UGM Terima 3.599 Mahasiswa Baru

Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun ini menerima sebanyak 3.599 mahasiswa baru melalui jalur ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

"Mahasiswa baru sebanyak itu terdiri atas 2.377 orang diterima di program studi IPA dan 1.222 orang diterima di IPS," kata Direktur Administrasi Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, mahasiswa baru yang diterima tersebut merupakan hasil seleksi dari total pendaftar di UGM sebanyak 51.079 orang, terdiri atas bidang IPA 31.968 orang dan IPS 19.111 orang.

"Sebagaimana kebijakan pemerintah, pada tahun ini UGM memberikan kuota tambahan penerimaan mahasiswa baru. Semua fakultas juga memberikan kuota tambahan dengan jumlah bervariasi antara 2-10 persen," katanya.

Ia mengatakan, untuk peserta Bidik Misi yang diterima melalui jalur ujian tulis di UGM berjumlah 313 orang. Dari jumlah tersebut hampir merata diterima di semua program studi termasuk yang favorit seperti kedokteran, kedokteran gigi, psikologi, dan akuntansi.

"Untuk mengakomodasi peserta Bidik Misi itu UGM juga telah meminta tambahan alokasi sebanyak 320 kursi kepada Ditjen Dikti. Hal itu kami lakukan karena 1.000 alokasi Bidik Misi untuk UGM telah terserap habis untuk SNMPTN Undangan dan pendaftar yang diterima di sekolah vokasi," katanya.

Menurut dia, untuk program studi yang menjadi favorit pendaftar di UGM pada tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Program studi favorit bidang IPA antara lain teknologi informatika, kedokteran, farmasi, arsitektur, ilmu komputer, dan kedokteran gigi.

Program studi favorit bidang IPS adalah ilmu komunikasi, ilmu hubungan internasional, manajemen, akuntansi, pariwisata, dan psikologi.

Ia mengatakan, calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UGM diwajibkan melakukan registrasi pada 9-19 Juli 2012. Registrasi tidak boleh diwakilkan dan calon mahasiswa harus datang sendiri dengan membawa berkas-berkas yang disyaratkan.

Berkas yang harus dibawa dapat dilihat pada "link" pengumuman SNMPTN. Jika sampai 19 Juli 2012 tidak melakukan registrasi, maka calon mahasiswa dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM.

"Jika benar-benar berhalangan untuk registrasi pada waktu yang telah ditentukan, seperti sakit berat atau sedang bepergian jauh seperti umroh, secepatnya dapat menyampaikan informasi dengan mengirimkan surat ke Direktorat Administrasi Akademik UGM," katanya. (ANT)

Sumber : Antara News

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Terekam CCTV, Napi Asimilasi Ini Curi Uang dan Rokok di Pasar Sleman

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir