|

Tiga Profesor Bersaing Jadi Rektor UGM

Kamis depan, UGM akan memilih satu dari tiga profesor ini menjadi rektor baru.

Yogyakarta - Tiga profesor yakni Prof. Dr. Pratikno, M.Sc, Prof. Dr. Marsudi Triatmodjo, S.H., LL.M, dan Prof. Dr. Techn. Danang Parikesit, M.Sc, bersaing menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada. Mereka memperoleh suara terbanyak dalam Rapat Pleno Gabungan Senat Akademik dan Majelis Guru Besar UGM pada Senin, 19 Maret 2012.

Pratikno mendapat 172 suara, Marsudi 107 suara, dan Danang 83 suara. Sementara itu, dua calon rektor lain yang tidak lolos ialah Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr dan Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D, masing-masing mendapatkan 53 dan 6 suara.

Ketua Panitia Ad-Hoc Penjaringan Calon Rektor UGM, Dr. Supama, M.Si., mengatakan ketiga calon rektor ini akan mengikuti tahap akhir pemilihan rektor di rapat pleno Majelis Wali Amanat pada Kamis 22 Maret 2012. Sebanyak 23 anggota MWA akan memilih satu dari ketiga calon untuk menjadi Rektor UGM periode 2012-2017.

Dari total 23 anggota MWA, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memiliki hak suara sebesar 35 persen dari total suara anggota MWA atau 11 suara, sedangkan 22 anggota lainnya hanya memiliki satu suara. “Jadi, sisa 65 persen suara untuk 22 orang. Menteri memiliki hak 11 suara,” kata Supama.

Ketua Senat Akademik, Prof. dr. Marsetyawan HNES, M.Sc., Ph.D., sekaligus menjadi pimpinan sidang Rapat Pleno Gabungan SA dan MGB mengatakan salah satu calon rektor, Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D, tidak hadir. Suryo Hapsoro berhalangan hadir karena sakit dengan menyertakan surat keterangan dokter Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta.

“Surat keterangan dari dua dokter dari RS Panti Rapih yang menyatakan beliau sakit dan harus istirahat selama dua hari, 19 dan 20 Maret,” kata Marsetyawan dalam rilis yang diterima VIVAnews, Selasa 20 Maret 2012.

Kendati tidak hadir dalam presentasi dan tanya jawab dengan panelis, kata Marsetyawan, tidak serta merta menggugurkan hak Suryo Hapsoro sebagai calon rektor untuk tetap mendapatkan haknya untuk dipilih. Proses pemilihan dimulai sejak pukul 11.10 WIB hingga selesai hingga pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 76 dari total 79 anggota SA menggunakan hak suaranya. Sementara itu, sebanyak 194 dari 250 anggota MGB menggunakan hak suaranya. Namun yang membedakan, satu suara anggota SA memiliki bobot 3 suara, sedangkan anggota MGB hanya memiliki satu suara.

Sebelum dilakukan pemungutan suara, keempat calon rektor menyampaikan presentasi terkait visi, misi, dan program kerja masing-masing sebagai calon rektor. Dilanjutkan dengan tanya jawab dengan anggota panelis yang terdiri atas Ketua MWA Prof. Dr. Sofian Effendi, M.P.I.A., Ketua MGB Prof. Dr. Ir. Widyastuti, M.Sc., ketua Senat Akademik Prof. dr. Marsetyawan HNES, M.Sc., Ph.D. dan mantan Rektor Prof. Dr. Ichlasul Amal, M.A. (art)

Sumber : Vivanews

Posted by Wawan Kurniawan on 11.44. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels