|

Gula Semut Kulon Progo Dipasarkan hingga China

KULON PROGO- 'Gula Semut' siap seduh sebagai minuman kesehatan produksi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipasarkan hingga ke China dan Belanda.

"Kami menjual berbagai jenis produk itu melalui eksportir di Bali. Kami belum mampu memasarkan ke luar negeri secara mandiri," kata staf 'Sumber Rejeki', Alip Budianto, di Kulon Progo, Senin (1/10).

Menurut Alip, prospek pasar produk minuman organik ini sangat tinggi, selain permintaan dari luar negeri, permintaan pasar lokal juga cukup besar.

"Toko jamu tradisional hingga toko ternama di Kota Yogyakarta siap menampung produk gula semut ini," katanya.

Ia mengatakan sedikitnya ada 10 jenis minuman kesehatan organik itu, di antaranya gula semut jahe, kunyit, temu lawak, kencur, dan madu murni.

"Produk ini sudah mendapat izin dari BPOM, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Kami juga menjamin produk kami memenuhi standar kesehatan," katanya.

Menurut dia, masing-masing jenis minuman organik ini memiliki khasiat tersendiri. Gula semut jahe untuk mencegah masuk angin, perut kembung, flu, batuk, dan penghangat badan.  Gula semut kunir putih untuk mencegah atau mengurangi kanker, tumor, dan gejala dini stroke. Gula semut temu lawak membantu menyembuhkan gangguan liver, mencegah hepatitis, membantu pencernaan, dan gangguan pada lambung serta ginjal.

"Harga gula semut ini mulai dari Rp3.500 per 100 gram, hingga Rp50.000 per kilogram," kata Alip.

Sumber : Media Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 14.22. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels