|

Kembali ke Sekolah, Siswa DO Dapat Rp1 juta

Siswa SMA Yogyakarta yang drop out (DO) dan kembali sekolah mendapat tanggungan.
Yogyakarta - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan siswa sekolah menengah atas (SMA) yang terpaksa keluar (drop out) akibat tidak mampu menanggung biaya sekolah kini bisa kembali mengenyam pendidikan. Penyebabnya, pemerintah bersedia menanggung biaya siswa tersebut selama satu tahun.

"Pemerintah akan menanggung biaya sekolah selama satu tahun Rp1.050.000," kata Sri Sultang Hamengkubuwono X, di Jogjakarta, Senin 23 April 2012.

Sri Sultan menyatakan program tanggungan biaya anak sekolah ini hanya diberikan sampai batas waktu September 2012. Untuk itu, dirinya mengimbau agar anak putus sekolah tingkat SMA untuk segera mendaftar sebelum tenggat waktu tersebut.

"Setelah bulan September tidak ada kesempatan lagi bagi siswa drop out mendaftar," kata dia.

Untuk meyakinkan program tersebut berjalan, Pemprov DI Yogyakarta juga mengimbau agar kepala sekolah bisa meminta uang tersebut ke dinas pendidikan. "Karena telah dianggarkan," ujar Sri Sultan.

Dia menjelaskan, kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bisa dilaksanakan karena adanya dukungan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Anggaran itu terkait dengan program Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Prof Mahyuddin dalam kunjungannya mengatakan Pemprov DI Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang sudah mulai merintis program Wajar 12 Tahun.

Pada kunjungannya kali ini, Mahyudin memang sengaja datang untuk mengkaji secara intensif kendala pelaksanaan program yang sudah disampaikan pemerintah pusat terutama pada masalah pendidikan, pemuda olahraga, perpustakaan dan kebudayaan.

"Alhamdulillah Yogyakarta sudah mulai rintisan program wajib belajar 12 tahun. Pemerintah Pusat sudah menganggarkan untuk program wajib belajar 12 tahun sebesar Rp2 triliun dan sudah disetujui. Insya Allah bisa menampung program Pak Gubernur tersebut,' 'ujarnya. (adi)

Sumber : vivanews

Posted by Wawan Kurniawan on 09.02. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels