|

DIY Kekurangan 500 PNS

YOGYAKARTA- Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kekurangan pegawai negeri sipil sekitar 500 orang, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah provinsi itu Agus Supriyanto.

"Kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak itu paling banyak pada kompetensi tenaga pengajar dan tenaga kesehatan," katanya usai menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan 128 CPNS menjadi PNS di Yogyakarta, Selasa (24/7).

Namun demikian, menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap konsisiten menjalankan kesepakatan tiga menteri tentang moratorium CPNS.

"Meskipun ada kekurangan PNS dengan kompetensi khusus, Pemprov DIY tahun ini belum membuka pendaftaran CPNS. Pemprov DIY tetap konsisten tidak membuka rekrutmen CPNS," katanya.

Ia mengatakan Pemprov DIY setiap tahun selalu mengajukan permohonan formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).

"Namun, dengan adanya moratorium tersebut kuota tambahan CPNS tidak mungkin dilakukan. Pemprov DIY juga tidak bisa menerima tenaga honorer lagi," katanya.

Menurut dia, Pemprov DIY telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kekurangan pegawai tersebut di antaranya dengan meningkatkan kapasitas PNS yang ada.

"Untuk mengisi kekurangan tersebut kami melakukan peningkatan kapasitas pegawai yang ada melalui pendidikan dan pelatihan. Saat ini jumlah PNS di DIY sebanyak 7.259 orang," kata Agus. (Ant/OL-3)

Sumber : Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 08.11. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented