|

Jadwal Perjalanan KA Ditambah

YOGYAKARTA– Guna memenuhi kebutuhan pengguna jasa kereta api jarak dekat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan upaya perbaikan pelayanan, dengan melakukan penambahan jadwal perjalanan KA Komuter di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Manajer Public Relation Daop 6 Yogyakarta Kuswadoyo mengatakan, selain mengoperasional kan KA Sriwedari AC yang dimulai pada Senin (5/11) hari ini, Daop 6 juga melakukan penambahan perjalanan KA Madiun Jaya AC.KA yang melayani perjalanan Madiun-Solo-Yogyakarta, semula hanya 2 kali perjalanan ditambah menjadi 4 kali perjalanan pulang pergi (PP) dalam setiap harinya.

“Untuk tarifnya tetap sama, yakni Rp20.000 untuk Yogya- Solo dan Rp35.000 untuk Yogya-Madiun,”katanya. Dengan dioperasionalkannya KA Sriwedari dan penambahan perjalanan KA Madiun Jaya AC itu, perjalanan kereta tetap dilakukan penyesuaian dengan perjalanan KA Prameks. Dengan begitu masyarakat luas khususnya pengguna jasa kereta api di wilayah Solo- Yogyakarta-Kutoarjo dapat terpenuhi kebutuhannya.

“Waktunya antar kereta disesuaikan supaya merata,”paparnya. Dari data penyesuaian jadwal perjalanan yang dilakukan, diketahui KA Madiun Jaya AC yang melayani 4 perjalanan, pertama berangkat dari Madiun pukul 06.05 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 09.51 WIB. Selanjutnya, kereta diberangkatkan dari Yogyakarta pukul 10.15 WIB,tiba di Madiun pukul 13.40 WIB. Kemudian, Kereta kembali berangkat dari Madiun pukul 14.10 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 17.57 WIB.

Terakhir,kereta diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 18.25 WIB dan tiba di Madiun pukul 22.50 WIB. Untuk KA Sriwedari, yang melayani 8 kali perjalanan untuk lintas Solo Balapan–Yogyakarta, kereta dari Yogyakarta pada pukul 05.15 - 08.30 - 14.30 dan 17.45 WIB. Sedang, dari Stasiun Solo Balapan kereta diberangkatkan pada pukul 06.55 - 10.05 - 16.10 dan 19.25 WIB. Sedang untuk KA Prameks, untuk rute perjalanan Solo Balapan-Kutoarjo,kereta berangkat pada pukul 05.30 WIB.

Rute perjalanan Solo Balapan- Yogyakarta pemberangkatan pukul 11.30 WIB,dan pada sore harinya untuk rute Solo Balapan- Kutoarjo,pemberangkatan pukul 15.00 WIB. Kemudian untuk rute perjalanan dari Kutoarjo sampai Solo Balapan,kereta diberangkatkan pada pukul 08.15 WIB, rute perjalanan Yogyakarta- Solo Balapan pada pukul 13.20 WIB, dan kembali rute Pemberangkatan Kutoarjo-Solo Balapan pada pukul 18.00 WIB.

Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Widijantoro berpendapat, upaya yang dilakukan itu wajar dilakukan, sebagai bentuk komitmen dari PT KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.“ Upaya itu saya harap dilakukan berkesinambungan, jangan sampai hanya jangka pendek,”katanya. muji barnugroho

Sumber : Seputar Indonesia

Posted by Wawan Kurniawan on 16.13. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented