|

Suhu Malam Hari Yogyakarta 17 Derajat Celcius

Yogyakarta  - Suhu udara di Yogyakarta saat malam hari cukup dingin, bisa 17 derajat celcius pada sekitar pukul 01.00 WIB.

"Suhu udara yang cukup dingin di malam hari ini merupakan kondisi yang normal saat musim kemarau," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, suhu udara yang cukup dingin di malam hari tersebut juga dipicu oleh angin yang dominan bertiup dari arah tenggara atau dari Benua Australia.

"Di Australia sedang mengalami musim dingin, sehingga angin yang bertiup dari Australia ke Indonesia juga cukup dingin," katanya.

Tony memperkirakan, suhu udara terdingin malam hari di wilayah Yogyakarta akan mencapai puncaknya pada Agustus, yaitu mencapai 16 derajat celcius.

Tony menambahkan, saat ini suhu udara maksimal siang hari di Yogyakarta mencapai 33 derajat celcius yang biasanya terjadi pada pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB.

"Hingga Agustus, suhu udara maksimal siang hari juga akan terus mengalami kenaikan hingga mencapai 35 derajat. Pada saat itu, suhu udara akan terasa sangat panas saat siang hari dan sangat dingin saat malam hari," katanya.

Perbedaan suhu yang cukup signifikan antara siang dan malam hari tersebut, lanjut Tony, bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan masyarakat, apalagi saat ini memasuki bulan puasa.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Setyowati mengatakan, masyarakat perlu menjaga pola makanan bergizi agar tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca yang cukup ekstrim antara siang dan malam hari.

"Kuncinya adalah menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit," katanya.

Sejumlah penyakit yang kerap muncul akibat cuaca yang ekstrim di antaranya adalah infeksi saluran pernafasan, mata dan kulit.(E013)

Sumber : Antara News

Posted by Wawan Kurniawan on 07.53. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels