|

Sultan: Pelabuhan Kulon Progo Jalan Terus

YOGYAKARTA,KOMPAS.com — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X memastikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarta tidak akan terhambat kontrak karya tambang pasir besi. Karena itu, tahun 2012 ini pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarta di Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, akan dilanjutkan.

”Sudah ada penyelesaian, tidak ada masalah. PT JMI kan hanya mengambil pasir besinya dan pabriknya juga bukan di situ,” paparnya, Senin (9/1/2012), di Yogyakarta.

Dari total luas Pelabuhan Tanjung Adikarta 10 hektar, 7,9 hektar di antaranya berada di dalam areal kontrak karya penambangan pasir besi PT Jogja Magasa Iron (PT JMI), dan 2,1 hektar berada di luar daerah kontrak karya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY Sudiyanto menambahkan, sebelum Maret 2012, persoalan tentang kawasan pembangunan yang bersinggungan dengan areal tambang sudah selesai dan pembangunan pelabuhan bisa dilanjutkan.

Tahun 2012 pembangunan pelabuhan meliputi penyempurnaan pengerukan kolam pelabuhan, pembangunan ground sill  (penahan pasir dari bagian hulu sungai), dan pembangunan pagar pelabuhan.

Sumber Berita : Kompas Online
Sumber Gambar : http://kulonprogonews.wordpress.com/

Posted by Wawan Kurniawan on 12.50. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels