Yogyakarta Jadi Kota Zona Integritas

YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta akan ditetapkan sebagai kota zona integritas ke-11 untuk pencegahan korupsi karena dinilai mampu mempertahankan prestasi 10 besar kota terbaik sesuai hasil survei integritas KPK 2011.

Sesuai hasil survei tersebut,Yogyakarta berada di peringkat lima.Penilaian positif tersebut juga diperkuat hasil survei indeks persepsi korupsi dari Transparansi Indonesia. Pembentukan zona integritas tersebut diharapkan dapat meningkatkan status zero tolerance terhadap perilaku koruptif.” Zona integritas ini bertujuan menjadikan Yogyakarta zero tolerance. Jadi, penilaian KPK yang saat ini sudah baik dapat dipertahankan,” kata staf fungsional Bidang Pencegahan KPK, Guntur Kusmeiyano di Yogyakarta, kemarin.

Pembentukan zona integritas ini diharapkan dapat mendorong perkembangan pemahaman masyarakat tentang korupsi. Tidak hanya di unit-unit kerja yang ada di Pemkot Yogyakarta, tapi juga dapat merambah ke masyarakat umum. Menurut Guntur,pembentukan zona tolerance di Yogyakarta ini rencananya menggandeng Inspektorat Daerah dengan menambahkan beban kerja dari pengawasan dan penindakan. Menurut Guntur, dari hasil evaluasi pembentukan zona integritas di 10 kota sebelumnya, kebijakan tersebut mampu mendorong peningkatan pencegahan korupsi di daerah.

Seperti di Bandung, yang sebelumnya berada di 10 besar terbawah dari survei KPK,kini berada di 10 besar terbaik kota berintegritas. Inspektur Inspektorat Daerah Wahyu Widayat mengatakan pembentukan zona integritas akan diawali dengan perbaikan sistem pelayanan di unit kerja. ”Harus dilakukan penguatan kesepahaman tentang penilaian perlaku koruptif.Misalnya, apa yang dinilai biasa padahal itu korupsi harus dihilangkan. Dan ini butuh kesepahaman bersama,”paparnya.

Sebagai instansi yang akan menjadi rekanan KPK dalam membangun zona integritas, lanjut Wahyu, akan diawali dengan membangun sumber daya manusia. maha deva

Sumber : Seputar Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor