UII Juara Dunia Lomba Simulasi Bisnis


YOGYAKARTA – Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yaitu Diantika Pharamita, Muhammad Faizal, dan Putri Aini yang tergabung dalam tim SAP Akuntansi berhasil menjadi juara dunia kompetisi internasional ERPSim ke-4 di Montreal,Kanada,kemarin.

Kompetisi ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan SAP berupa game simulasi bisnis dengan menggunakan software ERP (Enterprise Resource Planning) atau sistem perencanaan sumber daya perusahaan. Kompetisi diikuti 50 tim dengan anggota masing-masing tiga mahasiswa yang berasal dari 20 negara lebih. Sebelum menjadi juara,terlebih dulu tim UII harus bersaingan dengan peserta lain untuk maju ke babak final.

Dari 50 tim, hanya 15 tim yang berhak maju ke final. Selain UII, dari Indonesia ada juga tim Universitas Brawijaya, Malang. ”Kabar ini baru saya dapatkan pagi ini (kemarin) melalui SMS dari ketua tim UII yang mengikuti kompetisi,” ungkap Rektor UII Edy Suandi Hamid di sela-sela wisuda mahasiswa program SAP di Kampus UII kemarin. ERPSim merupakan game simulasi yang dikembangkan oleh HEC Montreal dengan basis SAP.

Melalui ERPSim,mahasiswa melakukan simulasi pengambilan keputusan bisnis. Mulai dari pricing, production, marketing,dan sebagainya. Salah seorang anggota tim, Muhammad Faizal menjelaskan, dalam kompetisi ini peserta diharuskan menjalankan bisnis virtual selama 4 kuartal menggunakan software ERP.

Permainan simulasi berjalan secara cepat, setiap kuartal ekuvalen dengan 10 hari transaksi berjalan kira-kira 10 menit.Total permainan ada enam kuartal. priyo setyawan

sumber : Seputar Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor