|

Tiket KA Yogyakarta Tujuan Jakarta Ludes Terjual

Yogyakarta  - Tiket kereta api keberangkatan dari Yogyakarta pada Minggu (28/10) telah habis dipesan untuk semua kelas.

"Untuk keberangkatan Minggu (28/10), tiket ke Jakarta sudah habis. Untuk tujuan ke arah timur, masih ada namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Sedangkan di luar tanggal itu, tiket masih tersedia," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, sudah habisnya tiket kereta untuk ke Jakarta tersebut disebabkan banyak calon penumpang yang sudah harus kembali bekerja di kantor masing-masing pada Senin (29/10), sehingga memilih hari libur terakhir untuk kembali ke Jakarta.

Untuk mengantisipasi penambahan jumlah penumpang saat libur panjang Idul Adha, PT Kereta Api Daop VI Yogyakarta akan menjalankan kereta api tambahan yaitu Argo Lawu Ekstra yang diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan tujuan Stasiun Gambir Jakarta.

"Kereta itu diberangkatkan dari Solo sekitar pukul 21.00 WIB. Tetapi, tiket kereta tambahan untuk hari Minggu (28/10), juga sudah habis dipesan," katanya. Kereta api tambahan tersebut memiliki kapasitas 350 penumpang.

Selain menjalankan kereta api tambahan, PT KA Daop VI Yogyakarta juga memaksimalkan rangkaian gerbong disesuaikan dengan kapasitas lokomotif.

"Jika biasanya hanya membawa delapan gerbong, maka saat libur panjang Idul Adha bisa dimaksimalkan hingga 10 atau 11 gerbong. Tergantung kapasitas lokomotifnya," katanya.

Saat libur panjang Idul Adha, tarif kereta api untuk tujuan Jakarta dari Solo atau Yogyakarta juga mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu banyak, rata-rata Rp50.000 tiap perjalanan.

"Jika biasanya harga tiket eksekutif Rp335.000 per penumpang, maka saat libur Idul Adha naik menjadi Rp385.000 per penumpang," katanya.

Eko juga meminta kepada calon penumpang agar tidak selalu antre membeli tiket di reservasi stasiun karena tiket kereta api bisa diperoleh di sejumlah tempat seperti toko minimarket waralaba, Kantor Pos, serta melalui pembelian online.

"Kami juga menyediakan tiket promo. Jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi harganya sangat murah. Ada yang Rp50.000 atau Rp100.000 untuk ke Jakarta dari Yogyakarta," katanya.

Tiket promo tersebut, lanjut Eko, bersifat seperti undian, dan sudah masuk dalam sistem reservasi tiket. "Jika beruntung, maka calon penumpang bisa memperoleh tiket promo yang harganya murah," katanya.

Sumber : Antara News

Posted by Wawan Kurniawan on 14.07. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels