|

Kabupaten Sleman Tuntaskan 177.396 E-KTP

SLEMAN - Kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sudah jadi sampai dengan akhir Juni 2012 sebanyak 177.396 buah dan sudah didistribusikan.

"Pendistribusian e-KTP yang sudah jadi tersebut telah dimulai sejak 25 Juni 2012 untuk seluruh Kabupaten Sleman," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman Sofwan Nugroho, Senin (23/7).

Menurut dia, untuk pendistribusian e-KTP yang sudah jadi, Disdukcapil memberikan surat edaran pada kecamatan-kecamatan untuk membagikan e-KTP yang sudah jadi. "Hanya saja belum semua kecamatan membagikan e-KTP tersebut, karena belum semua kecamatan e-KTP-nya sudah jadi," katanya.

Ia mengatakan, warga yang melakukan perekaman e-KTP lebih dulu, belum tentu akan jadi juga lebih dulu. "Bisa jadi yang melakukan perekaman belakangan justru sudah jadi, karena pencetakan yang dilakukan pusat dengan sistem acak, tidak urut

sesuai pelaksanaan perekaman," katanya.

Nugroho mengatakan, kecamatan yang paling banyak e-KTP yang sudah jadi adalah Depok sebanyak 28.200, tetapi jumlah wajib e-KTP nya juga banyak yaitu 107.688. "Sementara yang paling sedikit e-KTP yang jadi adalah kecamatan Turi, karena yang jadi baru 100 buah dengan jumlah wajib e-KTP sebanyak 25.174 orang," katanya.

Ia mengatakan, untuk tingkat kehadiran dan e-KTP yang sudah jadi yang paling tinggi adalah Kecamatan Cangkringan, karena dari jumlah wajib e-KTP 23.231 yang sudah melakukan perekaman sebanyak 19.076 dan yang sudah jadi sebanyak 15.600 hingga persentase kahadiran dan e-KTP yang jadi paling tinggi.

"Saat ini sebanyak 23.32 persen wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman disebabkan berbagai hal antara lain tingkat kehadiran yang waktu diundang tidak hadir, karena sakit, juga meninggal dunia, meninggal dunia tetapi tidak melaporkan, juga adanya pindah tempat tinggal sebelum melakukan perekaman e-KTP," katanya. (Ant/OL-2)

Sumber : Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 08.31. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels