|

Pratikno Dilantik Jadi Rektor UGM, Mahasiswa Gelar Aksi Damai

Yogyakarta Prof Dr Pratikno, M.Soc, Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), dilantik menjadi rektor UGM periode 2012-2017, Senin (28/5/2012). Pratikno menggantikan Prof Ir Sudjarwadi, PhD, yang telah habis masa jabatannya.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan dilakukan langsung di Balai Senat, Kantor Pusat UGM pada pukul 10.00 WIB. Pratikno dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Prof Dr Sofian Effendi, MPA.

Sebelum dilantik, sekretaris MWA Dr Supama membacakan berita acara serah terima jabatan. Anggota MWA yang hadir diantaranya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, mantan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto. Sejumlah guru besar juga hadir.

Sedangkan tamu undangan yang terlihat hadir, yakni Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Bupati Sleman Sri Purnomo, mantan Wakil Walikota Surabaya Arief Affandi, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, dan Bambang W. Suharto. Pratikno saat pelantikan didampingi istrinya, Siti Faridah.

Bersamaan dengan acara tersebut, puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas di UGM menggelar aksi damai di depan Balairung UGM. Selama aksi tersebut hanya dijaga beberapa orang aparat Satuan Keamanan Kampus (SKK) UGM.

Dalam aksi itu, massa menggelar orasi secara bergantian. Isi dari tuntutan mahasisa mengharapkan adanya perubahan selama kepemimpinan rektor UGM baru dan mengucapkan atas dilantiknya Pratikno.

Ketua MWA, Prof Dr Sofian Effendi dalam sambutannya mengatakan tugas dan jabatan yang diemban dalam kepercayaan yang harus diemban dan dijalankan dengan baik. "Jabatan ini sebagai tantangan ke depan untuk rektor baru UGM, rakyat Yogyakarta dan Indonesia," ungkap Sofian.

Usai pelantikan, Pratikno sebagai rektor baru bersama rektor lama Sudjarwadi menerima ucapan selamat dari para tamu undangan yang hadir.

Dalam pemilihan rektor bulan lalu, Pratikno berhasil unggul dari dua calon lainnya. Dari 32 suara, pria kelahiran Bojonegoro tahun 1962 itu unggul 26 suara. Sedangkan Prof Dr Marsudi, LLM memperoleh 5 suara dan Prof Dr Ir Danang Parikesit, MSc mendapat 1 suara.(bgs/try)

Sumber berita : detikNews
Sumber gambar : http://acadstaff.ugm.ac.id/foto_dosen/fisipol/d.jpg

Posted by Wawan Kurniawan on 08.43. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels