik kios, produsen, tukang becak, kusir andhong dan pemandu wisata di Yogyakarta yang menggantungkan hidupnya dari bisnis kaos, dan suvenir dengan label Dagadu Djokdja dan simbol matanya itu. Selama lebih dari 17 tahun, mereka telah menggantungkan hidupunya dari bisnis tersebut.

16.27 | Posted in , , , , , , , | Read More »

Di Yogya, Melahirkan Tidak Dipungut Biaya

Biaya gratis ini tidak hanya untuk warga miskin, tapi juga untuk menengah ke atas.


VIVAnews - Kabar gembira bagi para ibu hamil di Yogyakarta yang bingung bagaimana mencari biaya kelahiran. Lewat program Jaminan Persalinan (Jampersal), pemerintah akan menanggung seluruh biaya persalinan tersebut.


Berbeda dengan Jamkesos atau Jamkesda ataupun askeskin, Jampersal ini tidak saja menanggung seluruh biaya ibu menjalani persalinan dari keluarga miskin, program itupun berlaku juga bagi ibu hamil menengah keatas.


“Semua ibu hamil yang akan menjalani persalinan ditanggung oleh Jampersal baik dari dari kalangan miskin hingga kaya raya,” kata Tuti Sulistyowati, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Senin.


22.26 | Posted in , , , , | Read More »

Pulang Berobat, Nenek Dijambret

KULON PROGO, KOMPAS.com - Suratinah (60), warga Pedukuhan IV Panjatan, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Senin (18/7/2011) pagi tadi menjadi korban penjambretan. Tasnya yang berisi uang tunai dan surat-surat penting disambret di sekitar TK Pembina, Wates.


Akibat kejadian ini korban menderita kerugian hingga jutaan rupiah. Suratinah menuturkan, dia baru memeriksakan di RSUD Wates. Pada sekitar pukul 09.00 WIB, korban berjalan kaki menuju ke kantor pajak melewati jalan tembus.


Dia berjalan sendirian ketika sebuah sepeda motor memepetnya dan pengendaranya menarik tas hitam yang dibawanya. "Tadi sempat terjatuh karena mempertahankan tas," jelasnya.

23.45 | Posted in , , , | Read More »

Harga Kebutuhan Pokok di Yogya Naik

Liputan6.com, Yogyakarta: Harga beras di pasar tradisional Yogyakarta masih tinggi. Beras jenis C4 yang semula harganya Rp 6.800/kg kini sudah mencapai Rp 7.500/kg.


Seorang pedagang beras, Purwanto, Sabtu (16/7) mengatakan menjelang puasa harga kebutuhan pokok terutama beras terus melambung tinggi. Kenaikan ini seiring dengan banyaknya permintaan masyarakat.


Selain beras, harga telur ayam ras juga merambat naik. Harga telur ayam kini naik Rp 5.500/kg dari harga semula Rp 5.000/kg. Harga gula pasir juga naik menjadi Rp 10.000/kg

18.14 | Posted in , , , , , | Read More »

Toko Kelontong 'Dikuras' Maling

WONOSARI (KRjogja.com) - Toko kelontong milik Sugiyono di Haklan Wonosari - Yogya KM 3, Siyono, Logandeng, Playen, Kabupaten Gunungkidul dibobol maling, Minggu (17/7) pagi tadi sehingga menderita kerugian puluhan juta rupiah.


Kawanan penjahat yang diprediksi lebih dari dua orang itu diketahui pemiliknya saat hendak membuka toko. Beberapa barang kebutuhan pokok dan rokok hilang disika. Kawanan penjahat berhasil masuk toko dengan cara membobol tembok belakang.


Sekalipun lokasi kejadian berada di pinggir jalan, tetapi tembok belakang toko merupakan tembok dari bekas pasar hewan Siyono yang tidak kelihatan dari arah jalan raya. Mendapati barang-barang dagangan hilang dijarah maling korban langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Gunungkidul.

22.59 | Posted in , , , , | Read More »

Normalisasi Sungai di Sleman dengan Skema Baru

SLEMAN--MICOM: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sedang menyiapkan skema baru program normalisasi aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Pasalnya, jumlah endapan material yang tersisa masih belum sebanding dengan pengerukan.


"Saat ini terdapat sekitar 140 juta meter kubik material berupa pasir dan batu yang masih berada di lereng Merapi. Sebagian besar itu mengendap di sungai berhulu Merapi," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Energi dan Mineral (SDAEM) Kabupaten Sleman Widi Sutikno, Sabtu (16/7).


Menurut dia, endapan material Merapi di sejumlah sungai berhulu Merapi tersebut jika ini tidak secepatnya dikurangi atau dikeruk, maka potensi banjir lahar dingin masih sangat besar.

17.14 | Posted in , , , , | Read More »

Tim Gegana Periksa Mobil Misterius

YOGYAKARTA – Mobil Kijang B 7874 TR warna abu-abu yang belum diketahui pemiliknya meresahkan pengelola dan karyawan Hotel Novotel Yogyakarta, kemarin. Dikhawatirkan merupakan ancaman teror bom mobil,Tim Gegana Polda DIY langsung diterjunkan untuk melakukan penyelidikan. Dengan menggunakan peralatan metal detektor,Tim Gegana melakukan pemeriksaan seluruh bagian luar mobil yang terparkir di parkiran bawah Novotel. Dari balik kaca mobil, Tim Gegana melihat ada tas mencurigakan yang berada di kursi bagian belakang.


Guna mengantisipasi adanya indikasi teror bom,Tim Gegana berusaha mematikan aliran listrik dalam mobil. Proses yang dilakukan Tim Gegana dilakukan secara tertutup. Tidak semua orang, termasuk wartawan diperbolehkan mendekat melihat proses yang dilakukan. Security hotel yang berada pintu masuk hotel berjaga ketat dilanjutkan penjagaan dari Tim Gegana dan Kepolisian dari Polsek Gondokusuman dan Polresta Yogyakarta.

01.56 | Posted in , | Read More »

Geng Motor SMA Ditangkap Dilaporkan Melakukan Perampasan dan Penganiayaan

SLEMAN – Dilaporkan telah melakukan perampasan dan penganiayaan kepada sejumlah orang di depan Museum Merapi, Jl. Boyong, Banteng, Hargobinangun, Pakem, lima pelajar di salah satu SMA negeri di Pakem diringkus jajaran polsek Pakem. Penangkapan kelima pelajar badung tersebut dilakukan pada, Selasa (12/7) malam kemarin.


Informasi METEOR menyebutkan, pada Kamis (7/7) lalu, kelima pelajar yang masing-masing berinisial AB (17), DP (16) ND (19), ER (16) dan CA (17) mendatangi pelataran Museum Merapi, sekitar pukul 12.15 siang. Dengan berboncengan menggunakan dua sepeda motor Satria FU dan Honda Supra, kelimanya langsung mendatangi dua orang, Didik Hermawan (26) dan Suyantin (19) yang sedang berhenti di tepi jalan.

14.41 | Posted in , , , , | Read More »

Pagi Ini Presiden Lantik Perwira Remaja TNI

Liputan6.com, Yogyakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik 635 perwira remaja TNI angkatan 2011 di Kompleks Akademi Angkatan Udara, Maguwo, Yogyakarta, Kamis (14/7) pagi. Kepala Negara menghadiri acara prasetya perwira dan juga mengambil sumpah 635 perwira remaja lulusan Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut, dan Akademi Angkatan Udara.


Data dari Pusat Penerangan TNI, taruna Akmil yang dilantik berjumlah 295 orang, Karbol Akademi Angkatan Udara yang dilantik berjumlah 124 orang. Sedangkan kadet Angkatan Laut yang dilantik berjumlah 216 orang.

17.23 | Posted in , , , | Read More »

Dihajar Massa, Lima Rampok di Bantul di Dor Polisi

KASIHAN—Kawanan perampok kapak merah berjumlah enam orang beraksi di gudang distribusi produk PT Unilever Indonesia Tbk yang berada di lingkar selatan,Dusun Jadan,Tamantito, Kasihan,Bantul.


Namun belum sempat membawa kabur isi gudang, polisi mencium kejadian itu dan meringkus lima perampok setelah mendapatkan informasi dari warga. Polisi menduga keenam perampok tersebut adalah kawanan perampok lintas provinsi. Pasalnya perampok melakukan aksinya dengan sangat profesional .


Kapolres Bantul AKBP Sri Suari mengaku masih akan mensinergikan dengan sejumlah daerah. ”Pelaku diduga sindikat perampok lintas provinsi,” ujarnya di Mapolres Bantul kepada wartawan, Rabu (13/7).

07.03 | Posted in , , , , | Read More »

30 Hektare Tanaman Bawang Terserang Ulat

BANTUL--MICOM: Tanaman bawang merah seluas 30 hektare yang berada di lahan pasir di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terserang ulat.


"Serangan ulat grayak terjadi sejak sekitar sepekan lalu, namun serangan ulat masih dalam intensitas ringan," kata Ketua Kelompok Gabungan Tani (Gapoktan) di Dusun Cetan, Srigading, Sanden, Sunardi di Bantul, Rabu (13/7).


Menurut dia, serangan ulat tersebut berasal dari telur kupu-kupu yang menurutnya berasal dari pepohonan yang berada di sekitar lahan tanaman bawang dan telah berkembang biak.

01.29 | Posted in , , , , | Read More »

SBY: Tentara Harus Idealis

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus terus menjaga idealismenya sebagai abdi negara. Soerang anggota ataupun perwira militer tidak boleh berkompromi dengan prinsip hanya untuk kepentingan sesaat. Demikian salah satu amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pengarahan Calon Perwira Remaja TNI, di Akademi Angkatan Udara Maguwo, Selasa (12/7) malam.


Presiden memberikan pengarahan kepada 635 calon perwira remaja TNI. Sebanyak 295 taruna akademi militer, 216 Kadet TNI AL, dan 124 Karbol TNI Udara. Sejumlah Menteri dan Pejabat yang turut hadir yakni Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rasaja, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

19.17 | Posted in , , , | Read More »

Tolak SBY, Puluhan Warga Yogya Siapkan Ketapel dan Panah

Yogyakarta - Puluhan warga Yogyakarta tergabung dalam Sekber Penetapan menggelar aksi menolak kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mereka menyiapkan ketapel dan panah sebagai simbol penolakan dan pengusiran SBY di Yogyakarta.


Aksi sore ini digelar di pintu gerbang Alun Alun Utara di Gapura Pangurakan di Jl Trikora atau sekitar 300 meter dari Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Massa dari Sekber Keistimewaan DIY itu membawa bendara lambang Negari Ngayogyakarto Hadinigrat. Mereka juga membawa tiga buah spanduk bertuliskan "Liwat Plintheng, Usir SBY dari Yogyakarta, Sak Dumuk Bathuk Senyari Bumi."

04.33 | Posted in , , , , | Read More »

MOS Masih Diwarnai Perpeloncoan

YOGYAKARTA– Pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS) di sejumlah sekolah di Kota Yogyakarta masih ditemukan pelanggaran yang dinilai tidak mendidik siswa. Pelanggaran MOS ini dilakukan sekolah-sekolah negeri dengan berbagai bentuk dan aturan yang memberatkan siswa baru.


”Kami melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 9 dan SMAN 6 Yogyakarta. Secara garis besar kedua sekolah ini menyelenggarakan MOS denganbaik, tidak ada lagi kekerasan. Namun saat kami teliti aturan tentang penyelenggaraan MOS, ternyata masih ditemukan beberapa pelanggaran,”ungkap anggota Komisi D DPRD Fatchiyatul Fitri kemarin.


Di SMAN 9, dalam tata tertib MOS disebutkan,siswa baru diharuskan datang ke sekolah dengan menggunakan sabuk khusus yang menandakan mereka adalah siswa sekolah tersebut. Ketentuan ini melanggar Peraturan Wali Kota (Perwal) yang telah melarang pihak sekolah menjual apa pun perlengkapan sekolah.

22.37 | Posted in , , , | Read More »

Polda Sita 1 Kilo Ganja Milik Mahasiswa

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Direktorat Reserse Narkoba Polda DI Yogyakarta (DIY) berhasil menangkap Vincent (20) mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL), Yogyakarta, sebab kedapatan membawa ganja seberat 1 Kilogram (Kg).


“Penangkapan Vincent dilakukan tim Dir Reserse Polda DIY berawal dari informasi soal keberadaan Vincent yang akan mengambil barang di sebuah tempat di sekitaran Jogja Expo Center (JEC),”kata Direktur Narkoba Polda DIY, Kombes Pol Wijanarko, Senin (11/7/2011).


Ia mengatakan, guna menangkap jaringan pengedar seperti Vincent, Polda mengaku membutuhkan waktu sekitar dua bulan, kata Wijanarko, apalagi Polda sudah menjadikan tersangka masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

18.29 | Posted in , , , | Read More »

Masuk Malioboro Kian Jauh : Pengendara Harus Memutar Lewat Jembatan

JOGJA - Pembangunan Jembatan Kleringan di atas Kali Code sudah dimulai. Ternyata, pembangunan jembatan itu justru tidak mempermudah pengguna jalan untuk masuk ke Malioboro. Pengguna jalan dari Jalan Kleringan harus memutar di Jalan Abu Bakar Ali. Mereka harus melintasi jembatan yang segera dibangun, sebelum melaju ke arah barat hingga menuju Malioboro.


”Jadinya memang memutar. Dari Kleringan terus sampai di pertigaan bawah Jembatan Kewek Kotabaru ke selatan, langsung ke barat,” kata Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Toto Suroto, akhir pekan lalu. Toto menjelaskan, dengan memutar justru akan mengurangi kemacetan lalu lintas. Sebab, pertigaan lampu merah di Taman Adipura hanya ada satu dari arah Kotabaru saja.


”Bawah Kretek Kewek jadi satu jalur, untuk pengendara dari arah Abu Bakar Ali yang akan menuju ke Kotabaru,” imbuhnya. Berkurangnya jumlah lampu merah itu, menurut Toto, bakal mengurangi kemacetan yang selama ini kerap terjadi. Pengendara tidak harus berhenti lantaran terkena banyak lampu merah.


15.14 | Posted in , , | Read More »

Krisis Air Bersih Landa Kulonprogo

Liputan6.com, Kulonprogo: Krisis air bersih terjadi di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk mendapat air bersih, warga harus berjalan hingga dua kilometer ke desa tetangga. Kondisi ini terjadi sejak dua pekan terakhir.


Setiap keluarga rata-rata memerlukan delapan drum kecil untuk kebutuhan air besih selama dua hari sehingga pencari air harus berkali-kali ke sumber air sepanjang hari. Selain naik kendaraan roda dua, beberapa warga berjalan kaki ke sumber air.


02.26 | Posted in , , , , | Read More »

Sleman Bakal Punya 33 Titik Internet

SLEMAN—Sebanyak 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman akan mendapatkan layanan internet melalui program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Sebanyak 33 titik akan disalurkan internet subsidi berbayar sehingga biayanya lebih murah.


Program yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut bertujuan memberikan layanan internet untuk masyarakat luas melalui program Desa Pintar.


“Sebanyak 17 kecamatan mendapat 33 titik. Maksimal satu kecamatan dua titik yang akan selesai akhir bulan Juli ini,” kata Direktur PT Sarana Insan Muda Selaras (SIMS) Eka Indarto di KUD Bandung Bondowoso Madurejo Prambanan.

15.37 | Posted in , , , | Read More »

Warga Jual Gaplek Untuk Beli Air

GUNUNG KIDUL--MICOM: Warga Dusun Kamal, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjual gaplek atau singkong yang dikeringkan dengan cara dijemur untuk membeli air bersih.


Salah seorang warga Dusun Kamal, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Teguh (46) di Wonosari, Sabtu (9/7), mengatakan warga menjual gaplek untuk membeli air sejak tiga bulan lalu.


"Kami menjual puluhan kilogram gaplek ke Pasar Mulo dan Legi Wonosari untuk memenuhi kebutuhan air pada musim kemarau ini. Satu kilogram gaplek kami jual dengan harga Rp1.000," katanya.

02.49 | Posted in , , , | Read More »

Inilah Lima Kampung di Yogyakarta yang Jadi Tujuan Wisata Mancanegara

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Sebanyak lima kampung di Kota Yogyakarta, yaitu Dipowinatan, Cokrodirjan, Sosromenduran, Taman Sari dan Pandeyan siap menjadi destinasi baru wisata di wilayah tersebut.


"Ada 14 kampung yang muncul sebagai kampung wisata, namun yang telah siap dijual ada lima kampung, sisanya masih dalam proses pengembangan agar siap dijual dan menjadi destinasi wisata di Kota Yogyakarta," kata Kepala Seksi Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Bysry Romley di Yogyakarta.


Menurut dia, kelima kampung tersebut memiliki keunikan masing-masing. Dipowinatan, misalnya, mengandalkan urban tourism, Pandeyan dan Taman Sari mengandalkan wisata budaya, sedangkan Cokrodirjan mengandalkan eco tourism.

10.13 | Posted in , , , | Read More »

SBY Berkunjung, 3000 Pasukan Disiapkan

SLEMAN (KRjogja.com) - Sebanyak 3000 anggota dari unsur TNI dan Polri diterjunkan dalam pengamanan kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di DIY dan Jawa Tengah (Jateng), dalam rangka pengarahan Perwira pada 12 hingga 14 Juli 2011 mendatang.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Presiden SBY dijadwalkan memberi pengarahan pada calon Perwira Remaja TNI di Akademi Militer (Akmil) Magelang dan Upacara Prasetya Perwira TNI di AU Yogyakarta.

05.23 | Posted in , , , , , | Read More »

M Rijki, Sang Penemu Obat Diabetes dari Labu Parang

Yogyakarta - Kandungan labu parang rupanya bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes mellitus (DM) tipe 2. Inilah temuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Muhammad Rijki. Penemuannya itu membuat Rijki memperoleh penghargaan Alltech Young Scientist Award.


Labu parang mengandung senyawa saponin dan flavanoid, yang keduanya berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah dan memperbaiki sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin kembali.


"Bahan-bahan ini terkandung dalam labu parang," ungkap Rijki kepada wartawan seusai acara penyerahan penghargaan di FKH UGM di Yogyakarta, Jumat (8/7/2011).


Berdasarkan hasil penelitiannya ungkap Rijki, kandungan saponin secara signifikan mampu menurunkan glukosa darah. Meski percobaan ini baru dilakukan pada tikus, namun dia melihat hasil yang cukup menggembirakan. "Hasil pengukurannya, semakin tinggi dosis saponin maka akan secara signifikan menurunkan kadar glukosa," katanya.

02.01 | Posted in , , , , , , | Read More »

Renggut Dua Nyawa Pemuda Semanu

GUNUNGKIDUL– Pembatasan peredaran minuman beralkohol, ternyata belum bisa menurunkan peredaran minuman keras (miras) oplosan. Hal ini dibuktikan dengan tewasnya dua pemuda warga Desa Semanu seusai pesta miras oplosan.


Darmawan, 30,warga Dusun Ngebrak, Semanu meregang nyawa di RSBethesda Yogyakarta seusai pesta miras oplosan bersama kawan-kawannya,kemarin. Sedangkan, Triyono, 25, warga Dusun Sambirejo, Semanu juga mengembuskan napas terakhir di RS Pelita Husada.


Selain dua korban tewas,informasi yang dihimpun SINDO menyebutkan,masih ada enam warga yang kini dirawat di beberapa rumah sakit.Namun demikian, belum jelas identitas dua korban yang terbaring tersebut. Menurut penuturan Sugeng, salah satu kerabat dari almarhum Triyono, kejadian berawal saat Triyono pamit bermain ke rumah salah satu temannya pada Kamis (7/7).

15.29 | Posted in , , , , | Read More »

Bea Cukai Yogya Gagalkan Penyelundupan 1,04 Kilogram Heroin

SLEMAN, TRIBUN – Upaya penyelundupan 1.047 gram heroin senilai Rp 2,9 miliar melalui Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis (7/7), sekitar pukul 08.30 WIB, digagalkan aparat.


Informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, pembawanya adalah seorang wanita berinisial P (38), warga Jakarta. Dia tertangkap setelah mendarat di Yogyakarta sekitar pukul 08.30 WIB, menumpang pesawat Air Asia, Flight No. AK-549 tujuan Kuala Lumpur – Yogyakarta.


“Heroin itu, senilai Rp senilai lebih kurang Rp 2,9 milliar,”kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Yogyakarta, Bekti Widi Sujarwanto.

20.54 | Posted in , , , , , | Read More »

Bea Cukai Yogya Gagalkan Penyelundupan 1,04 Kilogram Heroin

SLEMAN, TRIBUN – Upaya penyelundupan 1.047 gram heroin senilai Rp 2,9 miliar melalui Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis (7/7), sekitar pukul 08.30 WIB, digagalkan aparat.


Informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, pembawanya adalah seorang wanita berinisial P (38), warga Jakarta. Dia tertangkap setelah mendarat di Yogyakarta sekitar pukul 08.30 WIB, menumpang pesawat Air Asia, Flight No. AK-549 tujuan Kuala Lumpur – Yogyakarta.


“Heroin itu, senilai Rp senilai lebih kurang Rp 2,9 milliar,”kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyelidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Yogyakarta, Bekti Widi Sujarwanto.

16.52 | Posted in , , , , | Read More »

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Naik

Liputan6.com, Yogyakarta: Menjelang bulan Ramadhan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mulai naik di sejumlah daerah. Seperti yang terjadi di Pasar Legi Wirobrajan, Yogyakarta, Rabu (6/7).


Seorang pedagang, Sujinah mengaku bingung karena harga telur sembako terus merangkak naik sehingga menyebabkan sejumlah calon pembeli enggan berbelanja. Harga telur yang kini dijual Rp 16 ribu per kilogram, naik tiga ribu hingga empat ribu dari harga sebelumnya.

03.27 | Posted in , , , | Read More »

Bus Tabrak Dua Mobil di Depan Kopma UGM

SLEMAN—Diduga ingin mengejar lampu hijau, Sebuah bus kota jalur 2 menabrak pagar besi Sekolah Vokasi UGM di Jalan C Simanjuntak, Rabu (6/7) siang. Bus bernomor polisi AB 7433 AK tersebut juga sempat menabrak dua mobil lain.


Mobil KIA Visto bernomor polisi AB 1022 KZ terserempet di bagian belakang. Pemilik mobil mengaku sedang berkendara dari arah selatan menuju utara.


"Tadi mau naik ke trotoar untuk minggir, tapi tetap kena," ujarnya kepada Harian Jogja di lokasi.


Seorang saksi mata mengatakan, bus warna kuning bertuliskan 'Gundul' pada kaca depannya itu melaju kencang dari arah utara ke selatan.

13.27 | Posted in , , , , , | Read More »

Kemacetan Malioboro Segera Teratasi

Dimulai, Pembangunan Jembatan Kleringan


JOGJA - Upaya Pemkot Jogja mengurai kemacetan lalu lintas di titik-titik menuju Jalan Malioboro dengan membangun Jembatan Kleringan, mulai direalisasikan. Saat ini, proses pembangunan jembatan tersebut sudah dimulai.


Diharapkan pada November 2011, jembatan sepanjang 36 meter itu sudah dapat difungsikan.
"Pemenang lelang sudah ada, PT Marga Karya dari Pati, Jawa Tengah. Mereka sudah mulai tahap pembersihan sejak 14 Juni lalu," kata Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Toto Suroto, kemarin (5/7).

07.05 | Posted in , , , | Read More »

Warga Merapi Bangun Rumah di Zona Bahaya

MICOM: Sejumlah warga lereng Gunung Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, nekat membangun rumah permanen di zona bahaya letusan Merapi 2010.


Nurdianto, warga Dusun Sukorejo, Desa Balerante yang sedang membangun rumah permanen di atas lahan bekas rumahnya yang hancur terkena dampak erupsi Gunung Merapi, mengatakan, langkah ini dilakukan karena tidak adanya kejelasan nasib mereka.


Ia dan warga lainnya hingga kini masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait relokasi untuk mereka.

01.47 | Posted in , , , , | Read More »

Kali Gendol Tak Mampu Lagi Tampung Material Merapi

Bisa Jadi Bencana Baru di Musim Hujan


REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandrio, mengatakan, pascaerupsi besar 2010 kondisi aliran Sungai Gendol di Kabupaten Sleman sudah penuh dengan material lahar Gunung Merapi.


"Bahkan di beberapa titik yang kami pantau dengan citra satelit dan survei darat menunjukkan bahwa timbunan material vulkanik ini justru lebih tinggi dari kawasan di kiri-kanannya," katanya di Sleman, Rabu.


Ia mengemukakan, kondisi itu sangat rawan saat musim hujan mendatang. Jika terjadi banjir lahar, katanya, material itu bisa meluap ke berbagai tempat.

15.39 | Posted in , , , | Read More »

Proses Check In Lion Kacau, Penumpang Ngamuk

Petugas Lion Air hanya bisa minta maaf.


VIVAnews - Puluhan penumpang pesawat Lion Air di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta mengamuk pagi ini. Mereka marah karena tiba-tiba proses check in ditutup, padahal waktu boarding masih lama.


"Maaf, kami sudah close," kata salah seorang petugas Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta.


Penumpang yang sudah antre sejak pagi di check in counter yang harusnya melayani semua jurusan, diminta ke Help Desk oleh petugas. Kekacauan ini terjadi di penerbangan Lion Air tujuan Yogyakarta dengan nomor penerbangan JT 522 yang dijadwalkan berangkat pukul 07.40 WIB.

15.12 | Posted in , , , | Read More »

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented