|

Leptospirosis Mulai Berjangkit di DIY

YOGYAKARTA--MICOM: Seorang warga Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, positif mengidap penyakit leptospirosis. Pasien tersebut tertena penyakit yang diakibatkan kencing tikus tersebut saat tengah bersih-bersih lingkungan rumah.

Pasien tersebut kini telah ditangani dengan baik. Munculnya kasus tersebut membuat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta waspada terhadap penyakit leptospirosis. Terlebih lagi, sekaran ini memasuki musim penghujan. Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pun meminta warga agar meningkatkan kewaspadaan diri.

"Di Kota Yogyakarta penularannya dari tikus rumah," terang Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Yogyakarta, Vita Yulia, Selasa (10/1).

Rumah-rumah yang kebersihannya tidak terjaga harus waspada. Pasalnya, air kencing tikus bisa menyebar melalui air hujan atau banjir yang mengalir.

Warga pun diminta menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyebaran leptospirosis. Setelah beraktivitas apapun cuci tangan dengan sabun dan gunakan alat pelindung diri ketika beraktivitas di tempat-tempat kumuh yang dicurigai ada bercak kencing tikus gunakan alat pelindung diri.

Kasus leptospirosis pada 2011 terbilang tinggi. Pasalnya, dari 44 warga yang dinyatakan positif terjangkit leptospirosis, tujuh orang meninggal dunia.

Vita menjelaskan, gejala leptospirosis adalah badan panas, nyeri pada otot betis, mata nyeri dan memerah, serta mual. Jika mengalami gejala tersebut, masyarakat diminta untuk segera memeriksakan ke puskesmas terdekat.

Untuk tenaga medis, mereka semua sudah siap di puskesmas-puskesmas di Kota Yogyakarta. Obat-obatan pun masih mencukupi. Ia berharap, pada 2012 ini kasus Leptospirosis akan menurun dibandingkan tahun lalu. (AT/OL-04)

Sumber Berita : Media Indonesia Online
Sumber Gambar: Wikipedia

Posted by Wawan Kurniawan on 08.42. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented