|

Lebaran, Tarif Sewa Mobil Melonjak

YOGYAKARTA – Mendekati Lebaran, rental mobil menjadi tujuan calon pemudik untuk mendapatkan mobil sewaan sebagai alat transportasi mudik ke kampung halaman.

Banyaknya minat masyarakat yang memilih menggunakan jasa rental mobil,dimanfaatkan bagi para pengusaha rental untuk menaikkan tarif sewa. Masyarakat yang menggunakan jasa rental mobil kebanyakan dari kalangan menengah. Rental mobil menjadi solusi bagi mereka untuk dapat kembali ke kampung halaman dan bersilaturahmi ke tempat kerabat secara leluasa.

“Kalau kita gunakan angkutan kereta atau bus, kadang juga masih kesulitan dapat tiket, jadi tiap balik kampung biasa sewa mobil,” kata Adit, seorang pengguna jasa rental. Nurhasan, salah satu pemilik rental mobil ‘Assalam’ di Kecamatan Godean,Sleman mengatakan, menghadapi Lebaran ini dia telah menyiapkan 30 unit mobil sewaan. Mobil yang banyak diminati penyewa adalah jenis Avanza atau Xenia.

Tarif sewa mobil dibandingkan hari biasa mengalami kenaikan. “Harga naik dari sebelumnya Rp250.000 menjadi Rp400.000 untuk setiap 24 jam,” ungkapnya. Kenaikan harga sewa mobil juga diakui Agus, karyawan rental mobil ‘Protect’ di daerah Umbulharjo,Yogyakarta. Pihaknya telah menyiapkan 50 unit mobil untuk disewakan dengan kenaikan tarif sewa dari Rp250.000 menjadi Rp300.000 untuk setiap 12 jam.

Mengenai persewaan di tempatnya, kebanyakan melayani agen pariwisata dan perhotelan. Sistem persewaannya dilakukan dengan cara sistem booking (pemesanan) sejak H-7 Lebaran. Kendati demikian, bagi penyewa dadakan terutama yang memesan pada hari H, pihaknya memberlakukan sistem ‘tidak lepas kunci’ atau menggunakan jasa sopir yang telah mengusai bahasa asing.

“ Driver-nya untuk lokal Rp100.000, sedangkan untuk yang berbahasa asingnya Rp150.000, ”ucapnya. Selain melengkapi mobil dengan perangkat Global Positioning System (GPS) untuk menjaga keamanan mobil yang disewakan, pemilik rental juga menyeleksi para penyewa dalam ketentuan syarat sewa mobil.

Nurhasan, pemilik rental Assalam menyatakan, para penyewa diwajibkan menyerahkan fotokopi kartu keluarga, KTP, surat tagihan listrik, beserta jaminan aset seperti kendaraan lengkap dengan STNK. “Bagi penyewa yang baru pertama kali meminjam, kami mengadakan survei terlebih dahulu ke tempat tinggalnya,” ucapnya. Begitu juga yang dilakukan oleh pengelola rental ‘Protect’. Hanya, kata Agus, tidak setiap mobil dipasangi GPS.

Dari pengalaman, untuk masalah mobil hilang atau melampaui batas sewa hanya persoalan waktu. Dia yakin mobil akan kembali namun yang menjadi kekhawatiran pengelola bilamana terjadi kerusakan mobil. “Bila nanti ada kerusakan pada kendaraan, lecet atau kecelakaan, itu merupakan tanggung jawab oleh pihak yang menyewa,” tandasnya. muji barnugroho/ ridho hidayat

Posted by Wawan Kurniawan on 09.59. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented