|

Ribuan Warga Yogya Berebut Gunungan Grebeg Besar

Yogyakarta - Kraton Yogyakarta menggelar Grebek Besar dengan mengarak lima gunungan di halaman Masjid Besar Kauman, Yogyakarta. Gunungan berisi barang-barang, buah-buahan dan sayuran itu menjadi rebutan ribuan warga karena dianggap gunungan itu membawa berkah.

Lima gunungan yang terdiri dari gunungan Kakung, Putri, Gepak, Pawuhan dan Darat tersebut, diarak dari Kraton menuju Masjid Besar Kaumanan oleh Prajurit Kraton. Kontan, ribuan warga Yogyakarta rela berdesak-desakan untuk memperebutkan sajian dalam gunungan itu. Mereka meyakini gunungan yang telah didoakan tersebut membawa berkah dan dapat memberi ketentraman.

Seroang warga, Ibu Darmo (65) mengatakan, untuk sayur-sayuran yang didapatnya dari gunungan akan dimasak, sementara untuk benda-benda seperti bambu disimpan dirumah. Ia mengaku setiap Grebeg dirinya selalu datang untuk mendapatkan barang-barang dari gunungan, meski sudah tidak lagi ikut berdesakan karena usianya yang sudah tua.

“Sayuran seperti tomat, terong dari gunungan ini kalau dimakan rasanya enak, membuat tubuh jadi lebih enak”, kata Darmo di Halaman Masjid Besar Kauman Yogyakarta, Jumat (26/10/2012).

Warga asal Bantul, DIY lainnya, Dulkadir (55), mengatakan bahwa barang-barang yang didapat dari gunungan dan akan dibawa pulang adalah bambu yang akan ditanamnya di sawah, agar tidak diserang wereng.

“Saya memang ambilnya bambu biar awet, kalau makanan kayak buah itu langsung habis. Bambu ini saya simpan dan saya tanam di sawah”, ucap Dulkadir.

Sumber Berita & Gambar : detikNews

Posted by Wawan Kurniawan on 19.07. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels